Gadget

Mahasiswa Indonesia Ini Menangi Kompetisi Apple, Banjir Pujian dari Netizen

Mahasiswa Indonesia ini membuat aplikasi mengenai pianika sehingga mendapatkan award dari Apple.

Rezza Dwi Rachmanta

Swift Student Challenge. (Apple)
Swift Student Challenge. (Apple)

Hitekno.com - Jelang WWDC 2022 (Worldwide Developers Conference 2022), Apple mengumumkan pemenang dari Swift Student Challenge. Membanggakan, salah seorang mahasiswa Indonesia berhasil memenangkan kompetisi bergengsi dari Apple tersebut.

"Demi Allah, gue kaget menang kompetisi internasional Apple," tulis @aquinshaa pada caption-nya. Utas yang dibagikan berhasil viral setelah memperoleh lebih dari 188 Retweet dan 1.970 tanda suka dari netizen.

Banyak netizen yang memberikan selamat kepada akun @aquinshaa. Melalui cuitan yang dibagikan, akun @aquinshaa mengaku tak menyangka bakal memperoleh penghargaan dari Apple.

"Kok bisa ya, wkwkw, masih ngakak, padahal aplikasi gue receh banget," kata @aquinshaa melalui cuitannya. Laporan terpisah dari MacRumors, Apple memang telah mengirimkan notifikasi kepada para pemenang Swift Student Challenge pada pekan ini.

Berbagai mahasiswa dan developer pada banyak negara telah membagikan screenshot award dari Apple tersebut. Mereka yang memperoleh award khusus dari Apple ini berhak mendapatkan pakaian eksklusif WWDC 2022, pin set WWDC 2022, dan kehormatan menjadi anggota selama satu tahun di Apple Developer Program. Tak hanya itu, para pemenang Swift Student Challenge juga memperoleh hadiah AirPods Pro.

Mahasiswa Indonesia menangi kompetisi Apple. (Twitter/ @aquinshaa)
Mahasiswa Indonesia menangi kompetisi Apple. (Twitter/ @aquinshaa)

Dihubungi HiTekno, pemilik akun @aquinshaa merupakan Balqis Shafira Aini (21), seorang mahasiswi jurusan Teknik Informatika dari Universitas Lampung. Rupanya ia memenangkan Swift Student Challenge setelah membuat aplikasi bernama Melodissimo. Aplikasi itu memungkinkan pengguna untuk belajar meski tanpa memiliki pianika secara fisik.

Balqis yang merupakan seorang mahasiswi semester empat ini mengaku bahwa ia memperhatikan cerita dari alumni Apple Academy yang tahun lalu menang WWDC21.

"Sebelum aku buat app-nya aku sudah searching, nonton YouTube, maupun dengar cerita alumni Apple Academy yang tahun lalu menang WWDC21. Dari situ, aku mengambil kesimpulan bahwa yang dicari Apple dalam Swift Student Challenge ini adalah sebuah cerita. Di mana kita telling the story through code," kata Balqis mengawali ceritanya.

Balqis membuat aplikasi mengenai pianika bernama Melodissimo. (Istimewa)
Balqis membuat aplikasi mengenai pianika bernama Melodissimo. (Istimewa)

Ia lantas memilih untuk membuat aplikasi mengenai pianika. Ketika masih di sekolah, Balqis tak memiliki pianika dan sering meminjam teman. Dari sana ia berpikir bagaimana caranya agar seseorang bisa belajar pianika tanpa memiliki pianika itu sendiri. Oleh sebab itu, ia merancang aplikasi Melodissimo.

"Aku langsung kepikiran tentang pianika. Siapa yang gak tahu pianika yah, kayaknya tiap siswa di Indonesia pasti belajar pianika. Tapi, dulu aku nggak punya pianika. Karena waktu itu, ortuku kurang tak bisa membelikan pianika. Aku selalu pinjam sama teman. Dari situ aku dapat inspirasi, sekarang, aku sudah bisa beli nih pianika sendiri. Aku mau menyampaikan story tentang gimana dulu aku belajar pianika selalu pinjam punya teman. Sekarang aku mau orang-orang bisa belajar pianika tanpa punya pianika secara fisik. Aku buatlah virtual melodica (pianika), nama app-nya Melodissimo," ungkap Balqis kepada HiTekno.com.

Balqis Shafira Aini memenangi Swift Student Challenge award dari Apple. (Istimewa)
Balqis Shafira Aini memenangi Swift Student Challenge award dari Apple. (Istimewa)

Terdapat dua fitur pada aplikasinya yaitu Play and Learn dan Quiz. Utas mengenai mahasiswa Indonesia yang memenangi kompetisi dari Apple tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Ya ampun WWDC, keren banget kak. Selamat ya," kata @Gly**ly**ss.

"Keren banget, dapat AirPods Pro lagi (emoticon menangis)," cuit @m**sul**ana.

"Ya Allah selamat sis, jadi ikut bangga," komentar @k**zu**y. Itulah tadi utas viral mengenai mahasiswa Indonesia yang memenangi kompetisi dari Apple, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait