Gadget

Apple Self Service Repair Store Diluncurkan, Pengguna Bisa Perbaiki iPhone Mereka Sendiri

Layanan Apple ini ditujukan untuk pengguna iPhone yang berpengalaman dengan kerumitan perbaikan perangkat elektronik.

Agung Pratnyawan

Apple Self Service Repair Store. (Apple)
Apple Self Service Repair Store. (Apple)

Hitekno.com - Apple akhirnya meluncurkan layanan pemesanan suku cadang yang memungkinkan pengguna iPhone memperbaiki perangkat mereka sendiri. Yakni Apple Self Service Repair Store, yang resmi dikenalkan.

Melalui layanan Apple Self Service Repair Store tersebut, pengguna bisa memesan suku cadang untuk memperbaiki iPhone mereka yang bermasalah. 

Tak hanya itu, melalui Apple Self Service Repair Store para pengguna dapat mengirimkan suku cadang lama mereka untuk menerima kredit toko.

Bahkan ada opsi untuk menyewakan alat perbaikan seharga 49 dolar AS atau sekitar Rp 707.741 per minggu, dilansir laman GSM Arena, Kamis (28/4/2022).

Sehingga kamu tidak perlu membeli peralatan khusus untuk memperbaiki iPhone rusak itu.

Bengkel Self Service Repair memiliki display, baterai, speaker, modul kamera, baki SIM dan mesin Taptic serta banyak suku cadang lain-lain seperti baut dan sekrup.

Harga bervariasi dengan bundel layar iPhone 13 (termasuk layar, kit sekrup, perekat, dan sekrup keamanan) seharga 269,95 dolar AS atau kisaran Rp 3,9 juta sementara bundel baterai cadangan seharga 70,99 dolar AS atau senilai Rp 1,02 juta.

Layanan Perbaikan Mandiri. [Self Service Repair]
Layanan Perbaikan Mandiri. [Self Service Repair]

Mengirimkan display lama akan diberikan 33,60 dolar AS atau seharga Rp 485.234 dalam bentuk kredit toko sementara baterai lama dihargai 24,15 dolar AS atau sama dengan Rp 348.795.

Apple mengungkapkan kalau Layanan Perbaikan Mandiri ditujukan untuk individu yang berpengalaman dengan kerumitan perbaikan perangkat elektronik.

Apple juga secara eksplisit menyatakan bahwa memperbaiki telepon kamu dengan suku cadang dari program Layanan Perbaikan Mandiri, tidak akan membatalkan garansi kamu meskipun kerusakan perangkat keras apa pun yang terjadi selama proses perbaikan tidak akan ditanggung.

Beberapa perbaikan seperti pertukaran display akan memerlukan perangkat lunak Konfigurasi Sistem untuk menyelesaikan proses perbaikan.

Pengguna perlu menghubungi dukungan Toko Perbaikan Mandiri melalui obrolan online atau melalui telepon, untuk memulai perangkat lunak Konfigurasi Sistem guna menyelesaikan prosedur perbaikan.

Apple mengatakan, program Perbaikan Sendiri pada akhirnya akan mencakup Mac silikon Apple dan diperluas ke wilayah tambahan, dengan Eropa yang disebutkan secara khusus untuk akhir tahun ini.

Apakah Apple Self Service Repair Store tesebut mendapatkan tanggapan positif dari pengguna iPhone? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait