Gadget

Tutorial Cara Mengganti Nomor WhatsApp, Tanpa Kehilangan Chat dan Kontak

Ikuti cara mengganti nomor WhatsApp ini, mudah dan praktis.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Hitekno.com - Bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp tanpa kehilangan chat dan kontak di Android dan iPhone. Ikuti tutorial WhatsApp yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Untuk mengganti nomor WhatsApp ternyata bukankah hal yang susah, hanya melalui beberapa tahap maka secara otomatis nomor WhatsApp yang lama tidak akan terdaftar kembali di WhatsApp.

Bahkan untuk mengganti nomor WhatsApp ini kalian tidak memerlukan pulsa tambahan namun kalian wajib terhubung dengan internet baik melalui Wi-Fi maupun paket data internet.

Beberapa orang melakukan penggantian nomor dikarenakan nomor seluler tersebut telah hangus atau terblokir.

Berikut cara mengganti nomor WhatsApp di iPhone dan Android:

  1. Bukan aplikasi WhatsApp yang ada di Android maupun iPhone kalian masing-masing
  2. Kemudian ketuklah ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas
  3. Selanjutnya kalian bisa pilih menu "Setelan"
  4. Lalu pilih menu "Akun" atau "Account"
  5. Kemudian kalian pilih menu "Ganti nomor" > "Lanjut"
  6. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan nomor lama dan nomor baru, pada kolom "masukkan nomor telepon anda dengan kode negara" gunakan +62 jika kalian menggunakan nomor dari Indonesia kemudian lanjutkan memasukkan nomor WhatsApp lama milik kalian
  7. Selanjutnya pada kolom "masukan nomor telepon baru dengan kode negara" kalian bisa memasukkan nomor baru yang akan kalian gunakan > "Lanjut"
  8. Selanjutnya kalian sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan fitur "Beritahu kontak" agar kawan-kawan kalian mengetahui kalian baru saja mengganti nomor WhatsApp baru
  9. Kemudian yang terakhir kalian bisa klik kolom hijau bertuliskan "Selesai"
  10. Selanjutnya kalian akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS dari WhatsApp untuk melakukan verifikasi pada nomor baru tersebut
  11. Kemudian masukkan kode verifikasi tersebut, maka proses penggantian nomor WhatsApp tersebut terselesaikan.
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Jika kalian mengaktifkan fitur "beritahu kontak" maka teman-teman di WhatsApp kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kalian telah mengganti nomor WhatsApp tersebut. 

Namun jika kalian ingin memastikan mereka menyimpan nomor WhatsApp baru kalian sebaiknya lakukan pesan "Siaran baru" agar mereka langsung mendapatkan notifikasi dari nomor whatsApp baru kalian.

Sedangkan untuk daftar kontak tidak akan hilang karena daftar nomor berada di simcard maupun penyimpanan internal HP tersebut.

Demikian cara mengganti nomor WhatsApp di iPhone dan Android yang bisa kalian lakukan. Kalian tidak perlu khawatir kontak serta daftar chat tersebut akan hilang. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait