Cara Membuat PowerPoint yang Menarik, Mudah dan Cepat

Ikuti cara membuat PowerPoint yang menarik seperti ini.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 11 Februari 2022 | 14:12 WIB
Microsoft PowerPoint. (Microsoft)

Microsoft PowerPoint. (Microsoft)

Hitekno.com - Membuat PowerPoint yang menarik menjadi kunci bagi sebuah presentasi. Cara membuat PowerPoint yang menarik sebenarnya tidak sulit. PowerPoint yang menarik sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian. Hal ini dilakukan agar semua hal yang disajikan bisa disampaikan dengan baik dan disimak oleh para audiens.

PowerPoint adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, pendidik, trainer, dan siswa. PowerPoint ini biasanya digunakan sebagai media untuk presentasi.

PowerPoint bisa menjadi bahan presentasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Namun masih banyak yang belum mengerti cara mengoptimalkan fitur dari PowerPoint. Berikut cara membuat PowerPoint yang menarik seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Animasi di Power Point, Presentasi Jadi Menarik

Cara Membuat Power Point yang Menarik

1. Buat Slide Pembuka Presentasi

Cara membuat Power Point yang menarik adalah membuat slide pembuka presentasi yang mengundang perhatian. Karena awal presentasi adalah kesempatan kamu untuk menarik perhatian audiens.

Baca Juga: 15 Situs Penyedia Template PPT Gratis Terbaik 2021, Tinggal Klik

Gunakan gambar yang menarik, unik, dan warna yang mencolok namun tetap enak dilihat. Jika awal presentasi kamu sudah bagus, maka orang akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi selanjutnya.

2. Gunakan Theme Custom

Gunakan tema atau theme custom dari Power Point. Tentunya Microsoft memiliki tema built-in yang bisa kamu pakai secara gratis. Tetapi jika kamu bosan dan ingin beda, kamu bisa gunakan tema premium ataupun tema gratis dari web penyedia tema Power Point.

Baca Juga: Situs dan Layanan Template PPT Gratis, Percantik Presentasi Kamu

Tidak hanya sekedar seperangkat warna dan font pilihan yang menarik, tema-tema ini juga hadir dengan gagasan untuk desain slide. Kamu pun bisa lebih menghemat waktu untuk membuat setiap presentasi dari awal dan fokus pada konten kamu sendiri di placeholder.

Ilustrasi Presentasi PowerPoint. (Pixabay)
Ilustrasi Presentasi PowerPoint. (Pixabay)

3. Menghemat waktu dengan slide master

Slide Master adalah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font atau gaya tulisan, gambar, warna latar belakang slide, dan lain-lain.

Baca Juga: 9 Situs Template PPT Gratis Cocok untuk Kuliah dan Bisnis

Cara membuat Power Point yang menarik ini bisa membuat kamu lebih hemat waktu karena slide master bisa memberikan template sesuai selera kamu dengan waktu yang lebih singkat.

Dengan begitu, kamu pun tak perlu mengeluarkan energi lebih untuk mengedit setiap slide secara satu per satu karena telah seragam dari awal. Cara membuat Power Point yang menarik ini dapat kamu temukan di menu "view" dengan detail seperti pada gambar.

4. Gunakan Skema Warna atau Color Scheme

Skema warna sangat tepat untuk menciptakan keharmonisan dan profesionalitas dalam presentasi kamu. Dengan warna yang harmonis, tentu slide kamu akan tampil lebih menarik dan mengundang perhatian.

Kamu dapat menggunakan skema dengan menggunakan skema sesuai yang sudah disediakan PowerPoint.

5. Gunakan Stunning Visuals

Slide adalah media untuk komunikasi visual. Maka, gunakan diagram, gambar, dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami ide kamu dengan cepat.

Cara membuat PowerPoint yang menarik juga bisa menggunakan gambar kreatif yang mampu memancing rasa ingin tahu, menarik perhatian, dan membuat audiens selalu ingin memperhatikan kelanjutan presentasi.

6. Tata letak dari PowerPoint Designer

Fitur terbaru dari Microsoft PowerPoint yaitu PowerPoint designer yang mampu membuat tata letak gambar dan tulisan menjadi lebih beragam dan tidak membosankan. PowerPoint Designer akan muncul secara otomatis ketika kamu menambah atau memasukkan gambar ke dalam slide.

7. Sesuaikan ukuran slide

Saat kamu membuka Microsoft PowerPoint, pasti kamu akan langsung melihat tampilan slide dengan ukuran 4:3. Dan tanpa pikir panjang kamu akan menggunakan slide ini tanpa pikir panjang dan mengisi dengan poin-poin presentasi. Padahal, ukuran ini bisa kamu ubah sesuai kebutuhan presentasi.

Sebelum kamu memasukkan informasi atau objek apapun ke dalam slide kamu bisa mengarahkan kursor ke menu "file", lalu pilih "page setup", ketik tinggi dan lebar slide yang diinginkan, kemudian klik "ok" untuk mengubah ukuran slide sesuai keinginan kamu.

8. Kurangi konten

PowerPoint memang ditujukan untuk meringkas presentasi kamu dalam bentuk poin. Dari poin ini pun kamu bisa mengingat penjelasan yang harus kamu sampaikan, dan audiens dapat mencatatnya dengan singkat.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi jumlah item yang ada pada slide kamu. PowerPoint adalah bantuan kamu untuk berbicara secara verbal bukan presentasi itu sendiri.

9. Kontras

Kontras merupakan bagian dari CRAP singkatan dari Contrast, Repetition, Alignment, dan Proximity. CRAP sendiri adalah konsep yang dijelaskan sangat baik oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer's Design Book dan The Non Designer's Presentation Book.

Kontras sendiri berfungsi untuk menciptakan perbandingan, perbedaan, dan membuat sesuatu jadi lebih menarik. Kontras bisa kamu buat dengan memberikan ukuran, warna, atau tampilan yang berbeda.

10. Pakai video

Cara membuat PowerPoint yang menarik kamu bisa sesekali menggunakan video dalam presentasi agar bisa menciptakan suasana baru dan tidak monoton.

Kini kamu sudah tahu cara membuat PowerPoint yang menarik.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak