Gadget

Cara Menggunakan Fitur REPLACE di Excel untuk Pemula

Ini cara menggunakan fitur REPLACE di Excel untuk memudahkan pekerjaan kamu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Hitekno.com - Fitur REPLACE ada di Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari atau menemukan nilai tertentu kemudian mengubahnya menjadi nilai atau teks lainnya. Cara menggunakan fitur REPLACE di Excel tentu bisa membantu pekerjaan kamu menjadi lebih cepat.

Fitur Microsoft Excel yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang sedang mengolah banyak data. Sebuah data dapat diganti dengan data yang baru dalam sekali klik saja. Cara menggunakan fitur REPLACE di Excel juga terbilang mudah dan sederhana.

Berikut cara menggunakan fitur REPLACE di Excel seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

  • Pertama kamu bisa menggunakan jalan pintas dengan menekan Ctrl+F dan nantinya akan muncul menu pop up Find and Replace. Namun di sini pilih Replace.
  • Pada menu tersebut, ketika kata yang ingin kamu ganti pada kolom Find what dan Replace with untuk kata atau data pengganti.

Catatan: Kamu dapat menggunakan karakter wildcard seperti tanda tanya (?), asterisk (*), tilde (~) dalam kriteria pencarian kamu.

  1. Gunakan tanda tanya (?) untuk menemukan satu karakter, misalnya, s?t menemukan "sat" dan "set".
  2. Gunakan tanda bintang (*) untuk menemukan sejumlah karakter, misalnya, s*d menemukan "sedih" dan "mulai".
  3. Gunakan tilde (~) diikuti oleh ?, *, atau ~ untuk menemukan tanda tanya, tanda bintang, atau karakter tilde lainnya — misalnya, fy91~? menemukan "fy91?".
  • Selanjutnya Replace All untuk mengganti semua kata tersebut atau kamu bisa pilih Replace untuk mengganti satu data saja.
Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Catatan: Jika ada yang sesuai dan kamu mendapatkan hasil yang berbeda dari yang kamu harapkan, klik tombol Undo atau tekan Ctrl + Z untuk mengembalikan nilai aslinya.

Jika kamu ingin mencari teks atau angka dengan pemformatan tertentu, klik Format, lalu buat pilihan akan muncul di pop up Find Format. Jika kamu ingin menemukan sel yang cocok dengan format tertentu, kamu bisa menghapus kriteria apa pun di kotak Find what, lalu pilih format sel tertentu sebagai contoh. Klik panah di samping Format, klik Choose Format From Cell, lalu klik sel dan memiliki pemformatan yang ingin kamu cari.

Itulah cara menggunakan REPLACE di Excel dengan mudah. Selamat mencoba!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait