Internet

Kumpulan Rumus Excel yang Sering Digunakan

Ketahui dan hafalkan kumpulan rumus Excel ini.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Berikut ini ada kumpulan rumus Excel yang banyak digunakan, yang tentunya sangat berguna. Karena itu ketahui juga bagaimana menggunakan rumus dalam Microsoft Excel ini.

Fungsi Microsoft Excel adalah untuk mengolah angka dengan menggunakan spreadsheet yang terdiri dari kolom dan baris.

Microsoft Excel banyak digunakan oleh banyak pengguna, baik bagi pelajar maupun pekerja kantoran. Excel memiliki banyak formula rumus excel yang dapat membantu mempermudah pekerjaan.

Namun, karena banyaknya kumpulan rumus Excel, tak jarang ada yang masih kesulitan. Tak perlu khawatir, Tim HiTekno.com telah merangkum kumpulan rumus Excel yang bisa membantu pekerjaan kamu.

1. SUM

Kumpulan rumus Excel SUM ini adalah rumus yang paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Rumus : =SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25

2. AVERAGE

Fungsi untuk mengambil nilai rata-rata suatu variabel. Rumus : =AVERAGE(D7:E7) artinya mengambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

3. AND

Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH.

Misalnya seperti jika kondisi 1 “YA” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai AND akan FALSE, jika kondisi 1 “TIDAK” dan kondisi 2 “TIDAK” maka nilai AND akan FALSE, jika kondisi 1 “YA” dan kondisi 2 ”YA” maka nilai AND akan “TRUE”.

Rumus ini di tulisan dengan =AND(kondisi_1;kondisi_2;…).

4. NOT

Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang diuji BENAR. Rumus : =NOT(A1>50)

5. OR

Kumpulan rumus Excel OR berfungsi untuk membandingkan beberapa kondisi yang nantinya akan menghasilkan jawaban FALSE atau TRUE.

Kondisi FALSE akan dipakai jika semua kondisi tidak terpenuhi sedangkan TRUE dipakai jika salah satu atau semua kondisi terpenuhi. Rumus : =OR(kondisi_1;kondisi_2; kondisi_3;…).

6. VLOOKUP

Kumpulan rumus Excel VLOOKUP berfungsi untuk mengisi data pada tabel menurut data pada tabel referensi dengan menggunakan kunci spesifik pada kolom vertikal. Rumus : =VLOOKUP((nilai_kunci;range_ tabel_referensi;no_index_ kolom;tipe_data).

7. HLOOKUP

Kumpulan rumus Excel HLOOKUP berfungsi untuk mengisi data pada tabel menurut data tabel referensi dengan menggunakan kunci spesifik pada baris horizontal. Rumus : =HLOOKUP((nilai_kunci;range_ tabel_referensi;no_index_ baris;tipe_data).

8. Match

Kumpulan rumus Excel Match berfungsi untuk menampilkan posisi dalam suatu sel yang telah ditetapkan dalam sekelompok data. Rumus : =MATCH(lookup_value;lookup_ array;match_type).

9. Max

Kumpulan rumus Excel Max berfungsi untuk mengetahui nilai maksimum dari beberapa data. Rumus ini dituliskan =MAX(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus Match adalah =MAX(D4:D6).

10. Mid

Rumus Mid berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari arah kiri tetapi awal penampilannya bisa kamu tentukan sendiri. Rumus : =MID(teks awal;jumlah_karakter).

Contoh penggunaanya adalah jika di sel B3 diketikkan rumus =MID(“BOTOL”;2;3) maka hasilnya di sel B3 akan menampilkan kata OTO yang merupakan 3 karakter yang dihitung dari karakter ke-2 dari arah kiri.

11. Min

Rumus Min berfungsi untuk mengetahui nilai minimum dari beberapa data yang dituliskan dengan =MIN(sel awal:sel akhir). Contoh penggunaan rumus ini adalah =MIN(B2:B7).

Itulah kumpulan rumus Excel yang dapat membantu pekerjaan kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait