Gadget

3 Cara Mengubah Excel ke Word, Gunakan Metode Ini

Mudah, gunakan cara mengubah Excel ke Word ini.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Beginilah cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Bagi kamu yang sering menggunakan program Microsoft Office, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan program Microsoft Excel dan Microsoft Word?

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang digunakan untuk membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Sedangkan Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen teks yang bisa disimpan secara elektronik, dicetak di kertas atau disimpan.

Walaupun Excel dan Word berada di aplikasi yang sama yaitu Microsoft Office, namun keduanya memiliki format file yang berbeda. File Excel memiliki format dokumen XLS, sedangkan file Word memiliki bentuk format DOC atau DOCX. Format file DOC digunakan di Microsoft Word 2003 dan versi sebelumnya, sedangkan DOCX digunakan di aplikasi Microsoft Word 2007 dan versi sesudahnya.

Namun bagaimana apabila kamu memiliki dokumen Excel yang ingin diubah menjadi dokumen Word? Jangan khawatir ya, kamu bisa kok mengubah Excel ke Word baik secara offline dengan memanfaatkan fitur yang ada pada program Microsoft Office itu sendiri maupun mengubah Excel ke Word baik secara online dengan menggunakan konverter online di internet yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Nah penasaran bagaimana cara mengubah Excel ke Word? Berikut ini cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu:

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

1. Mengubah Excel ke Word dengan cara Copy Paste

Cara mengubah Excel ke Word yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah dengan menggunakan fitur copy dan paste langsung. Cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya.

Untuk mengubah Excel ke Word dengan cara Copy Paste bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Blok bagian pada Excel yang ingin kamu pindah ke Word, kamu bisa menekan shortcut tombol CTRL+A kemudian CTRL+C untuk menyalin semua bagian di file tersebut
  • Kemudian buka program Microsoft Word
  • Lalu pilih opsi Paste
  • Selanjutnya pilih opsi paste Keep Source Formatting agar tidak mengubah format tabel dari Excel atau kamu bisa menggunakan opsi Match Destination Table Style jika kamu ingin melakukan perubahan pada dokumen Excel dan tabel yang disalin juga akan diperbarui di Word atau opsi Keep Text Only untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun jadi jika kamu menggunakan opsi ini, maka tiap baris akan menjadi paragraf tersendiri dengan tab yang memisahkan data dan kolom
  • Selesai! Data Excel kamu sudah tersalin di Word dan kamu bisa menyimpannya pada perangkat kamu

2. Mengubah Excel ke Word dengan cara memasukkan Bagan Excel ke dalam Word

Saat ingin merubah Excel ke Word dan kamu membutuhkan data dalam satu tabel, bukan hanya untuk beberapa konten atau data saja maka kamu bisa menyalin bagan / tabel Excel tersebut ke dalam Word.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah Excel ke Word dengan cara memasukkan Bagan Excel ke dalam Word:

  • Klik bagan atau tabel Microsoft Excel yang ingin disalin dengan menekan tombol Ctrl+C pada keyboard secara bersamaan
  • Lalu pada program Microsoft Word, tekan Ctrl+V untuk menempel bagan atau tabel tersebut
  • Kemudian pilih opsi Paste Options untuk menempel bagan atau tabel tersebut. Di sudut kanan bawah tabel terdapat macam-macam opsi tempel yang berbeda seperti opsi Keep Source Formatting and Link to Excel untuk membuat data dalam bagan /tabel akan diperbarui jika sumber data dalam tabel di Excel diperbarui, Match Destination Table Style and Link to Excel untuk membuka berkas Excel dari bagan atau tabel yang kamu salin ke Word, Paste as Picture untuk menempelkan tabel sebagai gambar statis yang tidak akan diperbarui saat data dalam tabel di file Excel diubah, Keep Source Formatting untuk menggunakan gaya tabel bawaan dari Microsoft Excel, Use Destination Theme untuk menggunakan (mengikuti) gaya tabel dari Microsoft Word atau Keep Text Only untuk menempel konten dari Excel tanpa format apapun
  • Selesai! Bagan / tabel Excel yang kamu inginkan sudah tersalin di Word

3. Mengubah Excel ke Word dengan menggunakan Online Converter

Untuk mengubah Excel ke Word kamu juga bisa menggunakan konverter online yang tersedia di internet secara gratis, dan salah satu konverter online yang bisa kamu coba adalah Online2PDF.

Online2PDF merupakan alat yang mudah untuk menggabungkan file, mengekstrak halaman, memutar halaman pdf, mengompres pdf, dan mengubah file menjadi format yang berbeda. Terlebih lagi kamu bisa mengkonversi maksimum 100 halaman dengan ukuran file maksimum 50mb.

Nah berikut ini cara untuk mengubah Excel ke Word dengan menggunakan konverter online Online2PDF:

  • Buka situs Online2PDF di https://online2pdf.com/ pada browser kamu menggunakan komputer, laptop atau smartphone
  • Lalu upload dokumen Excel yang ingin kamu ubah menjadi file Word pada kolom yang tersedia di laman online converter
  • Tunggu hingga proses convert selesai
  • Setelah prosesnya selesai, kamu bisa mengunduh dokumen baru tersebut dalam format Word ke dalam perangkat kamu

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengubah Excel ke Word. Jadi dari beberapa cara diatas, mana yang menurut kamu paling muda digunakan untuk mengubah Excel ke Word? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait