Gadget

6 Cara Mengcopy Excel ke Word dengan Mudah

Gunakan cara ini untuk mengcopy Excel ke Word.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah cara mengcopy Excel ke Word yang bisa kamu coba ketika kamu ingin membuat laporan dengan menggabungkan kedua data dari Microsoft Excel dan Microsoft Word. Sepertinya hampir semua orang menggunakan kedua program andalan dari Microsoft ini ya? Entah itu untuk mengerjakan tugas sekolah hingga pekerjaan kantor pasti membutuhkan program Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data.

Sedangkan Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen dengan lebih mudah.

Dalam mengerjakan suatu tugas terkadang dibutuhkan laporan dalam bentuk Excel dan Word secara bersamaan. Sehingga kamu harus mengcopy Excel ke Word dengan cara yang benar agar data yang kamu pindahkan tidak berantakan.

Nah file Excel yang berupa tabel Excel bisa kamu salin kemudian kamu tempel ke dokumen Word dalam bentuk tulisan untuk disimpan sebagai dokumen Word loh! Namun dalam mengcopy Excel ke Word, ketika kamu memilih menu paste di Word maka akan muncul enam opsi paste dengan fungsi yang berbeda-beda.

Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)
Ilustrasi Microsoft Excel. (Pixabay)

Enam jenis pengaturan dalam menu Paste Option tersebut bisa kamu manfaatkan agar data dari Excel yang kamu copy ke Word tidak terpotong. Inilah opsi pengaturan dalam mengcopy Excel ke Word :

1. Keep Source Formatting (Alt + H + V + K)

Dengan pengaturan ini kamu bisa mengcopy Excel ke Word sesuai dengan format data yang ada di Excel mulai dari ukuran tabel, font, dan warnanya. Namun jika data pada Excel yang kamu buat cukup panjang biasanya tampilannya akan terpotong.

2. Use Destination Style (Alt + H + V + S)

Dengan pengaturan ini maka data dari Excel yang di pastekan ke Word disesuaikan style-nya dengan tabel standar dari Microsoft Word. Sehingga jika kamu menggunakan Paste Option ini maka format dan style tabel akan berubah. Keuntungan menggunakan Paste Option ini akan membuat tabel agar menyesuaikan halaman di Word.

3. Link & Keep Source Formatting (Alt + H + V + F)

Istilah link pada Paste Option ini menandakan tabel dari Excel yang di pastekan ke Word akan berubah apabila data aslinya dirubah. Selain itu ukuran, warna dan font-nya pun sama dengan yang di Excel.

4. Link & Use Destination Style (Alt + H + V + L)

Paste Option yang satu ini mirip dengan pengaturan yang sebelumnya, namun disini saling terhubung (linking) dengan file Excel. Sehingga kamu bisa mengedit data tabel hanya di Excel-nya saja.

5. Picture

Jika kamu menggunakan Paste Option ini, maka data Excel yang kamu copy akan diubah menjadi gambar ketika di pastekan ke Word. Dengan Paste Option ini ukurannya akan otomatis menyesuaikan, namun kamu tidak bisa mengedit atau memperbarui data yang ada di dalamnya.

6. Keep Text Only

Jika menggunakan opsi Paste Option yang satu ini maka hasil paste data dari Excel hanya berupa teks saja.

Dari daftar Paste Option di atas, kamu bisa memilih salah satu nya dan bisa kamu gunakan untuk mengcopy Excel ke Word dengan rapi. Berikut ini cara mengcopy Excel ke Word yang bisa kamu gunakan dengan mudah :

  • Blok data pada Microsoft Excel yang ingin kamu copy ke Microsoft Word. Dengan cara tekan tombol CTRL+A secara bersamaan
  • Kemudian tekan tombol CTRL+C atau copy pada data Microsoft Excel untuk menyalin semua bagian pada file yang sudah kamu blok tadi
  • Setelah itu buka program Microsoft Word
  • Lalu pilih opsi Paste
  • Selanjutnya pilih Paste option yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu bisa pilih Keep Source Formatting agar tidak mengubah format data dari Excel
  • Selesai! Data kamu sudah berhasil tersalin di Word, kamu bisa menyimpannya dalam format dokumen Word

Gimana? Mengcopy Excel ke Word mudah kan? Namun ketika kamu mengcopy Excel ke Word terkadang hasilnya berantakan, jadi kamu harus merapikan data hasil copy tersebut. Microsoft Word memiliki fitur yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan lebar kolom dan tabel secara otomatis.

Untuk merapikan tabel Word hasil copy dari Excel kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik salah satu kolom yang ada di dalam tabel
  • Lalu pilih menu Layout
  • Kemudian pilih AutoFit
  • Setelah itu klik menu AutoFit Table Word
  • Selanjutnya kamu bisa pilih salah satu opsi, AutoFit Contents untuk menyesuaikan lebar kolom secara otomatis agar pas dengan teks yang ada di dalamnya, sedangkan AutoFit Window untuk menyesuaikan lebar tabel secara otomatis agar pas dengan lebar kertas

Itulah yang harus kamu ketahui ketika ingin mengcopy Excel ke Word dengan praktis dan mudah. Kamu hanya perlu melakukan tahapan diatas dengan berurutan tanpa perlu bingung lagi.

Selamat mencoba cara mengcopy Excel ke Word dengan mudah di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait