Gadget

4 Fitur Tersembunyi Microsoft Excel yang Jarang Diketahui

Ketahui fitur tersembunyi Microsoft Excel ini untuk memudahkan pekerjaan kamu.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Microsoft Excel merupakan aplikasi yang membantu mempermudah perhitungan dan pengolahan data numerik atau angka. Excel memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan mengolah angka. Salah satu fitur Microsoft Excel cukup terkenal adalah fitur Formulas dan Functions yang dikenal dengan istilah rumus excel.

Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu kamu dalam mengerjakan beragam proses perhitungan data secara cepat, tepat dan semi otomatis. Formula excel bisa kamu gunakan dalam perhitungan yang sederhana sampai kalkulasi yang kompleks. Tahukah kamu kalau ada beberapa fitur tersembunyi Microsoft Excel yang bisa kamu manfaatkan?

Dengan menggunakan fitur tersembunyi Microsoft Excel ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kamu dalam mengerjakan tugas. Masih banyak orang yang belum mengetahui fitur tersembunyi Microsoft Excel ini.

Berikut fitur tersembunyi Microsoft Excel yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Sparklines

Fitur tersembunyi Microsoft Excel yang pertama adalah Sparklines. Sparklines ini berguna untuk merepresentasikan visualisasi untuk tren di seluruh data secara berturut-turut. Dengan fitur tersembunyi Microsoft Excel ini kamu bisa menghemat ruang pada lembar kerja.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

2. Hapus Duplikat

Biasanya setelah mengcopy atau menduplikat data, akan muncul garis berwarna pada data yang di-copy. Hal ini sering kali dianggap mengganggu untuk sebagian orang. Ternyata Microsoft Excel menyediakan fitur untuk menghapus garis berwarna tersebut.

Fitur tersembunyi Microsoft Excel ini pertama kali dikenalkan pada Excel 2007. Untuk menghapus duplikat, pilih data yang bergaris warna. Di bawah Data, klik tombol Hapus Duplikat.

3. Slicers

Fitur tersembunyi Microsoft Excel Slicers berfungsi sebagai filter visual. Fitur tersembunyi Microsoft Excel ini membantu kamu memvisualisasikan sub kumpulan data sebagai bagan yang terhubung atau sebagai data mentah.

Misalnya, jika kamu ingin menunjukkan tren penjualan berbagai produk, kamu dapat membuat grafik tren penjualan interaktif menggunakan Slicers.

4. Flash Fill

Fitur tersembunyi Microsoft Excel ini dapat secara otomatis mengisi kolom/baris dengan mendeteksi pola yang diikuti di excel. Flash Fill pertama kali disematkan pada Microsoft Excel 2013.

Salah satu caranya adalah dengan mengetikkan nama setiap orang secara manual, sedangkan alternatif yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan Flash fill. Flash Fill akan secara otomatis mendeteksi pola dan menerapkannya ke kolom lainnya.

Itulah fitur tersembunyi Microsoft Excel yang bisa membantumu lebih cepat dan efisien dalam bekerja. Ternyata banyak fitur tersembunyi Microsoft Excel yang bermanfaat bukan?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait