Gadget

Intel Core i9-12900HK Diklaim Jadi Prosesor Mobile Tercepat

Seperti apa prosesor Intel Core i9-12900HK ini?

Agung Pratnyawan

Chip 12th Gen Intel Core. (Intel)
Chip 12th Gen Intel Core. (Intel)

Hitekno.com - Melalui CES 2022, Intel mengumumkan prosesor mobile baru mereka yang diklaim sebagai tercepat di dunia saat ini. Yakni Intel Core i9-12900HK, bagian dari 12th Gen Intel Core.

Prosesor Intel Core i9-12900HK ini diklaim menghadirkan performance hybrid architecture di platform mobile untuk pertama kalinya mencapai peningkatan performa hngga 40% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Dalam gelaran CES 2022 ini, Intel memperkenalkan 28 prosesor mobile 12th Gen Intel Core terbaru yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan untuk menciptakan laptop yang untuk keperluan komputasi kapan saja dan di mana saja, tanpa kompromi.

Dengan diperkenalkannya jajaran lengkap prosesor desktop 12th Gen Intel Core, keluarga prosesor 12th Gen Intel Core menjadi jajaran prosesor paling skalabel yang dimiliki Intel hingga saat ini, yang mendukung berbagai desain di segmen consumer, enterprise, Internet of Things (IoT) dan dan penggunaan lainnya.

"Performance hybrid architecture terbaru dari Intel membantu mengakselerasi laju inovasi dan masa depan komputasi," kata Gregory Bryant, executive vice president dan general manager Client Computing Group Intel.

"Dan dengan diperkenalkannya prosesor mobile 12th Gen Intel Core, kami membuka peluang untuk merasakan berbagai pengalaman baru dan meletakkan standar performa dengan prosesor laptop tercepat yang pernah ada." lanjutnya.

Memperkenalkan Prosesor Mobile 12th Gen Intel Core

Chip 12th Gen Intel Core. (Intel)
Chip 12th Gen Intel Core. (Intel)

Intel melanjutkan pengumuman platform mobile yang memiliki performa terdepan di industri dengan peluncuran prosesor mobile H-series 12th Gen Intel Core terbaru, dengan prosesor Intel Core i9-12900HK sebagai yang terdepan.

Prosesor ini tidak hanya meraih predikat sebagai platform mobile gaming terbaik di dunia tetapi juga menjadi prosesor mobile tercepat yang pernah diciptakan.

Dengan memasangkan Performance-cores (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores) yang mampu memprioritaskan workload secara cerdas dan melakukan management distribution melalui Intel Thread Director, prosesor Intel Core i9-12900HK terbaru ini mampu meningkatkan performa sistem di berbagai aplikasi single-thread maupun multi-threaded.

Berbasis teknologi proses Intel 7 nm, prosesor 12th Gen H-series terbaru ini menawarkan:

  • Frekuensi hingga 5 GHz, 14 core (6 P-core and 8 E-core) dan 20 threads yang membuat 12th Gen Intel Core i9-12900HK meraih predikat prosesor mobile tercepat di dunia. Performanya mengungguli proses Intel generasi sebelumnya maupun prosesor pesaing.
  • Performanya mencakup pengalaman-pengalaman gaming yang tak tertandingi saat memainkan game-game top dan sebagai tool kreasi konten yang terbaik. 12th Gen Intel Core H-series adalah platform mobile gaming terbaik di dunia, menghadirkan kinerja gaming hingga 28% lebih cepat dari pemimpin platform mobile gaming sebelumnya yang ada di pasar: Intel Core i9-11980HK. 12th Gen Intel Core H-series juga lebih dari memadai bagi para kreator konten. Contohnya, prosesor ini mampu menghasilkan kinerja rendering 3D 43% lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Dukungan memori yang luas untuk modul DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s –  pertama kali di industri untuk prosesor mobile H-series.
  • Konektivitas hampir tiga kali lebih cepat pada saluran eksklusif berkecepatan tinggi tanpa gangguan pada jaringan Wi-Fi seperti sebelumnya. Dengan menggunakan Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi, pengguna akan mendapatkan kebebasan untuk bekerja dan belajar dari rumah dan bersantai dengan streaming yang mulus dan berkualitas tinggi.
  • Dukungan Thunderbolt 4 yang menyajikan kecepatan transfer hingga 40Gbps dan konektivitas PC ke berbagai monitor 4K dan aksesoris.

Didesain untuk para gamer antusias, kreator, dan insinyur profesional yang ingin meningkatkan peforma laptop mereka ke level berikutnya, prosesor mobile 12th Gen Intel Core H-series terbaru menghadirkan kinerja sekaliber desktop saat bepergian.

Prosesor Intel ini akan tersedia pada berbagai sistem mulai Februari 2022.

Keluarga prosesor mobile 12th Gen Intel Core yang ekspansif juga meliputi prosesor mobile U-series dan dan P-series yang baru.

Dengan hingga 14 core dan 20 thread dan menampilkan grafis terintegrasi Intel Iris Xe, prosesor P-series terbaru akan beroperasi pada base power 28W dan dirancang untuk menghadirkan performa mumpuni pada laptop kelas thin-and-light, sementara prosesor U-series beroperasi pada 9W hingga 15W dan dirancang untuk laptop thin-and-light yang form factor-nya dioptimalkan.

Prosesor mobile ini dibuat khusus untuk kinerja yang dibutuhkan dalam berbagai laptop thin-and-light dan form factor termutakhir yang akan dihadirkan oleh para OEM pada tahun 2022, termasuk perangkat yang dapat dilipat (foldable), 2—in—1, perangkat yang dapat dilepas (detachable), dan lainnya.

Dirancang untuk menangani workload simultan sehari-hari, untuk produktivitas bisnis, dan bahkan untuk bermain game dalam Full High Definition (FHD), prosesor mobile 12th Gen Intel Core U-series dan P-series ini akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2022, termasuk perangkat-perangkat yang dirancang untuk sistem operasi Windows dan Chrome.

Tambahan Keluarga Prosesor Desktop 12th Gen Intel Core dan Opsi Platform Baru

IntelR Laminar RM1 Cooler. (Intel)
IntelR Laminar RM1 Cooler. (Intel)

Lewat CES 2022, sebanyak 22 prosesor baru bergabung ke dalam keluarga prosesor desktop 12th Gen Intel Core, mulai dari Intel Core i9 sampai Pentium dan Celeron.

Prosesor-prosesor ini (baik yang 65-watt maupun 35-watt) menyajikan power dan performa tinggi yang skalabe; untuk gaming, kreasi, dan produktivitas. Intel juga memperkenalkan Intel Laminar Coolers terbaru yang akan mendampingi prosesor 65-watt terbaru.

Sebagai tambahan, Intel memperkenalkan chipset Intel H670, H610 dan B660 terbaru yang akan mendukung prosesor consumer yang lebih luas. Opsi chipset baru ini akan menghadirkan banyak kemampuan yang luar biasa dari platform Z-series, seperti PCIe 4.0 lanes, Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi dan Intel Volume Management Device (VMD) – begitu juga dukungan untuk overclocking memory dan prosesor.

Intel Laminar RH1 Cooler. (Intel)
Intel Laminar RH1 Cooler. (Intel)

Pengalaman Baru Dunia Mobile dengan Intel Evo

Peluncuran prosesor mobile 12th Gen Intel Core juga mengantarkan kepada pembaruan platform Intel Evo untuk laptop dan perangkat on-the-go lainnya, yang diverifikasi dengan spesifikasi edisi ketiga dan key experience indicators dari program inovasi Project Athena Intel.

Lebih dari 100 desain hasil co-engineering dengan prosesor mobile 12th Gen Intel Core – termasuk layar lipat baru dan, untuk pertama kalinya, H-series selain U-series dan P-series diharapkan akan lolos verifikasi Intel Evo, dan sebagian besar akan tersedia untuk pembelian pada paruh pertama tahun 2022.

Selain daya respon, daya tahan baterai yang sebenarnya, instant wake dan fast charge, serangkaian persyaratan sistem tambahan dan pengujian yang disebut "Intelligent Collaboration" ditambahkan ke dalam spesifikasi edisi ketiga.

Intelligent Collaboration memastikan pengalaman yang disempurnakan saat berkolaborasi melalui aplikasi konferensi video di PC berkat hadirnya teknologi-teknologi seperti peredam kebisingan latar belakang berbasis AI, Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi, Intel Connectivity Performance Suite, dan efek pencitraan kamera yang diakselerasi oleh AI dan tersedia opsional.

Untuk memperluas pengalaman melalui berbagai aksesoris, Intel mengumumkan program Engineered for Intel Evo dan Intel Evo vPro yang membangun pengalaman menyeluruh yang didukung oleh Intel co-engineering dan pengujian untuk Thunderbolt dan aksesori Bluetooth.

Intel vPro Platform: Dikembangkan untuk Semua Bisnis

Dengan lebih dari 15 tahun meningkatkan standar untuk keamanan dan kinerja berbasis hardware di industri, Intel memperkenalkan versi baru platform Intel vPro yang menawarkan pendekatan khusus bagi dunia bisnis yang ingin meraih manfaat dari performa kelas enterprise dari prosesor untuk bisnis 12th Gen Intel Core.

  • Intel vPro Enterprise: Platform berfitur lengkap dengan komputasi tingkat enterprise, keamanan premium, pengelolaan modern, dan stabilitas untuk pengelolaan bisnis segala ukuran. Sekarang mendukung sistem operasi Chrome dengan Intel vPro Enterprise for Chrome.
  • Intel vPro an Intel Evo Design: Mengombinasikan manfaat Evo dan vPro bersamaan bagi para profesional yang banyak melakukan kegiatan mobile, yang membutuhkan pengalaman pengguna yang terbaik.
  • Intel vPro Essentials: Sesuai dengan kebutuhan komputasi mendasar yang dibutuhkan usaha kecil dengan fitur-fitur keamanan yang sudah built-in dan performa memuaskan, termasuk fitur-fitur basic pada PC management.

Berita Terkait