Intel Core i9-12900K, Diklaim Sebagai Prosesor Gaming Terbaik di Dunia

Seberapa hebat Intel Core i9-12900K ini?

Agung Pratnyawan
Senin, 15 November 2021 | 16:38 WIB
Prosesor Intel Core i9-12900K. (Intel)

Prosesor Intel Core i9-12900K. (Intel)

Hitekno.com - Intel resmi mengenalkan keluarga prosesor Intel Core Gen 12 terbaru mereka melalui ajang Intel Innovation. Dalam acara tersebut diungkaplah prosesor Intel Core i9-12900K yang diklaim memiliki performa tertinggi di jajajrannya. Juga ada dereta prosesor destop unlock lainnya.

Bahkan Intel Core i9-12900K digadang-gadang oleh perusahaan ini sebagai prosesor gaming terbaik di dunia untuk saat ini. Seperti apa prosesor Intel terbaru ini?

Intel Core i9-12900K hadir dengan max turbo boost hingga 5.2 GHz dan memiliki 16 core serta 24 thread, prosesor desktop terbaru ini mencapai performa multi-thread yang paling unggul, khusus bagi para enthusiast gamer dan kreator profesional.

Baca Juga: Acer Nitro 5 Pakai Intel Core Generasi ke-11, Tawarkan Laptop Gaming Budget

Jajaran lengkap keluarga Intel Core generasi 12 ini mencakup 60 prosesor, yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 desain dari berbagai mitra. Sebagaimana yang diungkapkan pada Intel Architecture Day 2021, performance hybrid architecture terbaru dan yang pertama dibangun menggunakan teknologi proses Intel 7 ini mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt untuk mendukung berbagai segmen PC dari laptop yang tipis dan ringan hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi.

"Performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya," kata Gregory Bryant, Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group.

"Ini diawali dengan kehadiran prosesor flagship Core i9-12900K – prosesor gaming terbaik di dunia – dan Anda akan menyaksikan pengalaman yang lebih luar biasa saat kami mengirimkan seluruh keluarga 12th Gen dan yang selanjutnya." lanjutnya.

Baca Juga: Sambut Intel Core Gen 11, Asus Kenalkan Sederet Motherboard Z590

Game, Kreasi dan Overclock dengan Prosesor Desktop Unlock

Prosesor Intel Core Generasi 12. (Intel)
Prosesor Intel Core Generasi 12. (Intel)

Enam prosesor desktop unlock yang diluncurkan hari ini adalah prosesor pertama yang berbasis performance hybrid architecture dari Intel. Prosesor Intel ini menampilkan kombinasi dari  Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel, dan Efficient-cores (E-cores), yang didesain untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

Intel Thread Director memungkinkan dua core microarchitecture terbaru bekerja secara mulus dengan cara memandu operating system (OS) menempatkan thread yang tepat pada core yang tepat pada waktu yang tepat. Intel telah bekerja sama dengan ekosistem untuk melakukan pengujian ekstensif untuk mengoptimalkan performa dan kompatibilitas.

Baca Juga: Dibekali Intel Core Gen 10, Xiaomi Kenalkan Mi Notebook 14 (IC)

Sebagai bagian dari inisiatif untuk memperkuat investasi di komunitas developer, Intel telah menerbitkan white paper bagi para developer berupa panduan bagaimana vendor software independen dapat mengoptimalkan aplikasi untuk platform performance hybrid.

"Kini kita sedang berada di awal era baru PC dengan diperkenalkannya Windows 11," kata Panos Panay, Executive Vice President dan Chief Product Officer, Microsoft.

"Dengan Windows 11 dan teknologi terbaru Thread Director dari Intel, para pengguna akan merasakan tingkat performa PC yang jauh lebih tinggi melalui keluarga prosesor 12th Gen Intel Core." imbuhnya.

Baca Juga: Tembus 5,3 GHz, Intel Core i9 10900K Diklaim Prosesor Gaming Tercepat

Prosesor Intel Core i9-12900K. (Intel)
Prosesor Intel Core i9-12900K. (Intel)

Kombinasi antara performance hybrid architecture terbaru dari Intel dan teknologi proses Intel 7 telah menghasilkan peningkatan performa single-thread dan multi-thread yang menciptakan:

  • Diklaim Prosesor Gaming Terbaik di Dunia: Tersedia dengan 16 core dan 24 thread, keluarga prosesor terbaru Intel Core Gen 12 juga mencakup prosesor gaming terbaik di dunia, yaitu Intel Core i9-12900K, yang menghadirkan pengalaman gaming luar biasa pada berbagai game terbaik. Core i9-12900K menyajikan peningkatan performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, termasuk peningkatan FPS hingga 25% pada game Troy: A Total War Saga, peningkatan FPS hingga 28% lebih pada game Hitman 3, dan peningkatan FPS hingga 23% pada game Far Cry 6. Pengalaman gaming juga ditingkatkan oleh Intel Killer Wi-Fi 6E yang menghasilkan penurunan latensi hingga 75% saat bermain game ketika multitaskingiv, P-cores yang memiliki frekuensi tinggi dipasangkan dengan E-cores mampu melakukan berbagai task secara pararel dengan FPS yang meningkat hingga 84% saat melakukan gaming, streaming, dan recording secara bersamaanv.
  • Lompatan pada Performa Kreasi Konten: Peningkatan pada performa multi-thread, performa P-core yang responsive, dan kemampuan untuk mentransfer data dengan kecepatan luar biasa melalui DDR5 telah membuat prosesor ini memimpin di semua jenis pengalaman kreasi konten, termasuk:
    • Performa penyuntingan foto lebih cepat hingga 36%
    • Performa penyuntingan video lebih cepat hingga 32%
    • Performa 3D modeling lebih cepat hingga 37%
    • Rendering multi-frame lebih cepat hingga 100%
  • Pengalaman Overclocking : Prosesor Intel terbaru ini menawarkan tool overclocking untuk kustomisasi performa terbaik, termasuk kemampuan untuk melakukan overclock pada Efficient-core dan memori DDR5. Kaum enthusiast dan gamer dapat mencoba fitur overclocking platform baru ini sebagai bagian dari Intel Extreme Tuning Utility (XTU) 7.5 terkini. Dimulai dengan Core i9-12900K, XTU juga akan mendukung overclocking prosesor unlock dengan satu klik melalui Intel Speed Optimizer. Selanjutnya, Intel memperkenalkan Intel Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 terbaru yang sudah mendukung DDR5, sehingga menawarkan profil tambahan, termasuk profil kustom baru yang rewriteable dan tuning yang fleksibel untuk melakukan overclocking pada memori.

Menghadirkan Fitur-Fitur Unggulan di Platform Desktop

Prosesor Intel Core Generasi 12. (Intel)
Prosesor Intel Core Generasi 12. (Intel)

Prosesor desktop Intel Core Gen 12 memberdayakan pengguna dengan performa dan fitur-fitur paling unggul di industri untuk menghadirkan pengalaman gaming, kreasi konten, dan hiburan yang terbaik, untuk saat ini dan di masa mendatang. Kemajuan penting dalam platform ini meliputi:

  • Prosesor pertama di industri yang mendukung memori DDR5 dengan kecepatan hingga 4800MT/s.
  • Prosesor pertama di industri yang mendukung PCIe 5.0 (hingga 16 lane), yang menawarkan hingga dua kali throughput I/O pada PCIe 4.0, dengan tambahan hingga empat lane berkat dukungan PCIe 4.0.
  • Intel® Smart Cache (L3) hingga 30MB dan L2 cache hingga 14MB untuk peningkatan kapasitas memori dan penurunan latensi.
  • Konektivitas wireless terintegrasi dengan Intel Killer Wi-Fi 6E, yang mengombinasikan konektivitas Wi-Fi 6E yang terdepan di industri dengan teknologi jaringan gaming yang powerful untuk meminimalisir lag, latensi, dan packet loss.10
  • Kabel konektivitas universal Thunderbolt 4 terpisah untuk ekspansi ke perangkat eksternal.

Chipset Intel 600 Series Terbaru

Selain prosesor desktop 12th Gen Intel Core, Intel juga meluncurkan Chipset Intel 600 Series terbaru dengan fitur-fitur yang canggih untuk meningkatkan keandalan dan performa. Lane PCIe Gen 4.0 terbaru membuat total lane pada chipset menjadi 28 lane, USB 3.2 Gen 2x2 yang terintegrasi telah menggandakan bandwidth, DMI Gen 4.0 meningkatkan throughput dari chipset ke CPU untuk menghasilkan akses yang cepat ke perangkat periferal dan jaringan.

Untuk pertama kalinya Intel memboyong Intel Volume Management Device (VMD) ke chipsetPC untuk menyederhanakan pengelolaan storage dengan cara mengizinkan kontrol dan pengelolaan langsung SSD berbasis NVMe dari PCIe bus tanpa tambahan RAID controller atau adaptor hardware yang lain.

Ketersediaan

Daftar prosesor Intel Core Gen 12. (Intel)
Daftar prosesor Intel Core Gen 12. (Intel)

Prosesor desktop Intel Core Gen 12 yang sudah unlock kini tersedia melalui program preorder dari OEM, channel partner, dan retail yang berpartisipasi. Ketersediaan yang lebih luas akan dimulai pada 4 November di mana lebih dari 140 pelanggan di lebih dari 30 negara diperkirakan akan membeli prosesor-prosesor terbaru tersebut sampai akhir tahun ini.

Harga mulai dari 264 dolar AS sampai 589 264 dolar AS untuk prosesor desktop yang sudah unlock. Intel diperkirakan akan mengirimkan ratusan ribu prosesor desktop "K" Intel Core gen 12 pada akhir tahun ini dan mengirimkan lebih dari 2 juta hingga akhir Maret 2022.

Untuk segmen yang lebih luas seperti desktop, perangkat mobile, dan komersial, diperkirakan akan tersedia pada awal 2022. Intel juga mengirimkan 28 SKU dalam keluarga prosesor 12th Gen Intel Core ke mitra OEM.

Itulah dikenalkannya prosesor Intel terbaru dari generasi 12, termasuk Intel Core i9-12900K yang diklaim sebagai prosesor gaming terbaik di dunia untuk saat ini.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak