Gadget

Selundupkan Ratusan Prosesor Intel, Pengemudi Ini Tempel CPU di Tubuhnya

Petugas sita 256 prosesor Intel, terdiri dari Core i7 10700 dan Core i9 10900K.

Agung Pratnyawan

Penyelundupan prosesor Intel. (hkepc, Bea Cukai Hong Kong)
Penyelundupan prosesor Intel. (hkepc, Bea Cukai Hong Kong)

Hitekno.com - Petugas bea cukai Hong Kong menangkap aksi penyelundupan ratusan prosesor Intel. Pelaku menyembunyikan CPU kelas atas ini dengan cara menempelkan pada berbagai bagian tubuhnya.

Jika sebelumnya banyak aksi penyelundupan kartu grafis dari Hong Kong ke China, kini berubah. Para pelaku berupaya untuk memasukkan prosesor atau CPU secara ilegal ke negara tersebut.

Diwartakan Hkepc, petugas bea cukai Jembatan Hong Kong - Zhuhai - Macao pada 16 Juni 2021 mendapati pengemudi truk yang menunjukkan gelagat tak biasa. Ia tampak gugup ketika diperiksa petugas.

Petugas menemukan beberapa chip prosesor Intel tersebut diikatkan pada tulang rusuk atas dan betis pengemudi tersebut. Didapati ada 256 CPU dari pengemudi truk tersebut.

Dilaporkan beberapa prosesor Intel ini terdiri dari Core i7 10700 dan Core i9 10900K. Prosesor yang ditujukan untuk perangkat komputer kelas atas yang totalnya mencapai 800 ribu yuan atau setara Rp 1,7 miliar.

Penyelundupan prosesor Intel. (hkepc, Bea Cukai Hong Kong)
Penyelundupan prosesor Intel. (hkepc, Bea Cukai Hong Kong)

Tidak hanya aksi penyelundupan ini yang berhasil dibongkar petugas bea cukai Hong Kong. Petugas kembali menemukan aksi serupa pada 26 Juni 2021 dari truk muatan Guandong - Makau.

Petugas bea cukai di jembatan Hong Kong - Zuhai - Macao mendapati aksi penyelundukpan 52 prosesor Intel baru yang berada di antara kursi pengemudi dan penumpang di sampingnya.

Belum berhenti di sini, petugas kembali membongkar aksi penyelundupan komponen PC pada 5 Juli 2021, seperti dilaporkan Notebookcheck. Tidak tanggung-tanggung ribuan prosesor dan RAM diselundupkan.

Dilaporkan kalau petugas menyita 2.200 prosesor dan lebih dari 1.000 keping RAM hendap diselundupkan oleh pelaku. Juga ada sekitar 630 smartphone dan 70 item kosmetik lainnya.

Dari seluruh petugas berhasil mengamankan barang yang total nilainya lebih dari 4 juta dolar Hong Kong atau setara dengan Rp 7,4 miliar.

Itulah beragam laporan penyelundupan komponen PC yang dibongkar petugas bea cukai Hong Kong. Kini bukan lagi kartu grafis yang diselundupkan, namun juga prosesor Intel dan RAM.

Berita Terkait