Gadget

Jelang CES 2022, Samsung Kenalkan MICRO LED, Neo QLED dan Lifestyle TV

Apa yang ditawarkan Samsung untuk pasar televisi?

Agung Pratnyawan

Samsung MICRO LED. (Samsung)
Samsung MICRO LED. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Electronics resmi memperkenalkan MICRO LED, Neo QLED dan Lifestyle TV terbaru mereka, menjelang dimulainya Consumer Electronics Show 2022.

Deretan teknologi baru Samsung ini diklaim menawarkan terobosan dalam kualitas gambar dan suara, lebih banyak opsi ukuran layar, pilihan aksesoris yang dapat dikustomisasi.

Jajaran Samsung TV 2022 selangkah lebih maju membawa visi ‘Screens Everywhere, Screens for All’ menjadi nyata dengan gambar seolah hidup, suara imersif dan pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi.

MICRO LED: Puncak Teknologi Layar

Diklaim sebagai layar tercanggih Samsung, MICRO LED menawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya berkat 25 juta LED berukuran mikrometer yang secara individual menghasilkan cahaya dan warna, menciptakan pengalaman yang sungguh imersif melalui kedalaman yang mengesankan, warna cerah dan kejelasan dan kontras yang ditingkatkan.

Di CES 2022, Samsung akan menampilkan MICRO LED dalam tiga ukuran berbeda - 110, 101, dan 89 inci.

Di samping inovasi pada perangkat keras, MICRO LED 2022 mendukung kedalaman greyscale 20-bit. Ini berarti MICRO LED dapat mengekspresikan setiap detail dalam sebuah adegan, menawarkan kontrol terbaik dengan lebih dari 1 juta tingkatan kecerahan dan level warna, memberikan pengalaman HDR sejati.

Samsung MICRO LED. (Samsung)
Samsung MICRO LED. (Samsung)

MICRO LED juga mengekspresikan 100% color gamut DCI dan Adobe RGB, menghasilkan warna-warna yang memukau dan seolah hidup. Bersama dengan desain imersif yang dimungkinkan oleh 99,99% screen-to-body ratio, MICRO LED menyajikan kinerja revolusioner.

Terakhir, MICRO LED hadir dengan lebih banyak manfaat dan fitur kustomisasi yang ditingkatkan.

  • Art Mode memungkinkan konsumen untuk mengubah ruangan apapun menjadi sebuah galeri seni saat mereka memilih dan menampilkan karya seni favorit atau fotografi digital mereka. MICRO LED 2022 juga dilengkapi dengan dua karya eksklusif dari artis dan desainer terkemuka Refik Anadol.
  • Multi View memungkinkan pengguna melihat konten dari empat sumber yang berbeda secara bersamaan - dari setiap atau semua dari empat port HDMI - dalam resolusi 4K cemerlang hingga mencapai 120fps.
  • Dolby Atmos memberikan pengalaman audio imersif premium dengan speaker saluran atas, samping dan bawah untuk suara yang menakjubkan dan multi-dimensi.

Evolusi Neo QLED dengan Neo Quantum Processor dan Pengalaman Audio Dinamik

Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)
Samsung Neo QLED 8K. (Samsung)

Berkat Neo Quantum Processor dan kemajuan dalam teknologi gambar dan suara yang diberikannya, Neo QLED 2022 akan menampilkan beberapa gambar paling cemerlang dan lanskap suara paling imersif.

Faktanya, Neo Quantum Processor tahun ini memperkenalkan advanced contrast mapping dengan BLU (back-light unit), meningkatkan tingkat kecerahan dari 12 hingga 14-bit gradasi untuk kontrol sumber cahaya (Quantum Mini LED) yang lebih presisi. Ini memungkinkan TV untuk mengontrol pencahayaannya di 16.384 tingkat, empat kali lipat dari 4.096 di model sebelumnya.

Teknologi Shape Adaptive Light baru memanfaatkan Neo Quantum Processor untuk menganalisis garis, bentuk, dan permukaan untuk mengontrol bentuk cahaya dari Quantum Mini LED, meningkatkan kecerahan dan keakuratan semua bentuk yang ditampilkan di layar.

Hasilnya adalah kualitas gambar yang luar biasa, menempatkan konten HDR sepenuhnya pada layar. Samsung Neo QLED 2022 juga dilengkapi Real Depth Enhancer, algoritma kualitas gambar dengan multi-kecerdasan. Kemajuan teknologi ini menciptakan sensasi realisme yang lebih kuat dengan membedakan dan memproses obyek di layar terhadap latar belakangnya untuk menciptakan sensasi kedalaman (depth).

Selain itu, Samsung Neo QLED 2022 mempunyai EyeComfort mode, yang secara otomatis menyesuaikan tingkat keterangan dan tone layar berdasarkan sensor cahaya built-in dan informasi matahari terbenam/matahari terbit.

Seiring dengan perubahan cahaya dalam ruangan, layar secara bertahap akan mengurangi jumlah cahaya dan menawarkan tone warna yang lebih hangat, dan juga menyesuaikan level blue light. Ini memungkinkan pengalaman menonton yang lebih nyaman di malam hari dengan mengurangi blue light yang dapat mempengaruhi kualitas tidur pengguna.

Fitur-fitur suara Samsung Neo QLED juga mendapatkan peningkatan besar. Berangkat dari OTS (Object Tracking Sound), yang mengarahkan suara untuk bergerak melintasi ruangan bersama-sama dengan obyek yang bergerak di layar, jajaran TV 2022 akan menawarkan OTS Pro, yang menggabungkan speaker up-firing yang kuat untuk menciptakan surround sound yang menyelimuti ruangan.

Samsung Neo QLED 2022 juga memberikan pengalaman Dolby Atmos yang benar-benar luar biasa berkat penambahan speaker top channel. Dengan speaker multi-channel yang ditempatkan di seluruh TV, Samsung Neo QLED memberikan pengalaman suara yang dinamis yang mengikuti gerakan di layar dari semua sudut.

Lifestyle TV Pemenang Penghargaan dengan Integrasi Desain dan Teknologi yang Mulus

Samsung Lifestyle TV 2022 memadukan desain dan teknologi dengan mulus untuk pengalaman yang unik dan personal. Matte Display baru dengan bahan anti-silau, anti-pantulan dan anti-sidik jari telah dipasangkan pada The Frame, The Sero dan The Serif, memberikan salah satu pengalaman menonton yang paling menyenangkan dan nyaman.

Sebagai hasilnya, Matte Display di Samsung Lifestyle TV 2022 menerima tiga verifikasi dari UL (Underwriter Laboratories) yaitu ‘Reflection Glare Free’, ‘Discomfort Glare Free’ dan ‘Disability Glare Free’.

  • The Frame kini menawarkan pengalaman menikmati karya seni paling realistis di luar museum berkat teknologi panel anti-silau dan rendah pantulan pada Matte Display yang di-emboss. Ini juga menghindarkan jejak sidik jari dan noda, memungkinkan pengguna untuk menikmati karya seni favorit mereka dalam kondisi sempurna. The Frame hadir dalam variasi ukuran mulai dari 32 hingga 85 inci.
  • The Serif juga hadir dengan matte finish pada bodi TV untuk berbaur dengan mulus bersama Matte Display, meningkatkan desain ikonik The Serif untuk memberikan tampilan dan nuansa paling premium. Dengan penambahan opsi ukuran 65 inci, The Serif sekarang ditawarkan dalam ukuran mulai dari 43 hingga 65 inci.
  • The Sero menawarkan pengalaman menonton yang dioptimalkan dengan Matte Display barunya dalam mode vertikal dan horizontal. Fungsi Multi View vertikal baru membawa multitasking ke tingkat berikutnya, memungkinkan pengguna secara bersamaan melihat konten yang berbeda di bagian atas dan bawah layar, atau mencari informasi secara online sambil menonton sesuatu. 

Smart Hub dan Apps Terbaru untuk User Experience Terbaik

Samsung NFT Aggregation Platform. (Samsung)
Samsung NFT Aggregation Platform. (Samsung)

Samsung Smart TV 2022 datang dengan Smart Hub baru yang menempatkan kurasi dan penemuan konten menjadi fitur utama sesuai preferensi menonton pengguna. 

Smart Hub baru akan memandu pengguna ke konten favorit mereka atau membantu mereka menemukan sesuatu yang baru, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari-cari konten. 

Sidebar Smart Hub juga memungkinkan transisi mulus antar kategori - Media, Game (Gaming Hub) dan Ambient - memungkinkan pengguna fokus pada berbagai kegiatan dalam rumah.

  • Gaming Hub: Samsung Gaming Hub akan memberdayakan pemain untuk lebih cepat menemukan dan masuk ke dalam permainan yang mereka gemari melalui layanan streaming game. Pemain akan memiliki akses ke perpustakaan game yang luas melalui kemitraan Samsung dengan para pemimpin industri - NVIDIA GeForce Now, Stadia dan Utomik - dan ini baru permulaan.
  • Watch Together: Aplikasi baru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video chat dengan teman dan keluarga sembari menonton seri dan film favorit mereka, mendekatkan semua orang yang terlibat.
  • NFT Platform: Aplikasi ini menampilkan platform intuitif dan terintegrasi untuk menemukan, membeli dan trading karya seni digital melalui MICRO LED, Neo QLED dan The Frame.
  • Smart Calibration: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik setting untuk kualitas gambar yang optimal. Basic mode memiliki cara cepat dan mudah untuk mengkalibrasi layar dalam 30 detik, sedangkan Professional mode mengoptimalkan layar untuk kualitas gambar cemerlang dalam waktu sekitar 10 menit.

Opsi Aksesoris yang Ditambah dan Dipersonalisasi Sesuai Kebutuhan dan Selera

Model 2022 juga hadir dengan aksesoris yang ditambah untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna. Auto Rotating Wall Mount and Stand mewarisi pengalaman menonton vertikal dari The Sero, memungkinkan pengguna untuk menikmati tampilan mobile dengan memutar layar mereka secara otomatis.

Untuk melengkapi aksesoris, produk 2022 akan mendukung vertical interface (antarmuka vertikal), termasuk Smart Hub, dan menawarkan fitur Multi View vertikal. Ini akan menawarkan aplikasi seperti YouTube dan Tiktok serta mirroring dan casting dalam mode vertikal.

Terakhir, fitur gaya hidup seperti Ambient Mode+ dan Art Mode juga tersedia dalam mode vertikal. Tombol rotasi baru pada remote control memungkinkan pengguna dengan mudah memutar layar dengan mengklik satu tombol saja.

Selain itu, dengan opsi bezel yang ditambah untuk The Frame dan full motion slim-fit wall mount untuk semua TV, kemungkinan personalisasi menjadi tiada batas pada layar Samsung 2022.

Mendobrak Batasan Sonik dengan Soundbar dan Fitur Terbaru

Jajaran Soundbar 2022 mendapat peningkatan teknologi untuk memberikan pengalaman audio yang lebih imersif dan tiga dimensi. Q Symphony, pengalaman surround-sound khas yang memungkinkan Samsung Neo QLED dan soundbar untuk bekerja bersama, telah ditingkatkan dengan penambahan sinkronisasi. Ini memungkinkan speaker Soundbar dan TV bekerja bersama dengan semua speaker yang ada di TV, termasuk speaker top channel, menyajikan lanskap suara yang ekspansif dan kuat.

Samsung Soundbar 2022 juga dilengkapi dengan Wireless Dolby Atmos connectivity[3],  koneksi Smart TV-ke-soundbar nirkabel di mana baik speaker TV maupun soundbar memberikan pengalaman audio yang luar biasa tanpa kabel yang mengganggu.

Selain itu, HW-S800B Ultra Slim Soundbar menetapkan standar baru dalam kategori slim soundbar, menghadirkan bass yang kuat dalam bentuk kompak dengan mengintegrasikan teknologi radiator pasif dengan subwoofer-nya. Dengan channel speaker true top-firing, soundbar ultratipis baru menyajikan suara yang kuat dengan ketebalan hanya 1,6 inci.

"Peran layar telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir dengan kemajuan teknologi dan bagaimana hiburan didistribusikan. Dengan jajaran produk baru kami, kami menyediakan pengalaman video dan audio yang sungguh-sungguh imersif dan dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan konsumen," ucap Simon Sung, Executive Vice President and Head of the Sales & Marketing Team of the Visual Display Business at Samsung.

"Baik Anda seorang penggemar film, pecinta TV, gamer maupun penggemar seni, Samsung memiliki penawaran tercanggih yang dapat meningkatkan ruangan apapun." lanjutnya

Untuk informasi lebih lanjut, termasuk gambar atau video produk yang diumumkan Samsung di CES 2022, silakan kunjungi news.samsung.com/id/ces-2022.

Disclaimer: Semua fungsi, fitur, spesifikasi, dan informasi produk lainnya yang disediakan dalam dokumen ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, manfaat, desain, harga, komponen, kinerja, ketersediaan, dan kemampuan produk dapat berubah tanpa pemberitahuan atau kewajiban. Ketersediaan produk, layanan, dan fitur yang disebutkan di atas dapat bervariasi berdasarkan wilayah.

Berita Terkait