Gadget

9 Fitur MediaTek Kompanio 900T, Tak Sekadar Performa yang Diandalkannya

MediaTek Kompanio 900T hadir sebagai solusi chipset Tablet 5G dan notebook. Apa yang ditawarkan?

Agung Pratnyawan

MediaTek Kompanio. (MediaTek)
MediaTek Kompanio. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek Kompanio 900T resmi dikenalkan sebagai chipset baru untuk memperkuat tablet 5G dan notebook. Tidak hanya memberikan performa tinggi, namun juga menawarkan dukungan jaringan 5G.

Anda membutuhkan multi-tasking yang responsif? Tampilan cepat untuk bermain game? Streaming film dalam HDR? Konektivitas 5G di tablet? Berjam-jam daya tahan baterai?

Perangkat dengan chipset MediaTek Kompanio 900T barangkali bisa menjadi solusi untuk Anda. Mari lihat kemampuan terbaiknya, di bawah ini:

1. Kinerja

MediaTek Kompanio 900T menampilkan sepasang inti Arm Cortex-A78 “besar” terbaru dalam CPU octa-core-nya, meningkatkan kecepatannya hingga 2,4GHz.

Selain itu, GPU Mali-G68 quad-core-nya menawarkan kinerja grafis yang luar biasa dan didesain hemat baterai.

2. Peningkatan pemutaran video oleh MiraVision HDR

MiraVision HDR meningkatkan kualitas pemutaran video dengan teknologi cerdas yang bekerja secara otomatis di belakang layar.

Produsen perangkat dapat memilih untuk menggunakan MiraVision's HDR Composer yang mengubah aliran SDR ke HDR secara waktu nyata, sedangkan media HDR10 dapat ditingkatkan untuk mendekati HDR10+ secara waktu nyata karena MiraVision menambahkan metadata per-frame dinamis, dan bahkan video HDR10+ premium dapat ditingkatkan dengan nuansa sub-frame luminance di kondisi kecerahan.

3. Tampilan 2K super cepat

Layar 120 Hz memberikan peningkatan pengalaman pengguna yang langsung terlihat, baik itu game zero-blur, membaca halaman web yang lebih mulus, atau reaksi langsung di layar terhadap stylus dan sentuhan. 

Produsen perangkat dapat membuat produk dengan layar 2K (2000x1200) resolusi tinggi yang tajam dan responsivitas super cepat yang bagus untuk berbagai penggunaan sehari-hari.

4. Konektivitas yang sangat hemat daya

Modem 5G dan mesin konektivitas Wi-Fi 6 dibangun ke dalam chip Kompanio untuk mengoptimalkan efisiensi daya pada level silikon. Untuk 5G, MediaTek melangkah lebih jauh dengan serangkaian teknologi 5G UltraSave yang lebih hemat daya untuk penggunaan sehari-hari.

5. Wi-Fi 6 lebih cepat

MediaTek Kompanio 900T menawarkan kapasitas untuk Wi-Fi 6 dengan antena 2x2. Ketika dipasangkan dengan titik akses Wi-Fi 6 yang memiliki kemampuan serupa, ini menciptakan peluang untuk kualitas koneksi yang lebih baik, latensi yang lebih rendah, dan throughput data (tingkat kecepatan pengiriman data) yang lebih cepat.

6. Jaringan 5G

Dalam kemajuan yang canggih, chip modem 5G dapat menggunakan agregasi operator hingga 2CC yang mencakup spektrum 120MHz yang diperluas jika ini memang tersedia.

Koneksi jaringan 5G menjangkau lebih jauh dengan operator yang mendukung agregasi operator dupleks gabungan FDD+TDD.

7. Kartu SIM 5G ganda sejati (Standalone + Standalone)

Kartu SIM ganda sejati memiliki arti bahwa teknologi ini dapat terkoneksi dengan dua jaringan mandiri 5G secara bersamaan, melampaui jaringan lain yang biasanya terbatas hanya pada satu dari dua koneksi.

Saat operator 5G meluncurkan layanan mandiri secara global, teknologi masa depan ini ialah investasi yang bagus.

8. Chip ‘6nm’ yang super efisien

MediaTek Kompanio 900T diproduksi menggunakan proses “6nm” milik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Dibuat menggunakan transistor yang lebih kecil dan lebih hemat daya ketimbang kebanyakan proses produksi chip lainnya. 

Chip all-in-one dapat menjalankan teknologi canggihnya lebih lama dari sebelumnya, memaksimalkan waktu antara pengisian daya baterai.

9. Satu chip untuk aneka desain

Produk tablet Android telah berkembang dalam banyak desain baru mulai bentuk flip, lipat, dan bahkan dilepas. Produsen perangkat sekarang sering membuat produk baru yang ditujukan khusus untuk penggunaan tertentu, seperti hiburan streaming, produktivitas, kreativitas stylus, pendidikan online, penggunaan industri, atau bahkan streaming game dan bermain game.

Untuk mengatasi kebutuhan ini, Kompanio 900T sangat fleksibel dan dapat bermitra dengan memori LPDDR5 atau LPDDR4X dan penyimpanan UFS 3.1 atau UFS 2.2 untuk memenuhi berbagai ekspektasi kinerja pasar dan harga.

Berita Terkait