Gadget

Samsung Galaxy A53 Bawa Dua Versi Chipset, Ini Rinciannya

Samsung Galaxy A53 diprediksi dapat meluncur pada Q1 2022.

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy A52, generasi sebelum Samsung Galaxy A53. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A52, generasi sebelum Samsung Galaxy A53. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Galaxy A52 termasuk HP mid-range dari Samsung yang memperoleh sambutan positif di pasar komersial. Perangkat penerus yaitu Samsung Galaxy A53 diharapkan dapat meluncur pada kuartal pertama 2022.

Bocoran yang datang dari GalaxyClub mengklaim bahwa Samsung Galaxy A53 akan datang dalam dua versi chipset berbeda. Perlu diketahui, Galaxy A53 bakal menggantikan generasi sebelumnya seperti Galaxy A52, A52s dan A51.

Ketiga perangkat pendahulu merupakan HP mid-range terlaris dari Samsung. Dikutip dari GSMArena, bocoran teranyar menyebutkan bahwa dua chipset berbeda yang dimaksud bukan memisahkan versi 4G dan 5G dari Samsung Galaxy A53.

Namun perbedaan chipset lebih ke arah masing-masing pasar yang dituju. Samsung Galaxy A53 sendiri diyakini hanya tersedia dalam varian 5G saja.

Di beberapa pasar seperti AS, perangkat muncul dengan SoC Exynos terbaru (kemungkinan dipasarkan sebagai Exynos 1200). Samsung Galaxy A53 memiliki nomor model SM-A536U di pasar Amerika Serikat.

Desain render Samsung Galaxy A53 5G. (YouTube/ Digit)
Desain render Samsung Galaxy A53 5G. (YouTube/ Digit)

Terdapat juga model SM-A536B untuk pasar Eropa, dan SM-A536E untuk wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, serta sejumlah pasar Asia. Model yang disebutkan terakhir kemungkinan memiliki chipset yang berbeda.

Strategi pada mid-range ini mirip seperti langkah Samsung pada smartphone flagship seri S. Ketersediaan SoC yang berbeda kemungkinan dapat disebabkan oleh krisis chipset yang masih melanda pasar global.

Render dari OnLeaks dan Digit yang beredar beberapa waktu lalu berhasil mengungkap desain dari Samsung Galaxy A53. Perangkat memiliki ketebalan bodi sekitar 8,14 mm. Ini termasuk lebih tipis jika dibandingkan Samsung Galaxy A52 5G yang berukuran 8,4 mm.

Desain render Samsung Galaxy A53 5G. (YouTube/ Digit)
Desain render Samsung Galaxy A53 5G. (YouTube/ Digit)

Apabila tonjolan kamera turut dihitung, maka ketebalan Galaxy A53 5G menjadi 9,73 mm. Desain render tak memperlihatkan adanya jack headphone 3,5 mm.

Jika bocoran ini benar, kita kemungkinan tidak akan menjumpai adanya jack audio 3,5 mm pada Galaxy A53 5G. HP baru ini diprediksi masih tetap mempertahankan layar AMOLED 120 Hz dan kamera primer 64 MP. OnLeaks membocorkan bahwa Samsung Galaxy A53 5G bakal tersedia dalam beberapa varian warna termasuk Black, White, Light Blue dan Orange.

Berita Terkait