Gadget

6 Browser Ringan untuk Laptop Windows, RAM 1 GB? Bisa!

Laptop kamu lemot tapi masih ingin browsing internet? Mungkin browser ringan untuk laptop ini bisa membantu.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna laptop. (Pixabay)

Hitekno.com - Cari browser ringan untuk laptop Windows dengan spesifikasi rendah? Ada beberapa rekomendasi browser internet yang kamu manfaatkan.

Kamu tengah merasa frustasi dengan laptop saat ini? Dikarenakan memiliki kapasitas RAM yang cukup kecil terkadang kinerja laptop terasa lambat bahkan kerap mengalami freez atau ngelag. Tentu hal ini terasa sangat mengganggu serasa ingin mengganti laptop.

Namun kamu bisa mengakalinya dengan mengganti browser yang lebih ringan agar kinerja laptop lebih cepat. Berikut browser ringan untuk laptop Windows.

Tidak menutup kemungkinan bahwa laptop saat ini masih banyak yang menggunakan kapasitas RAM di bawah 2GB. Mengingat untuk era seperti ini beberapa aplikasi sudah sangat canggih tentu membutuhkan kapasitas RAM maupun memori internal yang cukup besar.

Namun kamu tak perlu khawatir terdapat beberapa aplikasi yang sangat friendly bagi kamu yang memiliki laptop dengan kapasitas RAM yang cukup kecil.

Berikut rekomendasi browser ringan untuk laptop Windows:

1. Falkon

Browser Ringan untuk Laptop - Falkon. (Falkon)
Browser Ringan untuk Laptop - Falkon. (Falkon)

Aplikasi browser ini dikembangkan oleh KDE Projects untuk mesin pencarian bawaannya menggunakan DuckDuckGo. Sedangkan mesin browsernya menggunakan Blink.

Bahkan aplikasi ini dinilai bisa berjalan cukup lancar untuk laptop dengan ram 1 GB.  Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur seperti history, tabs dan bookmark.

2. Chromium

Browser Ringan untuk Laptop - Chromium. (ist.)
Browser Ringan untuk Laptop - Chromium. (ist.)

Aplikasi ini dikembangkan oleh The Chromium Project. Aplikasi ini menggunakan mesin pencari bawaan cari Google sedangkan browser engine menggunakan Blink.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak ada fitur auto update seperti Google Chrome. Selain itu aplikasi ini juga bersifat open source di mana semua orang bisa memodifikasi browser ini dan sangat mudah untuk menyisipkan virus untuk para hacker.

3. Maxthon

Browser Ringan untuk Laptop - Maxthon. (Maxthon)
Browser Ringan untuk Laptop - Maxthon. (Maxthon)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Maxthon Internasional Ltd. Aplikasi ini menggunakan mesin pencari bawaan dari Google sedangkan browser engine menggunakan WebKit, Trident.

Meskipun aplikasi ini dinilai cukup ringan namun untuk tingkat keamanannya aplikasi ini sudah sangat baik. Aplikasi ini juga memiliki fitur sandboxing.

4. Slimjet

Browser Ringan untuk Laptop - Slimjet. (Slimjet)
Browser Ringan untuk Laptop - Slimjet. (Slimjet)

Aplikasi ini dikembangkan oleh FleshPeak Inc. Aplikasi ini menggunakan mesin pencari bawaan dari Google sedangkan untuk browser engine menggunakan Blink. 

Yang menarik dari aplikasi ini kamu bisa mengganti background tema dari aplikasi tersebut. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur seperti form filler, adblock bawaan, rekam layar dari Browser dan tambah plug in.

5. Midori

Browser Ringan untuk Laptop - Midori. (ist.)
Browser Ringan untuk Laptop - Midori. (ist.)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Astian Foundation, untuk mesin pencari bawaannya menggunakan DuckDuckGO dan browser engine menggunakan WebKit.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah terdapat fitur keamanan seperti anonymous dan do not track. Aplikasi ini memiliki kekurangan terkadang bisa mengalami crash saat menjalankan aplikasi ini.

6. K-Meleon

Browser Ringan untuk Laptop - K-Meleon. (kmeleonbrowser)
Browser Ringan untuk Laptop - K-Meleon. (kmeleonbrowser)

Aplikasi ini dikembangkan oleh Dorian, KKO, et al. Untuk mesin pencari bawaan menggunakan DuckDuckGo dan browser engine menggunakan Goanna (Gecko-fork).

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur custom untuk mengatur letak tombol, letak toolbar, menu proxy, cookies, javascript dan lain-lain sesuai dengan keinginan kamu. Namun sayangnya aplikasi browser ini tidak dapat mengakses YouTube.

Nah itulah beberapa browser ringan untuk laptop Windows yang bisa kamu coba download untuk menemani aktivitas berselancar di dunia maya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu aplikasi di atas?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait