Gadget

Tinggal Menghitung Hari, Google Chrome Bakal Mati pada Perangkat Ini

Apakah kamu masih pakai Windows 7, siap-siap cari alternatif Google Chrome.

Agung Pratnyawan

Google Chrome. (Pixabay)
Google Chrome. (Pixabay)

Hitekno.com - Satu bulan lagi Google Chrome akan mati pada perangkat yang masih menggunakan Windows 7. Untuk kamu yang masih menggunakan perangkat tersebut, diharap segera bersiap.

Dilansir dari CNET, dukungan browser Google Chrome akan mati pada perangkat Windows 7. Sebenarnya, berita ini sudah heboh pada 2020 lalu.

Laporan menyebut, dukungan Google Chromepada Windows 7 akan dicabut pada Januari 2022 mendatang alias tinggal sebulan lagi.

Alasan penghapusan dukungan karena Microsoft sendiri sudah tidak lagi memberikan dukungan update keamanan pada sistem operasi Windows 7.

Itu berarti siapa pun yang masih menggunakan sistem perangkat lunak lawas, dapat membahayakan diri mereka sendiri karena adanya kerentanan keamanan.

Untuk kamu yang tetap ingin menggunakan Chrome, maka kamu mau tidak mau harus meningkatkan perangkatmu ke sistem operasi Windows 10.

Dengan pencabutan dukungan ini, browser Google Chrome bisa kehilangan banyak penggunanya, terlebih jika mereka tak mau update ke Windows 10.

Sebab menurut NetMarketShare, per 2021 ini masih ada 20,93% komputer yang mengakses web menggunakan Windows 7 di seluruh dunia.

Ilustrasi Google Chrome. (Pixabay/ Gerd Altmann)
Ilustrasi Google Chrome. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Chrome Apps juga mati tahun 2022

Selain Google Chrome pada PC, Chrome Apps pun akun pensiun pada tahun 2022 mendatang. Mengikuti dihentikannya dukungan pada Windows 7.

Proses ini terjadi secara bertahap, dimulai dengan Chrome Web Store tidak lagi menerima aplikasi baru Maret ini.

Proses akan berakhir dengan Google menghentikan dukungan Chrome Apps pada Chrome OS pada pertengahan 2022.

Alasan perusahaan Google menonaktifkan Chrome Apps adalah karena aplikasi tersebut tidak terlalu banyak dilirik oleh pengguna.

Sebenarnya, proyek memensiunkan Chrome Apps ini sudah berjalan sejak 2016. Akan tetapi memang mematikan toko aplikasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Itulah laporan terkini kalau dukungan browser Google Chrome pada Windows 7 akan dihentikan pada 2022 mendatang. Tidak ketinggalan Chrome Apps juga berhenti dari platform sistem operasi tersebut. 

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait