Gadget

Cara Mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla, Langkahnya Sederhana!

Cara mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla hanya memerlukan tiga hingga empat langkah saja.

Rezza Dwi Rachmanta

Cara mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla. Ilustrasi: Mozilla Firefox versi terbaru. (mozzila.org)
Cara mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla. Ilustrasi: Mozilla Firefox versi terbaru. (mozzila.org)

Hitekno.com - Firefox telah membawa fitur "suggest" atau saran yang disponsori ke browser-nya pada update 93.0. Berikut ini kami akan memberikan langkah terkait cara mematikan Firefox Suggest di Mozilla Firefox.

Update membuat Mozilla menawarkan konten dari mitra berdasarkan penelusuran pengguna. Ad Link atau tautan iklan biasanya dapat muncul bersamaan dengan saran penelusuran biasa, seperti riwayat penelusuran.

Sebagian orang dapat terganggu dengan adanya penambahan iklan dan saran di Adress Bar. Seperti yang telah diketahui, situs sudah memiliki banyak iklan di halamannya.

Penambahan iklan dan saran di Adress Bar tentu semakin membuat sebagian pengguna terganggu. Mozilla menyebut fitur tersebut dengan Firefox Suggest.

Terdapat cara mudah untuk mematikan Firefox Suggest di menu Setting. Dilansir dari NDTV, Firefox telah memperbarui Support Page-nya untuk menjelaskan lebih lanjut tentang fitur baru tersebut.

Fitur Firefox Suggest. (NDTV)
Fitur Firefox Suggest. (NDTV)

Firefox menyebutnya sebagai "fitur yang berfungsi sebagai panduan terpercaya untuk Web lebih baik, menampilkan informasi dan situs yang relevan untuk membantu Anda mencapai tujuan".

Saran yang relevan ini datang "dari mitra tepercaya berdasarkan apa yang Anda cari". Address Bar biasanya menawarkan saran seperti riwayat penjelajahan dan tab yang terbuka. Namun apabila Firefox Suggest diaktifkan, itu juga akan menampilkan saran dari mitra Mozilla.

Fitur Suggest tidak akan diaktifkan secara otomatis. Setelah memperbarui ke versi teranyar, Firefox akan mengirimkan pemberitahuan pesan yang meminta Anda untuk mengaktifkan Firefox Suggest.

Mozilla telah bermitra dengan adMarketplace untuk menawarkan hasil yang disponsori kepada penggunanya. Tautan sponsor akan muncul di bagian bawah saran berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna.

Cara Mematikan Firefox Suggest. (HiTekno)
Cara Mematikan Firefox Suggest. (HiTekno)

Berikut cara mematikan Firefox Suggest di Mozilla Firefox:

  1. Klik tombol menu atas di Firefox
  2. Pilih Pengaturan Setting > Privacy and Security.
  3. Buka opsi Adress Bar > Firefox Suggest
  4. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan saran kontekstual, centang atau hapus centang pada kotak di samping Contextual Suggestions

Kalian juga dapat mematikan saran di bawah kolom pencarian alamat situs dengan mengikuti langkah Setting (Pengaturan) > Search (Cari) > hilangkan tanda centang di opsi "Show search suggestion in adress bar results ( Tampilkan saran pencarian di hasil bilah alamat)"

Itulah tadi deretan penjelasan mengenai cara mematikan Firefox Suggest di Adress Bar Mozilla, langkahnya mudah bukan?

Berita Terkait