Internet

Cara Cek Jaringan 5G Telkomsel, Apakah Ada di Kotamu?

Tawarkan kecepatan hingga ratusan Mbps, bagaimana cara cek jaringan 5G Telkomsel?

Rezza Dwi Rachmanta

Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)
Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)

Hitekno.com - Telkomsel sudah menyediakan jaringan 5G di Indonesia (untuk beberapa wilayah tertentu) sejak kuartal kedua 2021. Berikut ini kami akan memberikan deretan langkah mudah mengenai cara cek jaringan 5G Telkomsel.

Perusahaan telah menghadirkan jaringan 5G di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan. Mereka kemudian mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan menghadirkan layanan 5G ke Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar pada Juni lalu.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, jaringan 5G Telkomsel merupakan teknologi seluler generasi kelima yang dapat dinikmati menggunakan smartphone 5G di cakupan area khusus dan terbatas.

Jaringan 5G Telkomsel sendiri beroperasi di frekuensi n40 (2.300 MHz). Berdasarkan klaim perusahaan, secara teori sinyal 5G bisa memberikan kecepatan download hingga 400 Mbps untuk layanan Orbit dan hingga 750 Mbps untuk mobile.

Meski begitu, rata-rata pengalaman download bisa mencapai kecepatan hingga 100 Mbps – 250 Mbps, tergantung pada kualitas sinyal dan kapabilitas perangkat 5G.

Ilustrasi 5G. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi 5G. (Pixabay/ mohamed Hassan)

Perusahaan telah menggelar jaringan 5G untuk beberapa wialyah tertentu di Indonesia. Wilayah tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu kluster residensial dan 5G Hotspot.

Deretan kluster residensial termasuk Alam Sutera (Banten), Bumi Serpong Damai (Banten), Kelapa Gading (DKI Jakarta), Pantai Indah Kapuk (DKI Jakarta), Pondok Indah (DKI Jakarta), Widya Chandra (DKI Jakarta), Menteng (DKI Jakarta), Setia Budi (Medan) dan Balai Kota Surakarta.

Sementara 5G Hotspot Telkomsel tersebar di GraPARI Merah Putih (Medan), GraPARI Batam Center (Kepulauan Riau), GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Bandung), Telkom University (Bandung), GraPARI Solo, GraPARI Pemuda (Surabaya), GraPARI Renon (Denpasar), GraPARI Mal Balikpapan Baru (Balikpapan), GraPARI Pettarani (Makassar).

Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)
Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)

Deretan wilayah yang disebutkan tersebut berdasarkan data yang diakses melalui situs resmi perusahaan pada September 2021. Tak menutup kemungkinan bahwa Telkomsel bakal menghadirkan jaringan 5G ke banyak wilayah lain dalam beberapa waktu mendatang.

Berikut cara cek jaringan 5G Telkomsel:

  1. Kunjungi situs resmi Telkomsel khusus untuk mengecek cakupan 5G melalui link ini.
  2. Situs Check 5G Telkomsel akan mengarahkan pengguna menuju tampilan peta. Jika menggunakan HP, kalian dapat mengaktifkan pendeteksian lokasi terlebih dahulu.
  3. Jika fitur pendeteksi lokasi di HP sudah aktif, maka portal bakal mengarah langsung ke titik lokasi saat ini. Setelah Pinpoint sudah cocok di lokasi kalian, klik tombol "Cek" berwarna merah.
  4. Apabila menggunakan laptop dan fitur pendeteksi lokasi belum aktif, maka kalian dapat memasukkan alamat secara manual melalui kolom Search (ditandai dengan ikon kaca pembesar). Isi alamat atau kota kalian, kemudian klik tombol "Cek".


Situs resmi Telkomsel akan memberikan notifikasi apabila jaringan 5G sudah berada di wilayah kita. Sebaliknya, situs bakal memberikan pernyataan "Maaf, lokasi belum terjangkau 5G" jika jaringan 5G Telkomsel tidak tersedia di wilayah kalian.

Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)
Cara cek jaringan 5G Telkomsel. (Telkomsel.com)

Apabila jaringan 5G Telkomsel masih belum tersedia di kota Anda, kalian dapat segera klik tombol "Beritahu Saya" yang berwarna merah.

Kita akan diminta untuk memasukkan nomor HP, email, dan informasi mengenai kota atau kabupaten. Setelah daftar informasi dikirim, kita dapat menerima notifikasi dari perusahaan apabila jaringan 5G Telkomsel sudah tersedia.

Tak hanya melalui situs resmi perusahaan, kita dapat mengecek ketersediaan jaringan 5G Telkomsel lewat situs nPerf. Situs tersebut menawarkan sebaran jaringan internet Telkomsel di seluruh Indonesia.

Jaringan 3G ditandai dengan warna hijau, 4G berwarna oranye, 4G+ berwarna merah, dan jaringan 5G berwarna ungu. Cara cek jaringan 5G Telkomsel melalui situs nPerf bisa diakses lewat link ini. 

Itulah tadi deretan informasi mengenai cara cek jaringan 5G Telkomsel, langkahnya mudah sekali bukan?

Berita Terkait