7 Browser Ringan untuk Android Agar Hemat Battery dan Kuota

Cari browser ringan untuk Android, cek rekomendasi aplikasi ini.

Agung Pratnyawan
Rabu, 15 September 2021 | 14:41 WIB
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Hampir semua orang pasti pernah merasakan HP lemot sangat melakukan pencarian di Internet. Hal ini bisa dikarenakan aplikasi browser yang kita gunakan terlalu berat. Namun tenang ada browser ringan untuk Android.

Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi browser yang ringan sangat disarankan. Bahkan dengan kapasitas tidak lebih dari 10 MB, Kamu sudah bisa menggunakan aplikasi browser yang ringan tanpa khawatir HP nge-lag.

Ada beberapa browser ringan untuk Android yang memiliki performa yang stabil, tampilan yang sangat menarik, serta penggunaan yang mudah sehingga tidak menyulitkan para penggunanya.

Baca Juga: 4 Browser Paling Ringan Untuk Laptop, Cepat dan Aman

Kamu bisa mendapatkan pengalaman browsing menyenangkan sekaligus memperpanjang usia baterai perangkat dengan pilihan browser ini.

Fitur yang tersedia juga cukup lengkap, tak kalah dengan fitur lain pada browser yang lebih besar ukurannya seperti adblock, kompres data, dan masih banyak lagi. Berikut browser ringan untuk Android yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Firefox Browser

Baca Juga: Cara Transfer File iPhone ke Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Browser Ringan untuk Android - Firefox Browser. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - Firefox Browser. (Google Play Store)

Salah satu browser paling populer di dunia adalah Firefox dan untuk menjangkau lebih banyak pengguna, browser buatan Mozilla ini menghadirkan Firefox Browser.

Firefox sendiri dikenal karena teknologi Quantum-nya yang menggabungkan fungsi browsing terbaik dengan user-interface yang lebih intuitif. Sesuai namanya, Firefox Browser dirancang dengan fitur penghemat data.

Browser ringan untuk Android ini juga memungkinkan pengguna untuk memblokir gambar dari situs tertentu, menggunakan mode Turbo untuk memblokir iklan dan screenshot untuk membaca offline.

Baca Juga: Mint Browser Diluncurkan Xiaomi, Si Kecil Gesit

2. UC Browser Mini

Browser Ringan untuk Android - UC Browser Mini. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - UC Browser Mini. (Google Play Store)

Browser ringan untuk Android ini merupakan versi ‘minimalis’ dari UC Browser yang tidak hanya berukuran kecil (hanya di kisaran 30 MB), namun juga cepat dan dibekali dengan fitur yang lengkap seperti Data Saving, Adblock dan banyak lagi.

Secara fungsi, ini tidak jauh berbeda dengan UC Browser biasa. Satu-satunya perbedaan hanya terletak pada fakta bahwa UC Browser Mini didesain secara khusus untuk bisa mengkompres data sehingga hemat kuota dan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Aplikasi Browser Terbaik Paling Irit Kuota

3. Opera Mini

Browser Ringan untuk Android - Opera Mini. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - Opera Mini. (Google Play Store)

Opera Mini pada dasarnya dirancang untuk platform Java ME sebagai versi low-end dari Opera biasa. Fitur utama dari Opera Mini situs atau halaman yang diakses akan melewati server proxy Opera Software terlebih dahulu untuk dikompres, sehingga kecepatan akses bisa 2 hingga 3 kali lebih cepat dari biasanya. Di luar itu, browser berukuran 27MB ini sama seperti browser pada umumnya.

4. Google GO

Browser ringan untuk Android ini bukan versi ringan dari Chrome, melainkan browser tersendiri yang menjadi bagian dari beragam aplikasi GO dari Google, yang ditujukan untuk perangkat low-end.

Google GO telah diunduh sebanyak 100 juta kali dan pada dasarnya merupakan cara yang lebih ringan dan cepat untuk browsing via Google dengan hasil pencarian yang dioptimalkan untuk menghemat kuota hingga 40 persen.

Lebih lanjut, user-experience yang ditawarkan juga serupa dengan aplikasi Google biasa. Browser ringan untuk Android ini hanya berukuran 17 MB saja.

5. DuckDuckGo Privacy Browser

Browser Ringan untuk Android - DuckDuckGo. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - DuckDuckGo. (Google Play Store)

DuckDuckGo adalah antitesisnya Google. Jika Google lebih suka mengoleksi data penggunanya, DuckDuckGo tidak demikian. DuckDuckGo akan melindungi data privasi dan mengenkripsi penelusuran kamu, bahkan dari pihak ketiga sekalipun.

Karena saking menjaga privasi pengguna, maka browser ini tidak menyimpan history penelusuran kamu. Untuk mengantisipasinya, kamu dapat menggunakan fitur Bookmark untuk menyimpan alamat link website, bilamana kamu ingin mengunjunginya kembali.

6. Dolphin Browser

Browser Ringan untuk Android - Dolphin Web Browser. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - Dolphin Web Browser. (Google Play Store)

Dengan ukurannya yang hanya 10 MB, browser ini tidak akan membuat smartphone kamu keberatan. Bahkan ketika dioperasikan untuk membuka banyak tab, browser satu ini tetap memberikan performa stabil dengan koneksi yang cepat.

Terdapat fitur add on, serta fitur pengubah tampilan web ke format PDF secara otomatis. Untuk smartphone dengan RAM hanya 1GB, browser satu ini tetap kompatibel untuk digunakan.

7. Brave Browser

Browser Ringan untuk Android - Brave Browser. (Google Play Store)
Browser Ringan untuk Android - Brave Browser. (Google Play Store)

Brave Browser adalah salah satu browser Android terbaru yang diluncurkan pada tahun 2016 dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Brave Browser menyediakan adblock serta dapat memblokir cookie pihak ketiga, memblokir script, dan memiliki pengaturan per-situs untuk kamu yang membutuhkannya.

Browser ringan untuk Android ini juga menawarkan optimalisasi untuk peningkatan kecepatan dan masa pakai baterai. Brave Browser sangat fungsional dan sangat mudah digunakan. Ini juga memiliki sebagian besar fitur basic seperti bookmark, riwayat, ekstensi, dan mode privasi (incognito).

Nah, itu dia 7 browser ringan untuk Android terbaik yang dapat dicoba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak