Gadget

3 Cara Menghapus Aplikasi di Android, Gunakan Metode Ini

Mudah, ini cara menghapus aplikasi di Android.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Tahu bagaimana cara menghapus aplikasi di Android dengan mudah? Bagi kamu pengguna HP Android pasti memiliki bermacam-macam aplikasi di smartphone. Entah itu aplikasi bawaan atau aplikasi yang diunduh sendiri.

Tak heran jika saking banyaknya aplikasi, sering kali ada beberapa yang tidak terpakai. Banyak aplikasi yang tidak dipakai, hanya membuat kapasitas penyimpanan penuh.

Hal itulah yang membuat beberapa orang ingin menghapus aplikasi bawaan pada smartphone. Ternyata masih banyak pengguna HP Android yang belum tahu cara menghapus aplikasi.

Untuk menghapus aplikasi di Android memang tak semudah yang dikira. Biasanya ada sejumlah file dan folder yang masih menyangkut di smartphone bahkan saat kita sudah uninstall aplikasi.

Ini dikenal sebagai file sisa atau leftover files dan seiring berjalannya waktu dapat mengisi storage hingga memperlambat HP kamu. Berikut cara menghapus aplikasi di Android yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Cara Menghapus aplikasi di Android Secara Manual

Kamu bisa menghapus file-file sisa itu sendiri secara manual. berikut beberapa langkahnya:

  • Sebelum melakukan uninstall aplikasi, buka Settings perangkat dan pilih opsi Apps.
  • Dari sana pilih aplikasi yang akan diuninstall.
  • Lebih baik jika kamu mengklik opsi Clear Data dan pilih Clear Cache.
  • Cara menghapus aplikasi di Android ini akan menghapus data tambahan yang diinstal aplikasi.

Cara Menghapus aplikasi di Android dengan Google Play Store

Menghapus aplikasi di Android bisa membantu untuk melonggarkan memori internal smartphone. Cara menghapus aplikasi bawaan di Android juga bisa dilakukan lewat Google Play Store.

  • Buka Google Play Store, kemudian klik foto profil akun Google kamu.
  • Klik 'Kelola aplikasi & perangkat'.
  • Lalu, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus. Kemudian, buka aplikasi tersebut.
  • Cara menghapus aplikasi di Android selanjutnya, klik tombol 'Uninstall'. Meskipun tertulis uninstall, hal ini hanya menghapus pembaruan yang pernah dilakukan pada aplikasi.

Cara Menghapus Aplikasi di Android Tanpa Root

Berikut ini adalah alternatif cara menghapus aplikasi di Android yang merupakan bloatware atau aplikasi bawaan smartphone.

  • Buka smartphone dan pergi ke menu setting/pengaturan.
  • Kemudian pilih menu aplikasi/apps/applications yang terdapat di dalam menu pengaturan. Di sana, kamu akan melihat berbagai aplikasi yang terpasang pada smartphone.
  • Setelah itu, klik aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan atau hapus. Sekedar informasi, untuk aplikasi bawaan android, ciri-cirinya adalah hanya terdapat 2 pilihan yang muncul pada aplikasi tersebut, yakni ‘Disable’ dan ‘Force Stop’.
  • Cara menghapus aplikasi di Android selanjutnya tap tombol ‘Disable’ untuk menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Namun jika aplikasi itu tidak dapat dihapus, maka cobalah tap tombol ‘Force Stop’ terlebih dahulu. Hal ini karena kemungkinan aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang sehingga harus dihentikan terlebih dahulu.
  • Kemudian sekali lagi klik ‘Disable’ lalu tekan OK.
  • Aplikasi bawaan smartphone android telah berhasil dihapus.

Itulah cara menghapus aplikasi di Android agar memori internal kamu menjadi lebih longgar lagi.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait