Gadget

2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Android, Tanpa Aplikasi Tambahan? Bisa!

Tinggal pilih mau pakai cara mengunci aplikasi di HP Android yang mana.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Android)
Ilustrasi HP Android. (Android)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Android, bisa dilakukan langsung maupun menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk saat ini posisi HP menjadi salah satu hal yang memiliki tingkat keprivasian cukup tinggi, tentu untuk melindungi keprivasian tersebut dari orang sekitar kita baik itu keluarga, pacar atau teman kalian bisa melakukan penguncian aplikasi agar tidak di akses sembarangan.

Hanya orang tertentu saja bahkan kalian sendiri yang bisa membuka aplikasi tersebut loh, seperti WhatsApp, galeri, Instagram dll. Inilah cara mengunci aplikasi di hp Android.

Seperti halnya WhatsApp kita juga terkadang berisi hal-hal yang tidak ingin di umbar, namun terkadang HP kita juga kerap dipinjam oleh kerabat atau saudara kita dan terkadang rasa khawatir kerap muncul ketika HP kita di explore orang lain.

Biar tidak semakin khawatir kalian bisa lakukan 2 cara mengunci aplikasi di HP Android biar semakin aman:

Cara Ke-1 Menggunakan Settingan HP

Sebagai contoh pada HP Realme

  1. Bukalah menu pilihan "Pengaturan/Setting" dengan icon "Gear" di HP kalian
  2. Kemudian pilihlah "Kata sandi & biometrik" 
  3. Selanjutnya di kolom bagian bawah klik menu "Kunci Aplikasi"
  4. Carilah aplikasi yang ingin kalian kunci aksesnya
  5. Setelah ditemukan, maka gulirlah bulatan di sebelah kanan aplikasi yang kalian pilih hingga berubah berwarna 
  6. Maka secara otomatis aplikasi tersebut terkunci dan membutuhkan akses berupa sidik jari, face unlock maupun PIN untuk membuka aplikasi tersebut.

 

Ilustrasi aplikasi Facebook. (Pixabay/ Thomas Ulrich)
Ilustrasi aplikasi Facebook. (Pixabay/ Thomas Ulrich)

Cara Ke-2 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

1. AppLock Pro - App Lock & Privacy Guard for Apps

Ketuk link ini jika kalian ingin mendownload aplikasi AppLock Pro DI SINI.

Pastikan kalian telah menginstal aplikasi tersebut, kemudian bukalah aplikasi AppLock Pro. Dihalaman depan akan ditampilkan beberapa menu fitur yang bisa kalian pilih. Kemudian pilih menu "Secure Your Apps", setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang bisa kalian kunci. Selanjutnya ketuklah icon "gembok" hingga gambar gembok tersebut tertutup. Untuk pengamanan nya bisa menggunakan PIN, pola, fingerprint bahkan face unlock.

2. AppLock - Lock Apps & Password

Ketuk link ini jika kalian ingin mendownload aplikasi AppLock ini DI SINI.

Di dalam aplikasi ini sama halnya dengan aplikasi sebelumnya kalian bisa menyetting beberapa aplikasi yang ingin kalian beri perlindungan akses dengan menggunakan PIN pola maupun fingerprint. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan beberapa tema background untuk tombol PIN maupun pola yang bisa kalian pilih.

Nah itulah dua cara mengunci aplikasi di hp Android kalian agar terhindar dari rasa khawatir dan was-was untuk menjaga keprivasian HP. Dengan mengunci aplikasi tersebut maka orang lain memerlukan izin dari kalian untuk membuka aplikasi tersebut. Selamat mencoba!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait