Gadget

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store

Memori HP Android kamu penuh? Ini cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store bagi pengguna HP Android. Terlebih buat yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas.

Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa aplikasi yang di unduh di smartphone bisa semakin besar kapasitasnya. Hal ini dikarenakan aplikasi yang terus dikembangkan atau update. Rutin update aplikasi juga memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan keamanan dan performa. Namun tak jarang jika update aplikasi otomatis membuat kita kesal.

Pasalnya update otomatis aplikasi di Google Play Store bisa membuat kuota kamu tiba-tiba habis. Bahkan saat sedang asik bermain smartphone tiba-tiba terganggu dengan update otomatis aplikasi.

Cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store pada HP Android cukup mudah. Setelah kamu mengetahui cara mematikan update aplikasi di Google Play Store kamu bisa memperbarui aplikasi jika diinginkan saja.

Berikut cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store

  • Buka Google Play pada smartphone kamu, pilih ikon tiga strip (navigation) kemudian pilih Settings.
  • Di Google Play Setting, ketuk pilihan Auto-update apps (pilihan paling atas).
  • Setelah itu cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store, akan muncul pop-up berisi tiga pilihan; Do not auto-update apps (jangan otomatis perbarui aplikasi), Auto-update apps at any time. Data charge may apply (Lakukan pembaruan secara otomatis, kapanpun) dan yang ketiga adalah Auto-update apps over Wi-Fi only (Hanya lakukan pembaruan saat terhubung dengan Wi-Fi).
  • Pilihlah yang pertama (Do not auto-update apps). Dengan begini, kamu akan memperbarui aplikasi secara manual.

Jika kamu ingin ponsel memperbarui aplikasi secara otomatis namun tidak memakai kuota data, pilih opsi Auto-update apps over Wi-Fi only. Hal ini akan membuat smartphone kamu baru akan memperbarui aplikasi jika terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Cara Update Aplikasi Secara Manual di Google Play Store

  • Masuk ke menu navigation, pilih Apps & games category, lalu pilih My Apps & games.
  • Kamu akan melihat tab view di aplikasi, yakni berbagai aplikasi yang terpasang di smartphone. Pada bagian Installed, akan ada kategori Updates, Recently Updates, dan Up-to-date.
  • Aplikasi yang bisa diperbarui terletak di bagian paling atas. Kamu bisa pilih untuk memperbarui satu per satu aplikasi tersebut atau memperbarui semuanya sekaligus dengan memilih Update All (pilihan paling atas).

Cara Update Aplikasi Otomatis Jika Ada Wifi di Google Play Store

Selain update aplikasi secara otomatis, kamu bisa mengatur untuk mengupdate aplikasi secara otomatis hanya saat perangkat terhubung pada Wi-Fi. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Play Store di smartphone Android.
  • Klik ikon profil di kanan atas.
  • Pilih menu "Setelan".
  • Lalu klik "Preferensi Jaringan" dan pilih "Update aplikasi secara otomatis".
  • Pilih salah satu opsi untuk mengupdate aplikasi secara otomatis: Update aplikasi hanya melalui Wifi, hanya saat terhubung ke Wi-Fi.
  • Untuk update aplikasi otomatis hanya saat terhubung Wifi silahkan pilih opsi dua.

Jangan lupa untuk perbarui aplikasi kamu, karena performa aplikasi sangat ditentukan apakah aplikasi tersebut dalam versi baru atau tidak. Oleh karena itu, tetap perbarui aplikasi prioritas kamu meski memakai kuota.

Itulah bagaimana Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store pada HP Android.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait