Gadget

5 Aplikasi Screenshot Panjang untuk HP Android

Pilih salah satu dari rekomendasi aplikasi screenshot panjang ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Tahu bagaimana menangkap gambar di layar smartphone atau screenshot secara penuh sebuah hamalan website dari atas ke bawah? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Screenshot Panjang di HP Android.

Teknologi screenshot tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna gadget. Screenshot menjadi fitur wajib yang harus ada di setiap smartphone. Dengan fitur screenshot, kamu bisa menyimpan tampilan sebuah web atau percakapan dalam bentuk gambar.

Beberapa merek smartphone memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot panjang panjang. Misalnya, kamu bisa screenshot sebuah tampilan web secara utuh tanpa terpotong. Fitur seperti ini pastinya menarik dan memudahkan kamu untuk menyimpan tangkapan layar dengan praktis.

Beberapa HP Android yang sudah memiliki fitur bawaan untuk bisa melakukan screenshot panjang diantaranya Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Huawei, dan beberapa merk lainnya. Jika smartphone kamu belum dilengkapi dengan fitur screenshot panjang, tak perlu khawatir.

Kamu bisa menginstall aplikasi tambahan yang tersedia di Play Store. Berikut rekomendasi aplikasi screenshot panjang untuk HP Android yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Web Scroll Capture

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Web Scroll Capture. (Google Play Store)

Web Scroll Capture adalah aplikasi untuk melakukan screenshot panjang. Aplikasi screenshot panjang di HP ini juga tergolong mudah digunakan. Kamu tinggal buka aplikasi tersebut, lalu memasukan alamat website, kemudian tinggal pilih screenshot yang posisinya ada di bagian kanan bawah. Hal menarik dari aplikasi ini adalah hadirnya tiga opsi yang bisa dipilih.

Opsi pertama adalah "Download this page completely". Fitur ini berfungsi untuk mengunduh halaman secara lengkap. Opsi kedua adalah "Capture as PDF". Opsi ini berfungsi untuk screenshot dengan hasil format PDF. Opsi ketiga adalah "Capture as Image" yakni hasil screenshot berupa gambar.

2. Screen Master

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Screen Master. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Screen Master. (Google Play Store)

Aplikasi screenshot panjang yang satu ini tidak kalah menarik. Screen Master menjadi aplikasi yang multifungsi karena selain bisa melakukan screenshot panjang, aplikasi ini mampu mengambil screenshot dengan cepat tanpa menekan tombol fisik.

Menariknya, hasil screenshot dengan Screen Master bisa di-edit sesuai dengan keinginan kamu. Seperti menambahkan stiker, teks, lingkaran, garis, tanda panah, dan masih banyak yang lainnya lagi.

3. LongShot

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - LongShot. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - LongShot. (Google Play Store)

LongShot merupakan aplikasi screenshot panjang yang praktis. Aplikasi screenshot panjang ini sangat mudah digunakan dan tidak memberikan watermark pada hasil screenshot-nya.

Selain itu aplikasi LongShot juga memiliki ukuran yang ringan yaitu hanya 5,7 MB saja. Di Google Play Store aplikasi ini cukup populer terbukti dari jumlah unduhannya mencapai 1 juta lebih.

4. Stitch & Share

Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Stitch & Share. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP - Stitch & Share. (Google Play Store)

Stitch & Share Longer Screenshot bisa melakukan screenshot panjang dengan cara menggeser aplikasi.  Aplikasi Stitch & Share juga dibekali fitur untuk mengedit hasil screenshot. Seperti fitur untuk mencoret dan mengubah warna teks, atau menghapus bagian pada hasil tangkapan.

5. Web Screenshots for Android

Aplikasi Screenshot Panjang di HP -Web Screenshots for Android. (Google Play Store)
Aplikasi Screenshot Panjang di HP -Web Screenshots for Android. (Google Play Store)

Web Screenshots for Android merupakan aplikasi screenshot panjang yang ringan dengan ukuran sekitar 1,5 MB. Dengan Aplikasi screenshot panjang ini kamu tidak perlu repot-repot lagi menggabungkan gambar hasil screenshot kamu karena aplikasi ini bisa menangkap layar secara horizontal dan vertikal.

Itulah rekomendasi aplikasi screenshot panjang yang bisa kamu install. Jadi apa kamu sudah memutuskan mau install aplikasi yang mana? Selamat mencoba!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait