Gadget

Cara Menulis Pinyin di Microsoft Word, Gunakan Metode Ini

Mudah, ini cara menulis Pinyin di Microsoft Word.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah cara menulis Pinyin di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan untuk membuat kartu flash, label, lembar kerja, dan dokumen apa pun sehingga akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Mandarin.

Seperti yang kita ketahui, Bahasa Mandarin lebih sulit dipelajari karena dalam bahasa Mandarin terdapat ribuan karakter yang perlu diketahui. Oleh sebab itu bagi sebagian orang, belajar Bahasa Mandarin menjadi sebuah kegiatan yang cukup menantang untuk dilakukan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, bagi kamu yang baru ingin belajar Bahasa Mandarin kamu bisa mencoba cara belajar Pinyin. Cara belajar bahasa Mandarin dengan menggunakan sistem alfabet Pinyin diketahui lebih mudah diingat dan dilafalkan.

Hanyu Pinyin atau sering disingkat Pinyin dalam bahasa Mandarin adalah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

Atau dengan kata lain, Pinyin merupakan sebuah sistem khusus agar orang-orang yang baru ingin belajar tentang bahasa Mandarin bisa memahami pelajarannya dengan lebih mudah dan cepat.

Sistem alfabet ini mampu mewakili setiap hanzi atau karakter Mandarin agar lebih mudah dipelajari dan memudahkan sistem komunikasi serta menyatukan dan menyamakan bahasa semua suku bangsa di Cina.

Biasanya Pinyin juga digunakan oleh orang Tiongkok untuk mengetik hanzi atau karakter Mandarin di komputer atau smartphone. Kamu juga bisa loh menulis Pinyin di Microsoft Word pada perangkat kamu. Penulisan Pinyin sama dengan alfabet di bahasa Indonesia. Namun ejaan dan pengucapannya saja yang berbeda.

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Gimana? Tertarik untuk mulai belajar Pinyin? Nah bagi kamu yang ingin mengetahui bentuk alfabet untuk mempermudah proses belajar membaca atau mengeja huruf Mandarin, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk cara menulis Pinyin di Microsoft Word :

  1. Pastikan perangkat yang kamu gunakan terhubung dengan jaringan internet untuk melakukan proses install karakter Mandarin
  2. Setelah itu klik tombol Windows
  3. Kemudian ketik Language dan pilih menu Region & language settings
  4. Maka akan muncul tampilan untuk menambahkan atau install karakter baru, klik tanda tambah ( + ) tombol Add a language
  5. Ketika muncul pilihan bahasa yang ingin ditambahkan, ketikkan keyword untuk mempercepat pencarian bahasa lalu pilih bahasa Chinese ( Simplified, China )
  6. Kemudian klik Next
  7. Pilih opsi tipe install yang kamu inginkan dan klik tombol Install
  8. Selanjutnya tunggu hingga proses instalasi selesai
  9. Apabila proses install sudah berhasil, sekarang kamu tinggal memilih karakter Mandarin dengan klik tombol bahasa (ENG) pada pojok kanan bawah window lalu Klik bahasa Chinese untuk memperbarui Pengaturan bahasa
  10. Selanjutnya untuk cara menulis Pinyin di Microsoft Word, Buka aplikasi Microsoft Word
  11. Lalu pada menu bar yang ada di bagian atas, klik Word
  12. Kemudian pilih opsi Preferensi
  13. Lalu klik pada opsi East Asian Languages
  14. Selanjutnya pilih Simplified Chinese karena Opsi Pinyin tidak akan berfungsi tanpa terlebih dahulu mengubah opsi ini
  15. Lalu tambahkan Pinyin ke teks sesuai dengan keinginan kamu
  16. Setelah itu klik menu Format
  17. Lalu pilih opsi Asian Layout
  18. Dan klik opsi Phonetic guide
  19. Setelah itu Ubah perataan menjadi Centered dan sesuaikan ukuran Pinyin
    Selesai! Sekarang Pinyin telah ditambahkan

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk cara menulis Pinyin di Microsoft Word dengan mudah. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait