Cara Mendapatkan Aplikasi Word Gratis dan Alternatifnya

Tak hanya mendapatkan aplikasi Word gratis, namun ada alternatif layanan lain.

Agung Pratnyawan
Selasa, 07 Desember 2021 | 15:31 WIB
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Berikut ini aplikasi word gratis yang bisa kamu gunakan untuk pengolahan teks, dokumen, laporan dan lain sebagainya sehingga tugas-tugas sekolah maupun pekerjaan kamu bisa kamu selesaikan dengan cepat. Seperti yang kita ketahui program-program pada Microsoft Office sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai macam tugas mulai dari yang berhubungan dengan pengolahan kata, menghitung, membuat presentasi dan masih banyak tugas lainnya.

Saat ini program dari Microsoft Office yang populer dan menjadi andalan dalam program pengolah kata adalah Microsoft Word. Microsoft Word pertama dirilis pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix dan dikembangkan untuk Microsoft Windows pada 1989. Kemudian menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word lalu di ubah kembali pada Office 2013 menjadi Word.

Seiring dengan berjalannya waktu, hingga kini Microsoft Word sendiri tidak hanya sebatas digunakan untuk mengolah kata saja. Tetapi Microsoft Word juga sering dimanfaatkan untuk menghitung bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak tepat. Oleh karena itu semakin banyak orang yang memanfaatkan aplikasi word gratis untuk melakukan proses pengetikan agar lebih optimal dan tentu saja kamu jadi bisa menghemat waktu dan tenaga ya.

Baca Juga: 4 Aplikasi PDF to Word Gratis, Banyak Opsi Pengaturannya!

Selain itu aplikasi word gratis juga bisa meminimalisir kesalahan penulisan karena program Microsoft Word bisa membetulkan kata-kata yang tidak tepat atau salah tulis. Pokoknya tidak perlu diragukan lagi ya, semua pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan kata bisa dikerjakan secara mudah dengan bantuan program Microsoft Word ini.

Gimana? Mulai tertarik menggunakan aplikasi word gratis? Kalau begitu, berikut ini adalah cara mendapatkan dan menggunakan aplikasi word gratis yang bisa kamu lakukan dengan mudah :

1. Microsoft Office Online

Baca Juga: Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah dan Cepat

Microsoft Office. (Microsoft)
Microsoft Office. (Microsoft)

Kamu bisa mengakses microsoft.com untuk mendapatkan aplikasi word gratis secara online. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mulai menggunakan Word pada Microsoft Office Online ini adalah menyiapkan akun microsoft.com agar kamu bisa register dan login secara gratis.

Tidak ada perbedaan yang akan kamu rasakan antara fitur yang diberikan Microsoft Office Online ini dengan yang terinstall di PC ataupun laptop kamu.

Layanan yang tersedia pun cukup lengkap, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Sway, Mail, hingga OneDrive. Namun karena sifatnya yang gratis, maka ada beberapa fitur yang hilang.

Baca Juga: Mendeley untuk Word 2007, Manajemen Referensi Populer

Program Word pada Microsoft Office Online ini, tidak bisa kamu gunakan untuk mengakses WordArt, text box, equation, dan chart. Namun hal tersebut tentu saja tidak akan mengurangi secara keseluruhan fungsi dari Word, karena kamu masih bisa menggunakan fitur lainnya secara online dan gratis serta bisa di akses dari manapun. Cukup menarik bukan?

2. Bundling Perangkat

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)

Sekarang ini hampir semua perangkat laptop yang dijual dipasaran telah di bundling bersama Operating System Windows berikut dengan Microsoft Office nya.

Baca Juga: Gunakan 5 Situs Ini untuk Mengubah File PDF ke Word Online Free

Namun yang perlu kamu perhatikan, kamu harus tetap membaca spesifikasi dari laptop tersebut ya sebelum membelinya. Untuk memastikan apakah perangkat laptop tersebut sudah bundling berikut dengan Microsoft Office Words atau tidak.

Cara mendapatkan aplikasi word gratis ini bisa kamu gunakan apabila kamu sama sekali belum memiliki perangkat Laptop ataupun CPU. Jadi, bila kamu hendak membeli nya, cukup disarankan untuk memilih yang sudah di paket kan dengan Operating Sistem Windows dan juga Microsoft Office. Dengan begitu kamu memiliki Microsoft Word secara gratis dan legal.

3. Google Docs

Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

Google Docs merupakan aplikasi word gratis berbasis web yang dikembangkan langsung oleh Google. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini cukup lengkap dan bisa digunakan untuk mengganti program Microsoft Word bahkan Microsoft Office.

Kelebihan aplikasi ini adalah semua hasil pengetikan yang kamu lakukan akan disimpan pada Google Drive sehingga kamu bisa membuka hasil pekerjaan mengetik kamu di perangkat apapun dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan apabila ingin mendapatkan aplikasi word gratis untuk memudahkan pekerjaan mengetik kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak