Internet

2 Cara Edit Tulisan PDF ke Word, Pilih Offline atau Online

Mudah pakai saja salah satu dari cara edit tulisan PDF ke Word ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi PDF ke Word. (Pixabay)
Ilustrasi PDF ke Word. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dengan mudah apabila ingin edit tulisan PDF ke Word. PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Fungsi file PDF sendiri untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar dan link dengan format khusus yang hanya bisa dibuka pada perangkat yang memiliki program khusus.

PDF biasanya digunakan untuk membuat surat resmi atau dokumen penting karena file dalam format PDF lebih sulit apabila ingin dilakukan proses pengeditan. Dan salah satu cara yang bisa kamu lakukan apabila memiliki file PDF yang akan di edit, maka kamu bisa langsung membuka file tersebut pada program Microsoft Word sehingga kamu bisa mengedit file tersebut dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang memiliki banyak fitur mudah dan bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen. Nah, untuk kamu yang memiliki file PDF yang ingin diedit, berikut ini cara untuk edit tulisan PDF ke Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

1. Edit tulisan PDF ke Word menggunakan Aplikasi Microsoft Word

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Aplikasi Microsoft Word sendiri bisa digunakan untuk edit tulisan PDF ke Word loh! Program Microsoft Word pasti sudah otomatis terpasang di perangkat yang kamu miliki entah itu komputer atau laptop, sehingga untuk bisa melakukan edit tulisan PDF ke Word kamu tidak perlu memasang aplikasi tambahan lainnya pada perangkat kamu.

Selain itu kamu juga jadi bisa edit tulisan PDF ke Word dengan mudah tanpa perlu sambungan internet. Cara untuk edit tulisan PDF ke Word melalui Aplikasi Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu
  • Kemudian klik File
  • Lalu pilih file PDF yang ingin kamu edit
  • Selanjutnya klik Open maka Microsoft akan menampilkan pesan peringatan kepada kamu berupa : "Word will now convert your PDF to an editable Word document. This may take a while. The resulting Word document will be optimized to allow you to edit the text, so it might not look exactly like the original PDF, especially if the original file contains lots of graphics."
  • Klik OK untuk memulai proses konversi PDF ke Word sehingga kamu bisa edit tulisan PDF ke Word
  • Selesai! Sekarang kamu bisa memulai edit tulisan sesuai dengan keinginan kamu

2. Edit tulisan PDF ke Word menggunakan situs konversi PDF online

Situs Ilovepdf. (Ilovepdf.com)
Situs Ilovepdf. (Ilovepdf.com)

Untuk edit tulisan PDF ke Word kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan situs konversi PDF online. Saat ini sudah banyak situs konversi PDF online yang menyediakan layanan untuk mengkonversi file PDF menjadi berbagai macam format, salah satunya yaitu menjadi dokumen Word. Salah satu situs konversi PDF online yang bisa kamu kunjungi yaitu ilovepdf.com.

Ilovepdf.com merupakan platform spesialis untuk format PDF. Di dalam platform ini, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti menggabungkan file PDF, memecah halaman PDF, mengkompress file PDF menjadi lebih kecil, dan mengkonversi format PDF menjadi sejumlah format lain di antaranya dari PDF ke JPG, PDF ke WORD, daan masih banyak lainnya.

Langkah-langkah untuk edit tulisan PDF ke Word melalui Ilovepdf.com yaitu:

  • Buka situs website ilovepdf di https://www.ilovepdf.com/id pada browser kamu
  • Kemudian Upload file PDF yang ingin kamu edit
  • Lalu klik tombol PDF to Word untuk melakukan edit tulisan PDF ke Word
  • Selanjutnya maka kamu bisa Download hasil file yang sudah dikonversi
  • Setelah itu Buka file tersebut dengan Microsoft Word, dan kamu bisa mengedit tulisan sesuai dengan keinginan kamu

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk edit tulisan PDF ke Word sehingga bisa mendukung produktivitas kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait