Gadget

Cara Memisahkan File PDF, Berikut Rekomendasi Aplikasi Offline dan Website

Berikut ini cara memisahkan file PDF, tinggal pilih mau aplikasi apa website.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

Hitekno.com - Kalian tengah membuat laporan dan telah diubah menjadi Format PDF? Atau membuat tulisan ilmiah dengan jumlah halaman yang sangat banyak? Namun kalian ingin mengeprint atau ingin membagikan beberapa halaman saja kepada rekan kalian tanpa harus mengirimkan file PDF secara keseluruhan? Tak perlu bingung berikut cara memisahkan file PDF Melalui aplikasi offline dan via website, yuk kita simak.

PDF merupakan kepanjangan dari Portable Document Format merupakan fitur atau format yang dikembangkan oleh Adobe System pada 1993. Biasanya seseorang yang melakukan pengetikan dengan jumlah yang cukup banyak dalam bentuk word kadangkala ketika akan di print dan melalui Windows dengan versi yang berbeda akan menghasilkan print out yang berbeda seperti format ukuran kertas maupun merubah format penulisan. 

Maka untuk mengatasi hal tersebut banyak penulis menyimpan format penulisan mereka dalam bentuk PDF agar tidak berubah berubah ketika di print maupun hendak dibagikan kepada rekan mereka. Selain itu hal ini juga menjadi salah satu cara agar file tidak mudah diotak-atik oleh pihak yang tidak berwenang. 

Namun setelah format penulisan diubah menjadi PDF banyak orang yang kesulitan untuk memisahkan per halaman dikarenakan ketika format word dipindah menjadi PDF akan tersimpan menjadi satu kesatuan dan ketika di print juga akan terprint semuanya. Namun jika kalian ingin memisahkan setiap halaman kalian juga bisa melakukan dengan beberapa cara di bawah ini, berikut cara memisahkan file PDF:

Cara Ke-1 Melalui Website SmallPDF

Website SmallPDF. (SmallPDF)
Website SmallPDF. (SmallPDF)

Smallpdf menjadi salah satu website yang bisa kalian pilih untuk mengedit file PDF agar bisa terpisah untuk setiap halamannya. Bahkan panduan yang dihadirkan dalam aplikasi ini juga terbilang cukup sederhana dan mudah dipahami untuk para pengguna barunya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuklah ke browser kalian (Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain-lain) atau klik link ini https://smallpdf.com/id/ pisahkan-pdf 
  2. Lalu carilah menu pilihan "lihat semua alat PDF" > "Pisahkan PDF"
  3. Klik menu pilihan "Pilih File" dengan icon "+" 
  4. Kemudian kalian akan dibawa ke file manager perangkat kalian saat ini, lalu pilihlah file PDF yang ingin kalian edit atau pisahkan
  5. Setelah file terpilih lalu klik menu pilih  "ekstrak halaman" lalu tunggu beberapa saat klik kembali "ekstrak"
  6. Tunggulah beberapa saat hingga file tersebut siap untuk didownload atau diunduh, lalu pilihlah beberapa halaman yang ingin kalian simpan atau kalian juga bisa memilih halaman keseluruhan lalu unduh.


Cara Ke-2 Aplikasi Offline Plite

Aplikasi Plite. (Google Play Store)
Aplikasi Plite. (Google Play Store)

Selain dengan menggunakan website online yang mengharuskan kalian memiliki paket data untuk mengedit file tersebut jika kalian keberatan atau tidak memiliki akses internet kalian juga bisa mendownload aplikasi offline pemisah file PDF ini, berikut rekomendasi aplikasi offline pemisah file PDF:

Aplikasi Plite: PDF Viewer, PDF Utility dan PDF to Image.

Aplikasi ini menjadi aplikasi yang bisa kalian download melalui Google Playstore atau HP Android kalian. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kalian telah memiliki aplikasi Plite ini, jika kalian belum miliki maka downloadlah melalui Google Playstore 
  2. Kemudian setelah aplikasi terinstal bukalah aplikasi tersebut
  3. Perlu kalian akan diberikan beberapa menu pilihan kalian bisa memilih "PDF Tools"
  4. Selanjutnya cari menu pilihan "Split PDF"
  5. Kemudian kalian akan dibawa ke file manager lalu pilihlah file PDF yang ingin kalian edit atau kalian pisahkan
  6. Lalu pilihlah menu pilihan "specific page"
  7. Selanjutnya pilih lah halaman yang ini kalian simpan
  8. Jika telah terpilih halaman yang ingin kalian simpan jangan lupa untuk memberi nama file tersebut lalu klik "save".


Nah itulah beberapa cara memisahkan file PDF Melalui aplikasi offline maupun via website yang bisa kalian tempuh. Dan cara-cara di atas juga terbilang sebagai cara yang cukup ampuh dan mudah untuk dipahami bagi para pengguna barunya. Kira-kira cara mana nih yang paling cocok dengan kalian? Selamat mencoba semoga berhasil. 

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait