Gadget

3 Aplikasi Edit PDF ke Word Gratis, Mudah Dipakainya

Mudah, gunakan salah satu aplikasi edit PDF ke Word gratis ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi PDF ke Word. (Pixabay)
Ilustrasi PDF ke Word. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah aplikasi edit PDF ke Word gratis yang bisa kamu gunakan untuk merubah file PDF kamu menjadi dokumen Word sehingga memudahkan kamu apabila ingin melakukan proses pengeditan.

Dalam proses pembuatan dokumen ada beberapa pilihan format yang biasa digunakan seperti file dalam format doc atau docx yang biasa digunakan untuk file dokumen yang dibuat menggunakan program Microsoft Word, format JPG untuk file yang berupa gambar, dan masih banyak format file lainnya.

Selain itu ada juga format PDF atau Portable Document Format yang saat ini banyak digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen digital karena dianggap lebih praktis. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, gambar raster/bitmap (JPEG, PNG, GIF, BMP, dll) dan grafik vektor dua dimensi.

Namun dokumen yang kamu buat dalam format PDF memang bener-benar untuk dilihat sebagai dokumen digital saja, bukan untuk sewaktu-waktu bisa diedit atau diubah. Karena file dalam format PDF akan lebih sulit untuk diubah.

Tapi kamu tetap bisa kok apabila ingin melakukan perubahan pada file PDF kamu tersebut, dengan cara merubah file PDF tersebut menjadi dokumen Word dengan memanfaatkan aplikasi edit PDF ke Word gratis.

Saat ini sudah banyak aplikasi edit PDF ke Word gratis yang bisa kamu gunakan. Nah agar kamu tidak bingung saat memutuskan ingin menggunakan aplikasi edit PDF ke Word gratis yang mana, berikut ini aplikasi edit PDF ke Word gratis yang bisa kamu coba:

1. WPS PDF to Word Converter

WPS Konverter PDF ke Word. (WPS)
WPS Konverter PDF ke Word. (WPS)

Aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Kingsoft ini adalah aplikasi unggulan dan selalu disamakan dengan Ms. Office. WPS PDF to Word Converter merupakan aplikasi edit PDF ke Word gratis yang sangat mudah digunakan, selain itu juga menyediakan bermacam konversi format yang berbeda.

Selain konversinya yang super cepat, WPS PDF to Word Converter juga mempertahankan kualitas konversi yang sangat baik dengan mempertahankan format huruf, gambar dan tata letak.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk edit PDF ke Word melalui WPS PDF to Word Converter :

  • Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi WPS PDF to Word Converter
  • Selanjutnya buka aplikasi WPS PDF to Word Converter, lalu pilih file PDF yang ingin diubah
  • Pilih jenis file untuk konversi Word
  • Tunggu beberapa saat hingga file PDF berhasil diubah menjadi Word

2. Adobe Acrobat PRO

Adobe Acrobat Pro. (Adobe)
Adobe Acrobat Pro. (Adobe)

Adobe Acrobat adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe System. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengkonversi dokumen dan gambar menjadi format apapun yang bisa diambil melalui perangkat seluler kamu maupun tempat penyimpanan lainnya. Bukan hanya itu, format PDF juga bisa dikonversi lagi menjadi format XLSX, PPTX, dan RTF yang bisa diedit.

Kamu juga bisa dengan mudah menggunakan Adobe Acrobat PRO untuk kepentingan kamu merubah file PDF ke Word. Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan aplikasi edit PDF ke Word gratis ini :

  • Jalankan aplikasi Adobe Acrobat PRO
  • Buka file PDF yang ingin kamu ubah menjadi Word
  • Klik File
  • Lalu klik Save As Other
  • Setelah itu pilih Microsoft Word ( kamu bisa memilih Word Document atau Word 97-2003 sesuai kebutuhan kamu )

3. UniPDF

Aplikasi Convert Word ke PDF - UniPDF. (UniPDF)
Aplikasi Convert Word ke PDF - UniPDF. (UniPDF)

UniPDF merupakan aplikasi edit PDF ke Word gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file PDF menjadi dokumen Word sebanyak 3 kali sehari.

Aplikasi UniPDF ini juga menyediakan beberapa format lain selain Word seperti gambar, HTML, atau file teks biasa yang dirancang untuk memudahkan kamu mengkonversi file PDF dan tentu saja mendukung untuk menghasilkan kualitas tinggi.

  • Jalankan aplikasi UniPDF, lalu klik tombol Add ( + ) di bagian bawah untuk memilih file PDF yang ingin diconvert
  • Pilih Output Format yaitu Word
  • Selanjutnya klik Convert
  • Pilih destinasi folder untuk menyimpan hasil file Word dan klik tombol OK
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela Conversion completed

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit PDF ke Word gratis yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan dokumen kamu. Jadi dari rekomendasi aplikasi edit PDF ke Word gratis diatas, mana yang menurut kamu paling mudah digunakan? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait