Internet

3 Aplikasi Convert PDF ke Word Online, Mudah Dipakainya

Pilih salah satu aplikasi convert PDF ke Word online ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah beberapa rekomendasi aplikasi convert PDF ke word online yang bisa kamu kunjungi melalui browser pada perangkat kamu. Kamu tentu tidak asing lagi kan dengan dokumen dalam format PDF dan Word?

PDF ( Portable Document Format ) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Sedangkan Word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft yang biasa digunakan untuk mengedit dan membuat dokumen.

Tidak seperti file dengan format Word yang mudah untuk diedit, file dalam format PDF lebih sulit untuk diedit isinya. Sulit bukan berarti tidak bisa ya! Karena apabila kamu ingin melakukan proses pengeditan pada file PDF yang kamu miliki, maka kamu perlu merubahnya terlebih dahulu ke dalam bentuk Word agar lebih mudah diakses dan diedit.

Mengubah file PDF menjadi dokumen Word bisa kamu lakukan secara online maupun offline dengan menggunakan aplikasi pendukung. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan aplikasi convert PDF ke word online. Namun sebelum itu kamu harus memastikan perangkat yang kamu gunakan terkoneksi dengan jaringan internet ya.

Berikut ini adalah aplikasi convert PDF ke word online yang bisa kamu kunjungi untuk mengconvert file PDF kamu menjadi dokumen Word secara online dengan mudah dan cepat:

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

1. Aplikasi convert PDF ke word online : ilovepdf.com

Aplikasi convert PDF ke word online pertama yang bisa kamu kunjungi adalah ilovepdf.com. Ilovepdf.com merupakan platform khusus untuk format PDF.

Di dalam platform ini, kamu bisa menggabungkan file PDF, memecah halaman PDF, mengkompress file PDF menjadi lebih kecil, dan mengkonversi format PDF menjadi sejumlah format lain seperti PDF ke WORD, WORD ke PDF, JPG ke PDF, dan masih banyak lainnya. Situs ilovepdf.com ini bisa kamu nikmati secara gratis dan sangat mudah digunakan dengan hasil yang cepat.

Berikut ini cara menggunakan aplikasi convert PDF ke word online ilovepdf.com untuk convert file PDF kamu menjadi format dokumen Word :

  • Kunjungi situs www.ilovepdf.com pada browser kamu
  • Setelah itu akan muncul halaman untuk convert pdf to word, langsung saja klik opsi Select PDF
  • Kemudian pilih file PDF yang ingin diubah menjadi Word
  • Selanjutnya klik opsi Convert to Word yang terletak di pojok bawah bagian kanan
  • Lalu tunggu hingga prosesnya selesai, dan jika sudah selesai maka kamu bisa langsung mendownload file tersebut dalam format Word

2. Aplikasi convert PDF ke word online : SmallPDF

Smallpdf adalah aplikasi convert PDF ke word online gratis yang berbasis website, yang bisa kamu gunakan untuk mengompres, mengkonversi dan mengedit dokumen PDF dengan mudah. Soal privasi dokumen kamu tidak perlu khawatir karena file yang diunggah di situs tersebut akan otomatis terhapus dari servernya setelah satu jam.

Cara konversi PDF ke Word dengan menggunakan aplikasi convert PDF ke word online bernama SmallPDF bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka situs https://smallpdf.com/id melalui browser kamu
  • Setelah itu pilih menu PDF ke Word
  • Kemudian klik Pilih File
  • Lalu cari file PDF yang ingin kamu konversi ke Word
  • Selanjutnya pilih Konversikan ke Word
  • Lalu klik Pilih Opsi
  • Tunggu hingga proses konversi selesai dan lalu kamu bisa klik Unduh
  • Setelah itu pilih folder penyimpanan pada perangkat kamu untuk menyimpan hasil konversi PDF ke Word

3. Aplikasi convert PDF ke word online : Convert Online Free

Converter Online Free merupakan aplikasi convert PDF ke word online yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk menghasilkan hasil konversi file PDF yang berkualitas tinggi.

Kamu tidak perlu ribet registrasi loh, kamu bisa langsung mengubah file PDF yang kamu miliki menjadi file Word atau menjadi berbagai jenis file lainnya. Ukuran maksimal file yang bisa di-upload juga cukup besar mencapai 50MB. Selain itu kamu juga bisa memilih format file word yang kamu butuhkan apakah .doc ataupun .docx.

Untuk convert file PDF menjadi dokumen word dengan menggunakan Aplikasi convert PDF ke word online : Convert Online Free, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka situs Convert Online Free di https://convertonlinefree.com/pdftoworden.aspx pada browser kamu
  • Lalu pilih jenis file output yang diinginkan : PDF to DOC atau PDF to DOCX
  • Selanjutnya klik Browse dan pilih file PDF yang akan dikonversi menjadi word
  • Kemudian klik Convert dan tunggu hingga proses konversi selesai
  • Setelah itu akan muncul pop up untuk men-download file PDF yang berhasil dikonversi, klik OK untuk menyimpannya di perangkat kamu

Itulah aplikasi convert PDF ke word online yang bisa kamu kunjungi untuk mengkonversi file PDF kamu menjadi dokumen Word. Gimana? Terbukti mudah kan? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait