Gadget

6 Aplikasi Stabilizer Video Mudah di Android dan iOS

Cek rekomendasi aplikasi stabilizer video ini, tersedia gratis untuk kamu pakai.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi merekam video dengan smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi merekam video dengan smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Cari aplikasi stabilizer video yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki rekaman agar bebas gunacangan? Kamu berada di tempat yang tepat, karena berikut ini ada rekomendasi aplikasi yang akan membantumu.

Video dan foto saat ini sudah menjadi salah satu hal yang sangat dekat dengan pengguna smartphone. Bagaimana tidak, sebagian besar aplikasi seolah menuntut kamu untuk pandai mengedit video maupun foto. Di Instagram dan TikTok misalnya. Selain pandai mengedit foto, kamu juga diharuskan bisa kreatif membuat video.

Bagi kamu aktif merekam video dengan smartphone, masalah utama yang sering ditemui pasti video yang tak stabil. Biasanya, beberapa vendor smartphone tidak merilis perangkat dengan fitur stabilizer atau Optical Image Stabilization (OIS). Hasilnya, video yang direkam biasanya akan goyang dan tidak stabil.

Untuk mengakali masalah tersebut, sekarang ini sudah banyak tersedia aplikasi stabilizer video. Aplikasi stabilizer video ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Berikut rekomendasi aplikasi stabilizer yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Google Photos

Google Photos. (Google)
Google Photos. (Google)

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Photos. Kamu juga tak perlu khawatir dengan aplikasi ini karena aplikasi ini dikembangan oleh Google.

Untuk menstabilkan video, kamu hanya perlu menekan menu "Stabilize" di bagian kiri bawah. Dengan begitu, secara otomatis, Google Photo akan melakukan proses stabilisasi pada video. Kamu hanya perlu menunggu prosesnya untuk beberapa saat, dan kualitas video akan menjadi lebih stabil.

2. Microsoft Hyperlapse

Microsoft Hyperlapse. (Google Play Store)
Microsoft Hyperlapse. (Google Play Store)

Aplikasi stabilizer video ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang mencari aplikasi stabilizer yang aman. Microsoft Hyperlapse memiliki dua fitur dalam proses menstabilkan video.

Pertama, kamu bisa import video dari Gallery. Dengan kata lain, kamu bisa membuat video yang sudah direkam sebelumnya untuk lebih stabil. Cara kedua, Anda bisa langsung merekam video dan menyalakan mode Stabilize. Nantinya, sistem akan mengurangi getaran yang ada

3. Open Camera

Open Camera. (Play Store)
Open Camera. (Play Store)

Open Camera menjadi salah satu aplikasi stabilizer video yang bisa dibilang cukup lengkap. Aplikasi stabilizer video ini mampu mengurangi getaran yang disebabkan oleh perubahan gerak kamera saat mengambil gambar.

Fitur stabilisasi ini bisa kamu gunakan baik untuk melihat atau pun merekam video secara real-time.

4. Quik

Aplikasi edit video Quik: Video Editor & Slideshow Maker. (Google Play Store)
Aplikasi edit video Quik: Video Editor & Slideshow Maker. (Google Play Store)

Aplikasi stabilizer video, Quik juga memungkinkan penggunanya untuk membuat video menjadi lebih stabil. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai efek visual dan audio di aplikasi ini pada video yang kamu ambil.

Quik memang tidak merapikan video yang tidak stabil secara ajaib layaknya aplikasi lainnya. Namun, kamu bisa mengakali masalah ini dengan melaraskan video dan audio yang menarik.

5. Shaky Video Stabilizer

Shaky Video Stabilizer. (Google Play Store)
Shaky Video Stabilizer. (Google Play Store)

Aplikasi stabilizer video ini hampir sama dengan aplikasi lainnya yang mudah untuk digunakan. Dalam aplikasi Shaky Video Stabilizer ini kamu juga bisa mengurangi resolusi dan kualitas video.

Hasil video yang tersimpan dari olahan Video Stabilizer ini akan memiliki format MP4 standar. Shaky Video Stabilizer bekerja dengan memperbaiki geseran perspektif pada video agar menjadi lebih stabil.

6. Video Stabilizer - Deshake

Video Stabilizer - Deshake. (Google Play Store)
Video Stabilizer - Deshake. (Google Play Store)

Aplikasi stabilizer video Deshake memanfaatkan hasil pengembangan sistem algoritma untuk menganalisis kualitas video yang goyang. Tampilan layar pada menu utama aplikasi menampilkan interface untuk melihat video asli dengan video hasil stabilisasi secara berdampingan.

Algoritma pada aplikasi ini bisa melakukan proses stabilisasi video secara real time, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Aplikasi stabilizer video ini akan menyimpan langsung dengan mempertahankan kualitas resolusi gambar, audio, orientasi video dan juga FPS dari video aslinya.

Sudah tahu kan aplikasi apa yang bisa digunakan untuk memperbaiki video yang tidak stabil? Jangan ada alasan untuk memproduksi video yang tidak stabil ya.

Manfaaatkan rekomendasi aplikasi stabilizer video di atas, untuk menghasilkan video yang lebih baik.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait