Gadget

Realme Berambisi Jadi Merek HP Nomor 1 di Indonesia, Begini Strateginya

Realme ingin menjadi merek HP pintar nomor satu di Indonesia dalam waktu dua tahun.

Rezza Dwi Rachmanta

Realme GT Neo 2. (Realme)
Realme GT Neo 2. (Realme)

Hitekno.com - Meski menjadi merek baru di industri HP pintar, perkembangan pasar Realme cukup meyakinkan. Melalui pertemuan virtual pada hari ini (07/12/2021), petinggi Realme mengeluarkan pernyataan terbaru di mana mereka berambisi menjadi merek HP pintar nomor satu di Indonesia.

Vice President Realme Global dan CEO Realme India & Eropa, Madhav Sheth, membagikan pemikiran dan wawasannya mengenai strategi bisnis Realme, dan rencana pengembangan Realme di tahun 2022. Madhav Sheth turut menyebut bahwa mereka adalah disruptor di pasar smartphone global.

"Kami adalah disruptor di pasar smartphone global, merek trendsetter teknologi yang berfokus pada generasi muda yang menawarkan teknologi serta desain trendi dan kualitas yang terbaik dengan harga bersaing. Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memainkan peran yang penting bagi kami. Realme saat ini menduduki peringkat 5 di Indonesia. Memasuki tahun 2022, realme Indonesia terpacu untuk menjadi merek smartphone No. 1 dalam kurun waktu 2 tahun,” ujar Madhav Sheth pada Selasa (07/12/2021).

Sebagai informasi, data dari Counterpoint menempatkan Realme pada posisi nomor lima smartphone paling laris di Indonesia selama kuartal ketiga tahun ini (Q3 2021).

Daftar lima besar smartphone terlaris di Tanah Air berdasarkan data Counterpoint termasuk Oppo (22 persen), Samsung (19 persen), Vivo (18 persen), Xiaomi (18 persen), dan Realme (12 persen).

Vice President Realme Global dan CEO Realme India & Eropa, Madhav Sheth. (Realme)
Vice President Realme Global dan CEO Realme India & Eropa, Madhav Sheth. (Realme)

Pernyataan petinggi Realme ini cukup menarik mengingat mereka harus melesat dari peringkat lima menjadi peringkat pertama. Menanggapi pertanyaan dari media, Madhav Sheth menjelaskan bahwa mereka memiliki beberapa strategi agar Realme menjadi merek HP pintar nomor satu di Indonesia.

Langkah pertama adalah mereka akan lebih agresif untuk mengembangkan komunitas. Selain, itu perusahaan kini juga mulai fokus untuk mengembangkan HP flagship hingga ultra premium. Ini ditandai dengan perilisan Realme GT series.

Merek trendsetter teknologi ini berada pada titik balik dan memiliki tujuan untuk menjadi merek smartphone nomor 1 di Indonesia dalam waktu dua tahun, Realme beralih dari kanal penjualan tradisional dengan heavy asset investment ke strategi kanal penjualan yang lebih hemat biaya.

Realme GT Master Edition. (Realme Indonesia)
Realme GT Master Edition. (Realme Indonesia)

Strategi baru ini akan berfokus pada kombinasi penjualan online & saluran pemasaran digital berefisiensi tinggi, serta upaya untuk meminimalkan perantara dengan mengurangi biayanya sehingga Realme dapat memberikan manfaat langsung kepada para pengguna melalui produk terbaik.

Dalam pengembangan AIoT, Realme memiliki strategi produk AIoT “1+5+T”; di mana smartphone sebagai perangkat sentral (1), laptop, TV, jam tangan pintar, headphone nirkabel, dan speaker pintar masuk dalam kategori (5), dan T yang merupakan singkatan TechLife yang menawarkan berbagai perangkat AIoT cerdas untuk anak muda.

Selain berambisi menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia, Realme mengklaim bakal tetap berpegang pada misinya yakni menjadikan produk AIoT Realme sebagai pilihan nomor satu AIoT di Indonesia.

Berita Terkait