Gadget

Realme 9 Pro Plus Muncul di Situs Sertifikasi, Kapan Meluncur?

Chipset Realme 9 Pro Plus dan Realme 9i juga telah bocor ke publik.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Realme 8 Pro, generasi sebelum Realme 9 Pro. (Realme Indonesia)
Ilustrasi Realme 8 Pro, generasi sebelum Realme 9 Pro. (Realme Indonesia)

Hitekno.com - Sebuah perangkat yang merupakan salah satu anggota dari Realme 9 series dilaporkan telah muncul di situs sertifikasi resmi. Leaker membocorkan bahwa Realme 9 Pro Plus sudah terdaftar di Bureau of Indian Standards (BIS).

Perlu diketahui, keluarga Realme 9 series diharapkan terdiri dari Realme 9, Realme 9 Pro, Realme 9i, dan Realme 9 Pro Plus.

Melalui cuitan terbaru pada Selasa (30/11/2021), leaker Mukul Sharma (@stufflistings) menginformasikan bahwa model RMX3392 telah lolos sertifikasi di BIS India.

Model RMX3392 diyakini sebagai Realme 9 Pro Plus. Ketika ditanyakan oleh salah satu follower terkait apakah perangkat dapat meluncur dalam waktu dekat, leaker menjawab bahwa itu akan terjadi pada tahun depan. "Setidaknya Januari," kata Mukul Sharma.

Prediksi tersebut sejalan dengan bocoran leaker lain sebelumnya. Realme 9 series memang diharapkan dapat meluncur pada kuartal pertama 2022.

Realme 9 Pro Plus muncul di situs sertifikasi BIS. (Twitter)
Realme 9 Pro Plus muncul di situs sertifikasi BIS. (Twitter)

Model tertinggi dari Realme 9 series diprediksi dapat ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870. Sebagai informasi, perusahaan beberapa waktu lalu mengisyaratkan bahwa HP mid-range anyar mereka tak akan rilis di tahun ini.

Kendala pasokan chipset di pasar global menjadi alasan perusahaan untuk menunda waktu perilisan. Vice President Realme, Madhav Sheth pernah mengungkap bahwa mereka harus mengubah rencana peluncuran Realme 9.

Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Realme C25Y dan 8i

Meski tak menyebut secara rinci, Madhav Sheth hanya memberikan petunjuk bahwa itu akan berada pada suatu tanggal di tahun 2022. Dilansir dari NDTV, Realme 9 Pro Plus diperkirakan membawa kamera 108 MP dan layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz.

Realme 9 meluncur di tahun 2022. (Realme via Gizmochina)
Realme 9 meluncur di tahun 2022. (Realme via Gizmochina)

Laporan terbaru mengklaim bahwa Realme 9i akan menjadi HP pertama dalam keluarga Realme 9 series yang meluncur di awal tahun depan. Realme 9i diprediksi mengusung dapur pacu MediaTek Helio G90T.

Anggota Realme 9 series lain dilaporkan telah muncul di database IMEI dan situs sertifikasi EEC. Mengingat perangkat telah lolos sertifikasi resmi, kita berharap mendapat petunjuk lain terkait fitur Realme 9 Pro Plus dalam waktu dekat.

Berita Terkait