Gadget

2 Aplikasi Buatan Indonesia yang Raih Google Play Awards 2021

Keduanya masuk dalam kategori berbeda pada Google Play Awards 2021.

Agung Pratnyawan

Google Play Awards. (Google)
Google Play Awards. (Google)

Hitekno.com - Kabar baik buat kamu pecinta teknologi lokal Buatan Indonesia, ternyata ada dua aplikasi karya anak bangsa yang dapat penghargaan Google Play Awards 2021 lho.

Google Play Awards sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan Google Play Store sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi positif seluruh platform aplikasi dan games yang berada dalam ekosistem platform Google Play Store.

Tahun ini, Google Play Awards memperluas penghargaan untuk aplikasi dan game di tablet, ditambah aplikasi di Wear OS dan Google TV.

Dua aplikasi yang dimaksud bernama Kuncie dan Fita yang merupakan aplikasi besutan Telkomsel Indonesia.

Jika kamu tidak tahu dua aplikasi tersebut, tenang saja, tim Hitekno.com akan menjelaskan secara ringkas, padat dan jelas.

Aplikasi Kuncie merupakan aplikasi yang berfokus pada pengembangan potensi talenta di Indonesia melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang.

Aplikasi tersebut menjadi yang terbaik di kategori Best for Personal Growth pada Google Play Awards 2021.

Kuncie masuk ke Best for Personal Growth di Google Play Awards 2021. (Google)
Kuncie masuk ke Best for Personal Growth di Google Play Awards 2021. (Google)

Sementara Fita menjadi aplikasi yang dapat membantu masyarakat hidup secara lebih sehat. Aplikasi yang satu ini menjadi yang terbaik di kategori Best Hidden Gems.

Meskipun belum genap berusia satu tahun, akan tetapi dua aplikasi tersebut sudah mendapat perhatian yang layak dari masyarakat.

Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store. Masih jauh dari target memang, akan tetapi pertumbuhannya cukup fantastis.

Bagaimana tidak, pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45.5% sejak pertama kali diluncurkan, dan menduduki Top-3 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Sementara Fita memang baru diunduh 500 ribu kali di Google Play Store.

Fita masuk ke Best Hidden Gems di Google Play Awards 2021. (Google)
Fita masuk ke Best Hidden Gems di Google Play Awards 2021. (Google)

Akan tetapi Fita telah berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness, menandai satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store.

Satu hal lagi yang perlu kamu pahami soal aplikasi Fita yakni bahwasanya aplikasi tersebut baru diperkenalkan oleh Telkomsel pada November 2021 alias beberapa waktu yang lalu.

Itulah dua aplikasi lokal Buatan Indonesia yang ternyata dapat penghargaan Google Play Awards 2021.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait