Gadget

2 Aplikasi Convert DOC ke PDF

Gunakan salah satu aplikasi convert DOC ke PDF ini, pilih mana yang paling mudah.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah beberapa aplikasi convert DOC ke PDF yang bisa kamu gunakan saat ingin merubah dokumen word kamu menjadi file dalam format PDF dengan mudah. Masih bingung apa sih perbedaan antara dokumen dalam format DOC dan DOCX? Kedua format tersebut sama-sama merupakan format yang dihasilkan dari program Microsoft Word, kok.

DOC adalah sebuah ekstensi berkas untuk aplikasi pengolah kata yang terdapat di Microsoft Word versi lama, yaitu sampai pada Microsoft Word 2003. Sedangkan untuk DOCX, digunakan pada Microsoft Word versi terbaru atau di atasnya yaitu Microsoft Word 2007, 2010,2013, dan 2016.

Dokumen dalam format file DOC merupakan pilihan yang tepat apabila kamu ingin membuat laporan, pengelolahan teks, pengelolaan dokumen, bahkan untuk mengoreksi kata-kata yang tidak tepat. Namun dokumen DOC hanya bisa dibuka pada perangkat yang memiliki software Microsoft Word. Nah apabila kamu ingin membuat dokumen yang bersifat fleksibel sehingga bisa dibuka pada perangkat apapun dan isi dari file tersebut tidak akan berubah maka kamu bisa membuat dokumen kamu dalam format file PDF.

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Saat ini penggunaan format PDF pada berbagai macam dokumen sudah sangat banyak digunakan.

Gimana? Kamu ingin merubah dokumen DOC kamu menjadi format PDF? Tenang saja kamu bisa merubah dokumen DOC kamu menjadi format PDF dengan mudah kok hanya dengan menggunakan aplikasi convert DOC ke PDF.

Berikut ini rekomendasi aplikasi convert DOC ke PDF yang bisa kamu gunakan :

1. Foxit Reader

Foxit Reader adalah aplikasi pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual. Perangkat lunak ini bisa kamu gunakan untuk mendesain form PDF yang interaktif, memasukkan gambar, menambah jaringan, menambahkan keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.

Sebagai aplikasi khusus pengolahan file berformat PDF, Foxit reader menyediakan fitur pengubah dokumen DOC ke PDF yang bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Download dan install aplikasi Foxit Reader di perangkat kamu
  • Setelah itu buka file dengan format ( DOC atau DOCX ) yang ingin kamu convert menjadi PDF
  • Kemudian klik kanan pada file tersebut
  • Lalu pilih opsi convert to pdf in foxit reader
  • Tunggu sampai proses convert selesai dan aplikasi foxit reader terbuka secara otomatis
  • Selanjutnya klik file lalu save atau save as
  • Beri nama file tersebut dan klik save
  • Dokumen DOC kamu sudah selesai di convert menjadi PDF
Aplikasi Convert Word ke PDF - Foxit PDF Editor. (Foxit)
Aplikasi Convert Word ke PDF - Foxit PDF Editor. (Foxit)

2. TalkHelper

TalkHelper PDF Converter adalah aplikasi convert DOC ke PDF yang mudah untuk digunakan serta memiliki banyak fitur untuk memisahkan, menggabungkan, dan mengekstrak data yang diinginkan.

Selain mengubah DOC ke PDF, kamu juga memiliki akses ke fitur OCR bawaan untuk membantu mengekstrak data teks dari gambar di file Word. Sebagai salah satu aplikasi convert DOC ke PDF all-in-one, perangkat lunak ini juga menghadirkan fitur konversi Word ke PDF parsial yang bisa kamu gunakan untuk mengubah halaman tertentu.

Selain itu, fitur konversi batch membantu kamu mengubah beberapa dokumen DOC ke PDF secara bersamaan. Aplikasi ini memberikan hasil dengan kualitas terbaik, tidak ada batasan ukuran file apapun, mempertahankan format asli. Cara menggunakan aplikasi convert DOC ke PDF bernama TalkHelper ini bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Instal TalkHelper PDF converter pada perangkat kamu
  • Kemudian buka aplikasi TalkHelper PDF converter tersebut
  • Lalu pilih menu DOC to PDF kemudian drag file yang ingin diubah
  • Tunggu file melakukan proses perubahan dan terakhir download file tersebut

Itulah rekomendasi aplikasi convert DOC ke PDF yang bisa kamu gunakan untuk merubah dokumen word kamu menjadi file PDF. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba, ya!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait