Gadget

Cara Download Aplikasi Convert Word ke PDF

Inilah bagaiamana cara download aplikasi convert Word ke PDF.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi file pdf. (Pixabay)
Ilustrasi file pdf. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila ingin download aplikasi convert word ke PDF disaat kamu membutuhkan aplikasi untuk merubah dokumen word kamu menjadi file PDF. Sejak pandemi covid-19 melanda, masyarakat dihimbau untuk mengurangi berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan diluar rumah.

Selain para pelajar yang menjalani kegiatan belajar online di rumah, para pekerja juga banyak yang diharuskan melakukan pekerjaan dari rumah atau dikenal dengan istilah WFH (Work From Home). Oleh karena itu kebutuhan akan pertukaran dokumen secara digital semakin meningkat.

Dan salah satu format dokumen yang dibutuhkan untuk memudahkan kamu dalam melakukan pertukaran dokumen secara digital yaitu format file PDF. PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih untuk mengkonversi dokumen word yang dimiliki menjadi file PDF agar menghasilkan dokumen yang lebih rapi dan tidak berubah saat dibuka menggunakan perangkat lainnya.

Saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengubah file word ke PDF, salah satunya yaitu dengan mendownload aplikasi tambahan pada perangkat kamu. Dan salah satu aplikasi dengan fitur cukup lengkap yang bisa kamu download adalah aplikasi Foxit Reader.

Aplikasi Convert Word ke PDF - Foxit PDF Editor. (Foxit)
Aplikasi Convert Word ke PDF - Foxit PDF Editor. (Foxit)

Foxit Reader adalah aplikasi pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis, ringan dan multi tab sehingga sangat memudahkan apabila kamu sedang membuka banyak file PDF sekaligus.

Untuk download aplikasi convert word ke PDF bernama Foxit Reader, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Pastikan kamu sudah mempunyai installer aplikasi Foxit Reader yang telah kamu download pada perangkat kamu
  2. Jika kamu sudah memiliki installer aplikasi Foxit Reader, maka klik 2 kali pada installer Foxit Reader tersebut
  3. Setelah itu klik Next
  4. Beri tanda ceklis pada opsi accept the terms in the Licence Agreement
  5. Kemudian klik tab Next
  6. Selanjutnya hilangkan tanda ceklis pada opsi Make Ask my browser default search provider dan opsi Set Ask.com as my homepage
  7. Kemudian klik tab I Accept
  8. Lalu klik Default
  9. Selanjutnya klik Next
  10. Setelah itu klik Install
  11. Selesai! Kamu telah berhasil menginstall aplikasi Foxit Reader di perangkat kamu
  12. Setelah melakukan proses download dan install aplikasi Foxit Reader di perangkat kamu maka kamu bisa mengubah dokumen word ke PDF dengan cara buka Windows Eksplorer lalu cari file dengan format (doc, docx) yang ingin kamu convert ke PDF
  13. Kemudian klik kanan pada file tersebut, lalu pilih convert to pdf in foxit reader
  14. Tunggu sampai proses convert selesai yang ditandai dengan aplikasi foxit reader terbuka secara otomatis. Pastikan dokumen yang kamu convert sudah sesuai dan terbaca
  15. Langkah terakhir klik file lalu save atau save as lalu beri nama pada file tersebut dan klik save
  16. Selesai! Dokumen word kamu sudah selesai di convert ke PDF

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk download aplikasi convert word ke PDF sehingga akan memudahkan kamu untuk bisa merubah dokumen word menjadi file PDF. Dan aplikasi Foxit Reader ini menyediakan versi berbayar dan versi gratis. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait