Gadget

7 Merek HP Lokal Buatan Indonesia, Masih Bisa Bersaing?

Cek apakah kamu tahu apa saja merek HP lokal buatan Indonesia.

Agung Pratnyawan

Merek HP lokal. (HiTekno.com)
Merek HP lokal. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Rupanya beberapa merek HP lokal buatan Indonesia juga memiliki spesifikasi yang cukup memadai ini tidak kalah dengan HP buatan luar negeri loh. Meskipun keberadaan mereka belum sepopuler HP dari luar negeri, namun kini brand-brand HP Indonesia mulai bermunculan.

Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing dengan HP buatan luar negeri, berikut rekomendasi HP lokal buatan Indonesia.

Dengan kalian memiliki HP lokal buatan Indonesia ini secara tidak langsung kalian juga men-support karya karya anak bangsa agar bisa Go Internasional. Untuk spesifikasi jenis layar dan prosesornya kalian tidak perlu mengkhawatirkan karena mereka juga menggunakan spesifikasi yang cukup baik.

Kira-kira apa saja yang merek HP lokal buatan Indonesia ini? Yuk kita simak:

1.  SPC

SPC Hyphone Pro 4G. (SPC)
SPC Hyphone Pro 4G. (SPC)

Merupakan perusahaan elektronik yang telah berdiri sejak 1985 dan menghasilkan berbagai macam produk elektronik seperti HP, CCTV, all in one PC, accessories dabn audio video.

HP yang dihasilkan oleh SPC ini memiliki tampilan visual unik. Rupanya SPC masih terbatas untuk mengeluarkan jenis HP mereka pada pasar entry level.

2. Polytron

Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)
Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)

Perusahan penghasil multi elektronik seperti freezer, seabrek, kulkas, AC dan HP. Polytron juga telah berdiri sejak tahun 1976, pemilik Polytron bernama Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono.

Bahkan untuk HP yang dihasilkan oleh Polytron mampu bersaing dengan HP produksi luar negeri baik dari segi software dan hardwarenya. Sayangnya kini tidak fokus lagi pada produk smartphone, namun makin gencar pada produk smart TV.

3. Zyrex

 

Awalnya perusahaan Zyrex lebih fokus untuk mengembangkan komputer dari tahun 1996, lalu mereka mulai mencoba mengembangkan laptop dan HP dan tablet. Untuk produk HP dana Tablet yang dihasilkan oleh Zyrex juga telah menggunakan prosesor yang didukung oleh android Kitkat.

Kini merek ini lebih fokus pada produk-produk laptop murah, PC desktop, dan produk IoT. Zyrex juga sudah tidak lagi mengeluarkan seri HP baru mereka.

4. Evercoss

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)
Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Evercoss merupakan salah satu perusahaan elektronik yang telah berdiri sejak tahun 2008. Kantor Evercoss berpusat di Jakarta dan sebelumnya Evercoss memiliki nama Cross Mobile.

Evercoss rupanya menghasilkan produk HP dan tablet dengan spesifikasi software maupun hardware nya terbilang cukup canggih bahkan beberapa produk hp-nya telah didukung dengan fitur unlock dan fingerprint lalu memiliki dual kamera serta USB OTG support.

5. Advan

Advan G9 Perfecto. (Advan)
Advan G9 Perfecto. (Advan)

Perusahaan Advan telah berdiri sejak tahun 2007 dan telah menghadirkan beberapa smartphone yang mengikuti perkembangan zaman serta untuk desain dan spesifikasinya juga terbilang kekinian dan mampu bersaing dengan harga harga smartphone dari luar negeri.

Sampai sekarang Advan menjadi salah satu merek HP lokal buatan Indonesia yang rutin mengeluarkan seri smartphone baru. Dan secara penampilan tidak kalah dari merek-merek asing.

6. Mito Mobile

Mito Z3. (Mito)
Mito Z3. (Mito)

Sejak tahun 2006 perusahaan Mito mobile telah didirikan dan mampu menghadirkan berbagai produk HP dengan harga yang murah serta mudah untuk didapatkan. Tanya HP rupanya perusahaan Mito mobile juga mengeluarkan smartwatch dan tablet.

7. Axioo

Ketangguhan smartphone Axioo Titan. (Axioo)
Ketangguhan smartphone Axioo Titan. (Axioo)

Meskipun Axioo sebagai salah satu perusahaan elektronik yang lebih berfokus untuk mengeluarkan berbagai komputer, netbook maupun laptop. Rupanya Axioo juga mengeluarkan smartphone dengan harga yang sangat terjangkau yakni dari harga satu juta hingga 2 jutaan namun spesifikasi yang dihadirkan juga sangat menarik dan mampu bersaing dengan hp luar negeri.

Namun jika kalian ingin mendapatkan hp Axioo ini terbilang cukup susah, namun untuk versi tablet dan laptop mudah untuk didapatkan.

Nah itulah beberapa merek HP lokal buatan Indonesia yang memiliki spesifikasi yang cukup memadai tidak kalah dengan HP buatan luar negeri. Apakah kalian tertarik untuk memiliki salah satu rekomendasi yang ada di atas?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait