Gadget

5G Belum Merata, India Sudah Sesumbar Bakal Bangun Jaringan 6G

India berencana lompat ke Jaringan 6G.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)
Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)

Hitekno.com - India dikabarkan berencana untuk membangun jaringan 6G sebagai teknologi seluler terbaru. Padahal, jaringan 5G yang saat ini saja masih belum merata.

Seperti diketahui, jaringan 5G menjadi yang terbaru saat ini yang sedang diimplementasikan. Untuk negara berkembang, pembangunan teknologi penunjangnya bahkan belum sempurna.

Namun dilansir dari Business Insider, India sudah bersiap membangun jaringan 6G yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 atau 2024 mendatang.

Untuk memuluskan rencana tersebut, India bahkan memilih untuk menunda peluncuran teknologi jaringan 5G di India yang dijadwalkan Juni lalu.

"Pengembangan 6G sudah dimulai. Rencananya akan dirilis pada  2024 atau 2023-akhir. Itu adalah arah yang kita tuju," kata kata Ashwini Vaishnaw, Menteri Komunikasi India.

"Kami akan merancang perangkat lunak telekomunikasi India untuk menjalankan jaringan, peralatan telekomunikasi yang diproduksi di India, disajikan di jaringan telekomunikasi India yang dapat mendunia,” tambahnya.

Memang jika dilihat dari indeks pendapatan per kapita, India masih masuk ke dalam kategori negara berkembang, meskipun sudah grade A.

Ilustrasi jaringan 5G privat. (Samsung)
Ilustrasi jaringan 5G privat. (Samsung)

Namun jika dilihat dari kemajuan teknologinya, India tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali insinyur ternama berasal dari negeri Bollywood tersebut.

Bahkan beberapa perusahaan teknologi raksasa di Amerika Serikat dikepalai oleh orang-orang keturunan India.

Yang paling terkenal adalah Satya Nadella yang menjadi CEO Microsoft dan Sundar Pichai CEO Google.

Bukan hanya itu, saat TikTok menjadi aplikasi paling populer di India beberapa waktu lalu, para ahli teknologi di sana pun tak hanya diam.

Mereka bahkan membuat aplikasi tiruan TikTok bernama IM Takatak. Aplikasi ini muncul setelah India memblokir aplikasi TikTok.

Mengacu pada situasi tersebut, besar kemungkinan rencana jaringan 6G yang jadi prioritas di India tersebut akan berlangsung sukses.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait