Gadget

Counterpoint: HP 5G 5G Makin Diminati Masyarakat Indonesia

Menurut laporan ini, pengiriman HP 5G di Indonesia mengalami lonjakan pada Q3 2021 kemarin.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)

Hitekno.com - Counterpoint Research telah meluncurkan laporan terbarunya untuk pasar smartphone Indonesia pada kuartak tiga (Q3) 2021. Didapati kalau HP 5G makin populer di Tanah Air.

Menurut laporan ini, pengiriman HP 5G di Indonesia mengalami lonjakan pada Q3 2021 kemarin.

Angka ini naik 14 persen dibanding kuartal sebelumnya yang hanya 7 persen menurut Counterpoint Research.

"Kontribusi smartphone 5G terhadap total pengiriman smartphone melonjak dari 7 persen di Q2 2021 menjadi 14 persen di Q3 2021," kata Analis Riset Counterpoint, Paula Ruth, dikutip dari laman Counterpoint, Minggu (21/11/2021).

Terlihat, proporsi ini akan meningkat menjelang akhir Q4 2021 dan seterusnya.

Selama Q3 2021, XL Axiata menjadi operator yang lolos uji layak operasi (ULO) untuk meluncurkan internet 5G di Indonesia.

Dari sana, XL kemudian memulai persiapan komersialisasi 5G dengan menggelar showcase di berbagai kota besar di Indonesia.

Ponsel terlaris di Indonesia. [Counterpointresearch]
Ponsel terlaris di Indonesia. [Counterpointresearch]

XL Axiata sendiri menjadi operator ketiga yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) internet 5G oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Namun, mereka masih belum menyediakan jaringan 5G secara komersial ke konsumen.

Berbeda dengan XL, Telkomsel dan Indosat Ooredoo sudah menyediakan internet 5G secara komersial. Artinya, konsumen sudah bisa menikmati internet 5G lewat paket yang disediakan dua provider tersebut.

"Dengan upaya operator memperluas cakupan 5G di negara ini, preferensi konsumen untuk smartphone 5G bakal makin meningkat," jelas Ruth.

Di sisi lain, penjualan dari kanal online menyumbang 16 persen dari total pengiriman smartphone di Indonesia selama Q3 2021.

Hal ini dipengaruhi dari Hari Belanja Online Nasional seperti 9.9.

Counterpoint memprediksi, penjualan smartphone secara online di Indonesia akan meningkat hingga 20 persen pada akhir 2021.

Itulah laporan terbaru Counterpoint Research soal HP 5G mulai meningkat di pasar smartphone Indonesia pada Q3 2021. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait