Gadget

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Miliki Fitur Agar Penjualan Makin Meroket

Ketahui bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis dengan mudah.

Agung Pratnyawan

WhatsApp Business. (WhatsApp)
WhatsApp Business. (WhatsApp)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa membantu bisnis kamu makin melejit.

WhatsApp Business atau WhatsApp Bisnis dirilis pada 10 Januari 2018 ini merupakan aplikasi chat yang memberikan fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual agar produk penjualan mereka mudah untuk dipahami dan di ketahui oleh para konsumen.

Namun, WhatsApp Bisnis berbeda loh dengan WhatsApp versi originalnya. Berikut cara membuat WhatsApp Bisnis.

Fitur yang ditawarkan dalam WhatsApp Bisnis ini juga terbilang sangat menarik, seperti fitur balas instan, katalog, tautan link dan label pesan yang membuat para konsumen semakin merasa istimewa.

Dengan adanya WhatsApp Bisnis tentu akan memudahkan penjual maupun pembeli dalam berinteraksi, lalu bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis ini? Berikut langkah-langkahnya.

Cara membuat WhatsApp Bisnis baru

  1. Download atau unduh aplikasi WhatsApp Bisnis melalui Google Playstore maupun App Store
  2. Download aplikasi WhatsApp Bisnis dengan logo "B" di tengah-tengahnya
  3. Setelah aplikasi tersebut terinstal, bukalah aplikasi WhatsApp Bisnis tersebut
  4. Kalian akan di suguhi kalimat pembuka "Selamat datang di WhatsApp"
  5. Klik kolom "setuju dan lanjutkan"
  6. Selanjutnya kalian bisa memasukkan nomor telepon seluler yang ingin kalian jadikan sebagai nomor WhatsApp Bisnis.
  7. Kirimkan kode OTP yang akan kalian terima melalui SMS, jika dalam jangka waktu 1 menit kalian belum mendapatkan kode OTP tersebut kalian bisa mendapatkan kode OTP dengan cara penggilan "Panggil saya", lalu tunggu hingga pihak WhatsApp menelpon kalian
  8. Tulislah kode OTP yang kalian dapatkan yang berisi 6 digit angka
  9. Selanjutnya izinkan WhatsApp untuk mengakses kontak, foto, media dan file.
  10. Isihlah nama kalian atau nama perusahaan kalian serta foto profil yang ingin kalian gunakan, usahakan menggunakan foto yang menggambarkan produk atau perusahaan kalian ya.
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Fitur-fitur di WhatsApp Bisnis

Beberapa fitur yang ada di WhatsApp Bisnis rupanya tidak dimiliki di WhatsApp versi originalnya loh, dengan adanya fitur khusus ini kalian bisa memaksimalkan penjualan produk kalian loh. Kira-kira apa saja ya fiturnya:

1. Katalog

Di dalam deskripsi kontak kalian, kalian bisa mencantumkan katalog yang berisi daftar produk yang kalian jual berserta dengan harga produk tersebut.

2. Link

Di dalam WhatsApp Bisnis ini rupanya juga di sediakan link pendek yang bisa kalian share melalui website dan medsos agar memudahkan para pengguna maupun customer kalian agar langsung terhubung dengan WhatsApp kalian.

3. Pesan instan

Tak kalah menariknya, terdapat fitur pesan instan yang akan secara otomatis membalas chat awal para konsumen. Di dalam pesan instan ini bisa berupa kata sambutan, jam buka, peringatan hari libur ataupun kalian bisa memberikan sedikit penjelasan tentang pertanyaan yang kerap ditanyakan para konsumen.

4. Label

Selanjutnya kalian bisa memberikan label atau penanda di setiap kontak/room chat agar terlihat perbedaannya dan memudahkan para penjual untuk mencarinya. Labelnya bisa berupa 'pesanan dalam proses' 'pelanggan baru' 'pelanggan hari selasa' dll.

Itulah cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa kalian lakukan dengan mudah, selain itu pengoperasiannya juga terbilang sangat sederhana karena bisa dipahami oleh para pengguna baru. Selamat mencoba!

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait