Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business, Penting untuk Diketahui

Bagi pelaku bisnis, ketahui Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business ini.

Agung Pratnyawan

Logo aplikasi chat WhatsApp Business. (Google Play Store)
Logo aplikasi chat WhatsApp Business. (Google Play Store)

Hitekno.com - Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business yang bisa kamu simak sebagai bahan pertimbangan apabila ingin menggunakan aplikasi whatsapp business untuk keperluan usaha kamu.

 Pasti kamu sudah tidak asing lagi ya dengan yang namanya whatsapp business? Atau malah kamu sudah memakai aplikasi whatsapp business?

WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang bisa kamu unduh pada ponsel Android dan iPhone. Aplikasi WhatsApp Business khusus diciptakan untuk para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan.

Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat Profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting mengenai bisnis kamu seperti alamat, email, dan situs web. Serta Label yang berguna untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.

Mungkin kamu masih bingung ya apa sih perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa? WhatsApp Business didesain untuk para pelaku usaha, sehingga aplikasi pesan singkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang beragam untuk meningkatkan efisiensi suatu usaha yang kamu jalankan.

Sedangkan whatsapp biasa merupakan sebuah aplikasi yang bisa mempermudah kamu untuk mengirim pesan, suara, gambar, video maupun dokumen dengan praktis.

Menggunakan aplikasi whatsapp business untuk membantu usaha adalah pilihan terbaik. Namun tentu saja ada Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business.

WhatsApp Business. (WhatsApp)
WhatsApp Business. (WhatsApp)

Berikut ini Kelebihan whatsapp business yang memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk kesuksesan bisnis kamu diantaranya :

1. Fitur Pesan Otomatis

Hal paling menarik menggunakan WhatsApp Business adalah tersedianya tiga fitur pesan otomatis yaitu :

  • Away Message : Dengan fitur Away Message kamu bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun kamu sedang sibuk kamu tetap bisa menjawab konsumen.
  • Greeting Message : Greeting Message bisa kamu gunakan untuk menyapa dan menyambut konsumen baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan kamu untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.
  • Quick Replies :  Menggunakan fitur Quick Replies kamu bisa membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Cara nya mudah yaitu kamu cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis kamu. Jadi saat ada pesan masuk, kamu cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah kamu buat, sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan.

2. Kelompok Pesan

Kelebihan lainnya dari WhatsApp Business adalah menyediakan fitur yang memudahkan kamu dalam mengelompokkan pesan. Pengelompokan pesan tersebut di antaranya prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar dan pesan selesai.

3. Keamanan Terjamin

Dengan menggunakan aplikasi whatsapp business membuat usaha kamu terlihat lebih terpercaya. Dilengkapi dengan adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada WhatsApp business menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun konsumen.

Hal ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan. Dan memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi. Sehingga kamu bisa terhindar dari segala hal kriminal saat berbisnis.

4. Analisis Data Interaksi Pelanggan

WhatsApp Business menyediakan informasi detail terkait dengan interaksi konsumen untuk bisnis kamu, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan juga dibaca.

Sehingga statistik data tersebut bisa berguna agar kamu mengetahui seberapa pesan kamu bisa tersampaikan kepada konsumen kamu.

5. Verifikasi Akun

WhatsApp Business melakukan verifikasi pada akun bisnis kamu melalui nomor telepon yang didaftarkan. WhatsApp Business akan memberikan centang hijau pada akun kamu jika sudah terverifikasi.

Itulah kelebihan whatsapp business yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usaha kamu. Namun selain memiliki kelebihan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Nah sebelum menggunakan WhatsApp Business, ada baiknya kamu simak dulu kekurangan Whatsapp Business berikut ini :

1. Nomor Berbeda dengan WhatsApp Messenger

Menggunakan WhatsApp Business bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger biasa. Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi keduanya dalam satu ponsel. Namun, kamu harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya.

Selain itu, WhatsApp Business menyarankan untuk tidak mengganti nomor telepon, sehingga kamu harus menggunakan nomor telepon yang permanen.

3. Tidak bisa mengganti nama bisnis

Aplikasi Whatsapp business ini tidak bisa untuk mengubah nama akun bisnis kamu. Jadi setelah kamu mengunduh aplikasi whatsapp business di Play Store atau App Store pada HP kamu, kamu akan mendapat peringatan bahwa nama akun bisnis tidak bisa diubah.

Jadi, kamu harus pastikan kalau kamu sudah memilih nama akun bisnis yang tepat dan tidak akan diganti.

Itulah kelebihan dan kekurangan WhatsApp business yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan saat ingin menggunakan aplikasi ini. Gimana tertarik untuk menggunakan aplikasi WhatsApp business?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait