Gadget

Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II Rilis, Berapa Harga Lensa Baru Ini?

Berapa harga Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II di Indonesia?

Agung Pratnyawan

Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II. (Sony Indonesia)
Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II. (Sony Indonesia)

Hitekno.com - PT Sony Indonesia resmi meluncurkan lensa baru dari jajaran G Master. Yakni Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II, yang menawarkan kombinasi luar biasa antara resolusi dan bokeh. 

Tak hanya itul, lensa baru Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II ini juga memiliki performa AF (autofokus) handal yang dikenal dengan desain G Master Sony.

Lensa baru ini cocok digunakan oleh para penggemar fotografi, serta fotografer dan videografer profesional dengan genre foto portrait, pemandangan alam dan videografi.

Dengan berat sekitar 29% lebih ringan, AF hingga sekitar empat kali lebih cepat dan pelacakan fokus saat zoom ditingkatkan sekitar 30% dibandingkan model sebelumnya, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II tentunya sangat membantu para fotografer dan videografer dalam membuat karya.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, "Kami selalu mendengarkan para pelanggan kami. Berkat masukan dari pengguna di seluruh dunia, termasuk para profesional terkemuka, Sony terus mengembangkan jajaran G Master. FE 70-200mm F2.8 GM OSS II adalah lensa yang ringan dan menawarkan penanganan luar biasa dalam situasi apa pun. Tambahan terbaru dari seri G Master kami akan menjadi zoom telephoto tambahan yang sempurna untuk perlengkapan kreator mana pun yang ingin memaksimalkan potensi peralatan mereka baik untuk foto maupun video."

Didesain untuk dipasangkan secara sempurna dengan bodi kamera E-mount Sony, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II tidak hanya menawarkan kualitas optik yang luar biasa dan performa AF canggih, tetapi juga zoom F2.8 70-200mm teringan di duniai, serta memungkinkan kebebasan dan fleksibilitas pengambilan gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sony Indonesia terus memperkuat sistem Alpha dengan tambahan terbaru pada pilihan lensa mirrorless terluas di pasaran sebagai lensa ke-65 dalam jajaran lensa E-mount.

Performa Tingkat Baru

Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II baru ini memberikan kualitas gambar yang luar biasa dengan resolusi dan kejernihan tinggi. Pengguna dapat mengharapkan gambar yang bersih dan jernih dari ujung ke ujung di seluruh rentang zoom, bahkan pada saat bukaan terbuka lebar.

Berkat dua elemen lensa aspherical, termasuk satu elemen XA (extreme aspherical) yang diproduksi hingga presisi permukaan 0,01-micron, Lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dapat secara efektif mengontrol variasi aberasi terkait jarak untuk memastikan resolusi luar biasa di seluruh area gambar.

Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II juga menggunakan dua elemen kaca spherical ED (extra-low dispersion) dan dua elemen kaca spherical Super ED untuk secara signifikan mengurangi aberasi kromatik tanpa color bleeding. Lensa ini juga memiliki elemen aspherical ED untuk pertama kalinya dalam lensa sistem Alpha, yang secara bersamaan menekan aberasi kromatik dan spherical, masalah umum pada lensa telephoto lainnya.

Lensa baru ini dapat menghasilkan bokeh halus dan indah berkat bukaan maksimum F2.8 yang besar dan unit bukaan melingkar 11-blade yang baru dikembangkan. Selain itu, desain optik canggih dari lensa ini termasuk elemen XA menekan efek ‘onion ring’ yang tidak diinginkan secara menyeluruh, sehingga dapat semakin meningkatkan bokeh.

Lensa Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II juga menawarkan performa close-up yang sangat baik dengan bokeh yang mendalam. Jarak pemfokusan minimum hanya 15,7 inci (0,4 meter) pada 70mm dan 32,3 inci (0,82 meter) pada 200mm, dengan perbesaran maksimum 0,3x. Lebih lagi, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dapat dengan mudah dipasangkan dengan teleconverter 1,4x atau 2,0x Sony yang berperforma tinggi untuk memperpanjang focal length lensa hingga 400mm pada bukaan F5.6, sambil mempertahankan kualitas G Master-nya.

Untuk menghindari flare dan ghosting yang tidak diinginkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang, Nano AR Coating II asli Sony menghasilkan lapisan anti-pantulan yang seragam pada permukaan lensa. Selain itu, desain optik Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II juga dapat secara efektif menekan pantulan internal untuk meningkatkan kejernihan.

Jajaran Manajemen PT Sony Indonesia. (dok. Sony Indonesia)
Jajaran Manajemen PT Sony Indonesia. (dok. Sony Indonesia)

Autofokus Terdepan di Industri

Teknologi lensa yang canggih dari Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II meningkatkan kecanggihan bodi kamera yang dipasangkan. Lensa baru ini menggunakan empat XD (extreme dynamic) Linear Motors asli Sony untuk kecepatan dan ketepatan AF luar biasa yang membuat lensa ini sekitar empat kali lebih cepatii dan dengan pelacakan fokus ditingkatkan sebesar 30% jika dibandingkan dengan model sebelumnyaii.

Saat dipasangkan dengan kamera flagship Sony Alpha 1, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II mampu melakukan pengambilan gambar beruntun berkecepatan tinggi hingga 30 fps. Pelacakan AF yang luar biasa juga tersedia bahkan saat menggunakan teleconverter.

Untuk video, lensa FE 70-200mm F2.8 GM OSS II menawarkan AF yang halus dan senyap untuk mengunci fokus dengan andal serta melacak subjek yang bergerak cepat, bahkan saat melakukan zoom, sehingga pengguna dapat menyerahkan fokus ke kamera.

Fitur Canggih untuk Video

FE 70-200mm F2.8 GM OSS II merupakan pilihan yang sempurna untuk video berkat bukaan maksimum F2.8 yang konstan, performa AF menakjubkan, kontrol serbaguna dan keandalan yang solid. Lensa terbaru ini didesain untuk secara signifikan mengurangi focus breathing, focus shift dan axis shift saat melakukan zoom, sehingga meminimalkan gerakan gambar yang tidak diinginkan dan variasi sudut pandang.

Untuk pengoperasian penggunaan video yang mudah, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dilengkapi dengan ring kontrol independen untuk fokus, zoom dan bukaan (iris), memungkinkan pengoperasian manual yang presisi. Ring bukaan juga memiliki tombol klik ON/OFF.

Lebih lagi, Linear Response MF Sony memastikan kontrol fokus manual yang responsif dengan lag rendah. Hood lensa yang disertakan juga memiliki bukaan yang memungkinkan kemudahan pengoperasian dari filter polarisasi melingkar atau filter ND variabel untuk fleksibilitas yang lebih kreatif.

Dirancang untuk Para Profesional

Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II merupakan lensa zoom telephoto F2.8 teringan di duniai dan sekitar 29% lebih ringan dari model sebelumnya, dengan berat hanya di bawah 37 oz (1.045g). Selain beratnya yang ringan, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dirancang bagi para profesional untuk memberikan keseimbangan yang ideal tanpa beban depan, memastikan bahwa pusat gravitasi lensa jatuh tepat di atas dudukan tripod. Lensa ini juga memiliki zoom internal untuk menjaga pusat gravitasi tetap konstan.

Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II telah dirancang khusus untuk profesional berdasarkan masukan langsung dari mereka. Lensa terbaru ini memiliki fungsi fokus untuk mendukung kebutuhan profesional pengguna, seperti Full-time DMF, respon fokus manual natural dan linier, serta tombol pembatas rentang fokus. FE 70-200mm F2.8 GM OSS II mempunyai tiga tombol tahan fokus yang dapat disesuaikan dan disediakan terpisah 90° untuk akses mudah dan kontrol yang nyaman saat pengambilan gambar dalam orientasi horizontal atau vertikal dan hampir semua sudut.

Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dilengkapi dengan tombol klik ON/OFF dan iris lock untuk kontrol bukaan yang cepat dan fleksibel. Tombol click stop dari ring bukaan dapat dinyalakan untuk memberikan tactile feedback saat melakukan pengambilan foto atau dimatikan untuk kontrol bukaan yang halus dan senyap saat merekam film. Lebih lagi, torsi ring zoom telah dioptimalkan dan kini memiliki stabilisasi gambar dengan MODE 3 untuk subjek yang bergerak.

Berdasarkan masukan dari para profesional, FE 70-200mm F2.8 GM OSS II dirancang untuk dapat diandalkan bahkan di lingkungan yang paling menantang sekalipun. Lensa ini memiliki ketahanan terhadap debu dan kelembaban, sama seperti FE 400mm F2.8 GM OSS dan FE 600mm F4 GM OSS. Elemen lensa depan memiliki lapisan fluor yang dapat menahan air, minyak dan kontaminan lainnya, sekaligus membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan dari kontaminan atau sidik jari yang mungkin menempel pada permukaan lensa.

Harga dan Ketersediaan

Lensa baru Sony FE 70-200mm F2.8 GM OSS II akan tersedia di Indonesia pada bulan November 2021 dengan harga Rp37.999.000. Pembelian secara pre-order sudah dapat dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2021 hingga 14 November 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer. Untuk pembelian dalam masa pre-order, Sony menawarkan paket spesial berupa H&Y Magnetic ND Filter Kit senilai Rp1.999.000.

Berita Terkait