Gadget

8 Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik, Mudah Digunakan

Gunakan aplikasi edit video di laptop ini, dari profesional hingga pemula.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Edit Video - Vegas Pro. (vegascreativesoftware)
Aplikasi Edit Video - Vegas Pro. (vegascreativesoftware)

Hitekno.com - Cari aplikasi edit video di laptop atau PC yang bisa diandalkan. Cek berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa kamu jadikan acuan.

Dengan kemajuan dunia digital, membuat sebuah karya video kini bisa di edit di mana saja. Kamu bisa berkreasi dalam mengedit video dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa diunduh ke laptop-mu.

Selain mudah digunakan, aplikasi edit video tetap bisa membuat karyamu menarik serta berkualitas meski hanya diolah dari laptop.

Bagi kamu yang ingin mulai menekuni dunia konten berbasis video, sudah seharusnya menggunakan aplikasi edit video di laptop yang mumpuni dengan berbagai fitur.

Tak hanya aplikasi edit yang manual saja, namun juga aplikasi edit yang menyediakan banyak filter secara otomatis sehingga mudah pengaplikasiannya.

Ada berbagai jenis aplikasi edit video di laptop yang ringan dan bisa digunakan dengan mudah. Kamu bisa memilih aplikasinya sesuai fitur yang dibutuhkan untuk membuat konten video.

Berikut aplikasi edit video di laptop yang HiTekno.com rekomendasikan untuk kamu.

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Pro. (Adobe)
Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Pro. (Adobe)

Adobe Premiere Pro menjadi software yang kerap dibicarakan. Adobe Premiere Pro mudah digunakan juga oleh pemula.

Aplikasi edit video di laptop ini termasuk software editing baik untuk foto maupun video.

2. Adobe Premiere Elements 2020

Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Elements 2020. (Adobe)
Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Elements 2020. (Adobe)

Aplikasi edit video di laptop ini, interface-nya lebih mudah dipahami dan targetnya pun untuk para video editor sederhana saja. Meskipun terlihat sederhana, namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap dan memadai.

Dengan aplikasi edit video di laptop ini, pengguna sudah bisa menikmati tools berupa smart trim, remix music, create dazzling visual, VFR support, hingga fitur smart option save times untuk membuat video terlihat lebih smooth secara otomatis.  Ada juga fitur yang memungkinkan pengguna bisa menggabungkan beberapa video dalam satu frame.

3. Lightworks

Aplikasi Edit Video - Lightworks. (LKWS)
Aplikasi Edit Video - Lightworks. (LKWS)

Lightworks bisa digunakan untuk mengedit dengan dukungan resolusi HD, PAL, dan NTSC. Dan hal yang paling mengesankan adalah, aplikasi ini sudah diuji oleh para editor video profesional.

4. Corel Video Studio

Aplikasi Edit Video - Corel Video Studio. (videostudiopro)
Aplikasi Edit Video - Corel Video Studio. (videostudiopro)

Corel Video Studio cukup terkenal sebagai software penyunting video. Kamu perlu mempelajari setiap fitur editingnya supaya bisa menghasilkan editan foto dan video yang istimewa.

5. Apple iMovie

Aplikasi Edit Video - iMovie. (Apple)
Aplikasi Edit Video - iMovie. (Apple)

Bagi kamu yang memiliki Mac, beruntunglah kalian karena Apple menyediakan iMovie secara cuma-cuma. iMovie sangatlah standar, sederhana namun berguna.

Aplikasi edit video di laptop ini memiliki fitur green-screen, integrasi dengan platform audio dan media sosial lainnya, serta dapat merender video dengan tingkat kualitas gambar yang cukup tinggi. Seharusnya sebagai pemula, kamu tidak terlalu bingung menggunakan aplikasi edit video di laptop ini.

6. Sony Vegas

Aplikasi Edit Video - Vegas Pro. (vegascreativesoftware)
Aplikasi Edit Video - Vegas Pro. (vegascreativesoftware)

Sebuah alternatif lain jika kamu ingin menghindari Adobe Premiere Pro. Sony Vegas memiliki user interface editing video berbasis timeline layaknya Premiere, tapi efek dan fitur transisinya bisa terbilang baik. Tak hanya itu, import dan export-nya juga tergolong sangat baik, hingga kamu tidak perlu khawatir stres.

7. Final Cut

Aplikasi Edit Video - Final Cut. (Apple)
Aplikasi Edit Video - Final Cut. (Apple)

Alternatif lain untuk kamu pengguna Mac. Final Cut mirip dan sepopuler dengan Adobe Premiere. Dengan user interface yang memiliki warna gelap, kamu bisa menggunakan Final Cut lebih fokus di tempat gelap, dengan banyak efek yang menyertainya pula.

Jika kamu tahu, beberapa film besar bahkan diproduksi lewat aplikasi edit video di laptop ini, seperti The Social Network, 500 Days of Summer dan banyak lagi.

Itulah 8 aplikasi edit video di laptop untuk pemula yang bisa kamu gunakan. Ketika memilih aplikasi edit video, kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi PC/laptop yang digunakan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait