Gadget

TikTok dan PUBG Mobile Jadi Aplikasi Berpendapatan Tertinggi di Q3 2021

TikTok juga menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada kuartal ketiga 2021.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Hitekno.com - Berdasarkan data dan riset yang dibagikan oleh Sensor Tower, TikTok dan PUBG Mobile menjadi aplikasi berpendapatan tertinggi pada kuartal ketiga (Q3) 2021. TikTok merupakan aplikasi terlaris, sementara PUBG Mobile berada di posisi teratas pada kategori gaming.

Kedua aplikasi juga meraih unduhan terbanyak di kategorinya. Sensor Tower menyatakan bahwa belanja konsumen di aplikasi TikTok mengalami pertumbuhan sebanyak 41 persen Year-on-Year (YoY).

Angka pendapatan TikTok oleh Sensor Tower juga termasuk Douyin pada iOS di China. Selama kuartal ketiga 2021, belanja konsumen di PUBG Mobile dilaporkan naik 11 persen YoY.

Dikutip dari NDTV, laporan terbaru Sensor Tower mengungkapkan bahwa pengeluaran secara keseluruhan (aplikasi seluler skala global) untuk pembelian dalam aplikasi, aplikasi premium, dan langganan tumbuh 15,1 persen YoY menjadi 33,6 miliar dolar AS atau Rp 479,3 triliun.

"TikTok melanjutkan kekuasaannya sebagai aplikasi berpendapatan tertinggi di kedua toko (Google Play Store dan App Store) secara global pada kuartal ketiga tahun 2021. Meskipun TikTok adalah aplikasi terlaris secara keseluruhan (termasuk App Store), Google One adalah aplikasi berpenghasilan tertinggi di Google Play," tulis Sensor Tower dalam keterangan resminya.

Aplikasi dengan pendapatan tertinggi selama kuartal ketiga 2021. (Sensor Tower)
Aplikasi dengan pendapatan tertinggi selama kuartal ketiga 2021. (Sensor Tower)

Sensor Tower melaporkan bahwa TikTok juga merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Q3 2021. Deretan aplikasi yang paling banyak diunduh selama kuartal ketiga 2021 adalah TikTok, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

TikTok baru-baru ini melampaui 3 miliar penginstalan secara global, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya.

Pengeluaran konsumen untuk game seluler terus meningkat dan Sensor Tower mengatakan bahwa PUBG Mobile (termasuk Game for Peace di pasar China) menempati posisi teratas dalam kategori tersebut.

Game dengan pendapatan tertinggi selama kuartal ketiga 2021. (Sensor Tower)
Game dengan pendapatan tertinggi selama kuartal ketiga 2021. (Sensor Tower)

Honor of Kings dari Tencent dan Genshin Impact dari miHoYo masing-masing menduduki posisi ketiga dan keempat sebagai game dengan pendapatan tertinggi selama kuartal ketiga 2021.

Sensor Tower mencatat bahwa belanja konsumen Genshin Impact di tahun pertamanya sudah menyentuh 3 miliar dolar AS atau Rp 42,8 triliun. Lima besar game dengan penghasilan tertinggi selama Q3 2021 yaitu PUBG Mobile, Honor of Kings, Genshin Impact, Pokemon Go, dan Roblox.

Berita Terkait