Perkuat Ekosistem Industri Konten Audio, NOICE Hadirkan Fitur Live

Fitur interaktif ini memungkinkan para kreator untuk dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real time.

Agung Pratnyawan
Selasa, 28 September 2021 | 20:35 WIB
Aplikasi Noice. (Noice)

Aplikasi Noice. (Noice)

Hitekno.com - NOICE sebagai platform adio streaming kembali menghadirkan fitur baru, yakni adanya NOICE Live. Kehadiran fitur ini sebagai upaya memperkuat sebagai ekosistem industri konten audio di Indonesia.

Berkolaborasi dengan para konten kreator tanah air, NOICE memanjakan pengguna dengan beragam konten audio original dan eksklusif di berbagai genre termasuk musik, hiburan, komedi, hobi, parenting, hingga religi.

NOICE menghadirkan berbagai vertikal di platformnya seperti podcast, radio, audiobook dan yang terbaru adalah fitur live audio, NOICE Live. Pertumbuhan basis pengguna NOICE meningkat signifikan dimana saat ini telah mencapai hampir 1 juta pengguna di seluruh Indonesia dengan rata-rata waktu mendengarkan konten audio di aplikasi lebih dari 60 menit setiap harinya.

Baca Juga: Banyak Pilihan Konten, Aplikasi NOICE Bebas Kuota Bagi Pengguna Telkomsel

Di sisi lain, lebih dari 50% masyarakat di Indonesia sudah sangat familiar dengan podcast . Melihat tren ini, tidak heran kalau Indonesia menjadi salah satu negara dengan pendengar podcast terbanyak.

Pengguna NOICE saat ini didominasi oleh Gen Z & Millenials dengan rentang usia 18-34 tahun dari berbagai latar belakang termasuk pelajar, mahasiswa, fresh graduates, karyawan, pekerja dan ibu rumah tangga.

Mendengarkan konten audio memberikan kemudahan bagi mereka yang sedang multitasking dan produktif berkegiatan tanpa melihat layar (screenless moment) seperti belajar, berkendara, menyetir, atau berolahraga namun tetap ingin menikmati konten hiburan berkualitas.

Baca Juga: Temani WFH, Speaker Neckband Sony SRS-NB10 Resmi Meluncur

Chief Executive Officer (CEO) NOICE, Rado Ardian menjelaskan "Akses terhadap konsumsi konten audio non musik terus tumbuh pesat, menjawab mengapa konten audio seperti podcast, radio, audiobook hingga live audio adalah tren hiburan yang semakin lama kian diminati. Di tengah tren tersebut, platform penyedia konten audio non-musik yang berkualitas di Indonesia masih sangat terbatas. Disinilah NOICE sebagai platform audio lokal hadir untuk memacu perkembangan ekosistem konten audio streaming di Indonesia. NOICE terus berkomitmen untuk menjadi wadah bagi kreator lokal dan hyperlocal yang inklusif mewakili keberagaman kultur Indonesia dan mendukung tumbuhnya industri kreatif nasional."

Fitur Noice Live. (Noice)
Fitur Noice Live. (Noice)

Rado juga memaparkan sejumlah tren konten audio lainnya yang menyebutkan bahwa setahun terakhir, tepatnya di kala pandemi, pengguna paling banyak mendengarkan konten di aplikasi NOICE pada malam hari, dibandingkan siang hari.

NOICE saat ini memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif. Konten audio bergenre ringan seperti komedi, horor, hobi menjadi favorit para pendengar. Dengan konten yang beragam, NOICE hingga saat ini mencatat total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi NOICE telah mencapai lebih dari 1 miliar menit.

Baca Juga: Sony WF-1000XM4 Resmi Diluncurkan, TWS Mungil Serbaguna

Fitur Interaktif NOICE Live Permudah Interaksi antara Kreator dan Pendengar

Melihat tren di industri yang semakin bertumbuh pesat, pekan ini NOICE resmi menghadirkan fitur terbaru, NOICE Live. Fitur interaktif ini memungkinkan para kreator untuk dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real time.

Di NOICE Live, topik-topik menarik dari para kreator favorit akan diangkat dari mulai obrolan ringan, komedi, musik, hingga obrolan seputar bisnis maupun isu-isu terkini.

Baca Juga: Shure Boyong Headphone AONIC 50 Wireless Noice Cancelling di Indonesia

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya menjelaskan "Platform NOICE diciptakan tidak hanya untuk memberikan ruang bagi para konten kreator dalam berkarya tetapi juga untuk dapat berinteraksi dua arah dengan pendengarnya. NOICE Live merupakan sebuah inovasi yang kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Sebelumya, pengguna telah mampu berinteraksi dengan para konten kreator melalui fitur komentar, follow, direct message, share dan banyak lainnya. Kini interaktivitas tersebut akan semakin diperkuat dengan adanya NOICE Live yang menghadirkan pengalaman social networking serta interaksi real-time antar komunitas. Model interaktivitas ini kami harapkan dapat menarik lebih banyak basis pendengar NOICE untuk kedepannya."

Untuk dapat mengakses NOICE Live, pengguna yang telah registrasi akun cukup membuka aplikasi NOICE dan meng-klik room yang ingin didengarkan kontennya. Di sisi lain, para kreator terverifikasi yang ingin membuat konten di room NOICE Live juga bisa mengundang pendengar untuk dapat menjadi pembicara/guest dalam room tersebut.

"Fitur NOICE Live semakin memperkaya ragam konten yang dapat dinikmati oleh pendengar. Lewat format interaktif ini, kami berharap kreator juga dapat terpacu untuk meningkatkan kreativitasnya dalam mengkaryakan sebuah konten yang menarik bagi pendengar dan komunitasnya. Dengan ragam konten dalam berbagai format ini, pengguna dapat memilih mendengarkan konten audio dalam format yang mereka senangi dalam satu genggaman. Kedepannya kami sangat ingin NOICE dapat menjadi daily companion app atau aplikasi yang menemani pendengar kami dalam keseharian mereka." tutup Rado.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak