Gadget

Tangani Masalah Keamanan, Apple Rilis iOS 14.8

Update iOS 14.8 dan iPadOS 14.8 ini resmi dirilis hari ini.

Amelia Prisilia

Logo Apple. (unsplash/Xavier Wendling)
Logo Apple. (unsplash/Xavier Wendling)

Hitekno.com - Jelang event tahunan Apple yang digelar pada September 2021 mendatang, Apple secara mengejutkan merilis iOS 14.8. Kedatangan sistem operasi anyar ini untuk menangani masalah di sektor keamanan yang dikeluhkan pengguna sebelumnya.

Masalah di sektor keamanan Apple ini disebut-sebut memungkinkan hacker untuk meretas perangkat baik iPhone maupun iPad. Usaha hacker ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tool spyware yang adalah Pegasus.

Dilansir dari GSM Arena, update iOS 14.8 dan iPadOS 14.8 ini resmi dirilis hari ini. Pengguna bisa langsung melakukan update melalui menu Settings lalu melakukan Software Update.

Celah keamanan yang bisa dibobor hacker ini pertama kali ditemukan oleh Citizen Lab. Lembaga satu ini memang bekerja sama dengan Apple untuk memberi tahu mengenai celah keamanan yang muncul di perangkat tersebut.

Dalam penelitiannya, Citizen Lab menemkan adanya eksploitasi iMessage tanpa klik oleh NSO Group. Perusahaan ini merupakan penanggung jawab atas spyware Pegasus yang kerap menjadi momok bagi teknologi saat ini.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

Pegasus biasanya mengancam penggunanya dengan satu pesan yang justru memiliki efek panjang dan membahayakan sektor keamanan perangkat. Biasanya, tool spyware ini digunakan untuk memata-matai.

Bertindak cepat untuk menangani masalah celah keamanan ini, Apple lalu meluncurkan update anyar yaitu iOS 14.8. Update terbaru ini perlu segera digunakan oleh pengguna Apple agar terhindar dari masalah keamanan yang mengancam.

Usai rilis, pengguna perlu langsung melakukan update iOS 14.8 melalui perangkat yang digunakan. Sebagai informasi, Apple dijadwalkan akan merilis iOS anyar yaitu iOS 15 pada tahun 2021 ini dalam event khusus yang digelar 14 September 2021 mendatang.

Berita Terkait