Gadget

Cara Membaca Pesan WA Tanpa Ketahuan, Langkahnya Praktis!

Cara membaca pesan tanpa ketahuan oleh sang pengirim chat dapat dilakukan dengan 3 metode khusus.

Rezza Dwi Rachmanta

Cara membaca pesan WA tanpa ketahuan. Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/Eastlandtunes)
Cara membaca pesan WA tanpa ketahuan. Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Kita terkadang menerima deretan pesan WhatsApp (WA) yang sebenarnya malas untuk dibaca dan juga dibalas saat itu jaga. Santai saja, berikut ini kami akan memberikan cara membaca pesan WA tanpa ketahuan oleh sang pemilik pesan.

Apabila cara ini diterapkan, maka seseorang yang mengirim chat tak akan melihat tanda centang biru atau notifikasi sudah dibaca pada WhatsApp.

Kita dapat melakukannya dengan tiga metode di mana kita bakal mengandalkan fitur seperti Home Screen, Mode Pesawat, dan juga sedikit kustomisasi pada menu WA.

Berikut cara membaca pesan WA tanpa ketahuan dengan memanfaatkan Mode Pesawat:

  • Ketika pesan WA diterima, segera scroll ke arah bawah pada layar bagian atas di HP Android Anda. Kalian perlu mencari ikon bergambar pesawat terbang atau opsi Mode Pesawat. Mode ini memiliki berbagai nama di beberapa perangkat Android, namun semuanya tetap menampilkan ikon berbentuk pesawat terbang. Kalian perlu mencari Airplane Mode, Mode Pesawat, atau Mode Terbang.
  • Aktifkan Mode Pesawat. Apabila mode ini aktif, maka ikon langsung berwarna biru.
  • Setelah mode tersebut diaktifkan, Anda dapat segera membuka WhatsApp dan membaca pesan yang dimaksud.
  • Tutup aplikasi WhatsApp setelah kalian selesai membacanya.

Langkah di atas membuat sang pengirim pesan tak melihat tanda centang biru ketika kalian membuka pesan WA. Namun langkah di atas memiliki kelemahan karena setelah Mode Pesawat tak aktif, pengirim pesan langsung menerima notifikasi centang biru.

Metode kedua lebih aman mengingat Anda hanya perlu mengintipnya saja melalui Widget. Berikut cara membaca pesan WA tanpa membuka chat dengan memanfaatkan Widget di Android:

Cara membaca pesan WA tanpa membuka chat. (HiTekno.com)
Cara membaca pesan WA tanpa membuka chat. (HiTekno.com)

 

  • Pergi ke Home Screen. Tekan bagian layar yang kosong dengan cukup lama.
  • Masuk ke opsi Widget. Cari "WhatsApp 4 x 2".
  • Tekan bagian Widget WhatsApp dengan cukup lama, kemudian seret ke tengah. Nah, kalian dapat mengatur posisi Widget dan memperbesarnya. Ketika Widget diperbesar, Anda dapat mengintip pesan WA tanpa ketahuan oleh sang pengirim pesan.

Metode ketiga adalah menonaktifkan Laporan Dibaca atau Read Receipts. Dikutip dari Techbout, ketika fitur ini aktif maka pengirim tidak akan dapat melihat apakah Anda telah membaca pesannya atau belum.

Namun kekurangannya adalah Anda juga tidak bisa mendapatkan notifikasi Read Receipts di akun WA milik kalian.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Cara menonaktifkan Laporan Dibaca adalah klik tanda titik tiga di WA (sudut kanan atas) > Setting (Setelan) > Account (Akun) > Privacy (Privasi) > Read Receipts (Laporan Dibaca) > geser bar ke arah kiri.

Itulah tadi cara membaca pesan WA tanpa ketahuan oleh sang pengirim chat, langkahnya mudah bukan?

Berita Terkait