Gadget

Masih Krisi Chip, Harga iPhone 13 Diprediksi Lebih Mahal

Kenapa harga iPhone 13 bisa naik?

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/MichaelGaida)
Apple Store. (Pixabay/MichaelGaida)

Hitekno.com - Harga iPhone 13 diprediksi bisa lebih mahal dari generasi pendahulunya, bukan karena apa yang ditambahkan Apple dalam produk tersebut.

Namun karena krisis chip yang masih melanda saat ini membuat produknya bakal lebih susah. Sehingga berdampak pada harganya.

Menurut DigiTimes, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dilaporkan, harus menghabiskan lebih banyak dana untuk membuat chip dan membebankan biaya tersebut ke perusahaan yang menggunakannya sebagai pemasok.

Pelanggan tersebut termasuk Apple, yang mengandalkan TSMC untuk membuat chip yang mendukung iPhone baru.

Peningkatan harga diperkirakan akan melonjak sebanyak 20 persen dari Januari 2022.

Untuk jenis proses chip yang digunakan oleh Apple, harga tersebut diperkirakan akan naik antara 3-10 persen, di mana Apple akan mengalami kenaikan harga hingga 3-5 persen.

Kenaikan harga iPhone itu kemungkinan akan diteruskan ke pelanggan untuk iPhone baru. Namun, hal itu masih belum dikonfirmasi.

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Tetapi, Apple tidak akan menjadi perusahaan pertama yang terkena kenaikan harga untuk chipnya dan perusahaan lain telah membebankan kenaikan biaya produksi kepada pelanggan terlebih dahulu.

Dilansir dari Independent, Senin (30/8/2021), rumor itu muncul di tengah masalah yang sedang berlangsung dalam pembuatan chip, termasuk TSMC.

Krisis chip meluas, baik digunakan dalam ponsel hingga mobil, telah membuat semua jenis chip menjadi lebih mahal.

Kondisi ini menyebabkan kekurangan pasokan seperti yang dialami Sony atas produksi PlayStation 5.

Terlepas dari kendala chip, Apple diperkirakan akan mengumumkan iPhone terbarunya dalam beberapa minggu mendatang.

Kemungkinan akan mengadakan acara virtual pada pertengahan September dan ponsel baru akan mulai dijual sekitar satu setengah minggu setelahnya.

iPhone 13 dikabarkan menyertakan peningkatan kamera yang signifikan dan pengurangan notch di bagian atas layar.

Sementara, desain dasarnya dilaporkan tetap tidak berubah dari jajaran iPhone 12 saat ini.

Perusahaan itu juga disebut sedang bersiap untuk merilis Apple Watch Series 7 baru dan mungkin versi terbaru dari AirPods pada waktu yang bersamaan.

Itulah prediksi kenaikan harga iPhone 13 yang bisa disebabkan oleh krisis chip yang masih melanda saat ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait