Gadget

Kalahkan Samsung Galaxy S21, Ini Skor Perfoma Kamera Asus Zenfone 8

Tes DxOmark, hasil foto Asus Zenfone 8 dinilai lebih baik dari Galaxy S21.

Rezza Dwi Rachmanta

Asus Zenfone 8. (youtube/Asus)
Asus Zenfone 8. (youtube/Asus)

Hitekno.com - Situs benchmark kamera smartphone populer, DxOmark telah memberikan penilaian terkait skor performa yang didapatkan Asus Zenfone 8. Hasilnya, HP flagship anyar dari Asus ini memperoleh skor yang cukup bersaing di kelas premium.

Membawa ukuran layar lebih compact, Asus Zenfone 8 sepertinya cocok buat kalian yang mengincar HP flagship berukuran layar lebih kecil namun dengan fitur kamera menawan.

Seperti iPhone 12 Mini, perangkat memiliki lensa wide dan ultra wide (dengan OIS pada modul utama), tetapi tidak memiliki lensa telefoto.

Keduanya juga mencetak skor ulasan yang cukup mirip yaitu 120 poin untuk Asus Zenfone 8 dan 122 poin untuk iPhone 12 Mini.

Dikutip dari GSM Arena, rincian skor menunjukkan bahwa Asus Zenfone 8 mendapatkan skor "Photo" sebesar 126 poin. Itu menempatkannya di atas Samsung Galaxy S21 (123 poin), tapi masih di belakang Google Pixel 5 (129 poin) dan iPhone 12 mini (132 poin).

Hasil tes benchmark kamera Asus ZenFone 8. (DxOMark)
Hasil tes benchmark kamera Asus ZenFone 8. (DxOMark)

Skor "Video" pada Asus Zenfone 8 sebesar 108 poin di mana itu mengungguli Samsung Galaxy S21 (101 poin) dan Google Pixel 5 (107 poin).

Meski begitu, berdasarkan penilaian DxOMark, performa video dari Asus Zenfone 8 masih kalah dibandingkan iPhone 12 Mini yang sebesar 112 poin.

Rata-rata skor kamera dari Asus Zenfone 8 adalah sebesar 120 poin. Skor tersebut belum membuat perangkat ini masuk ke dalam daftar lima besar HP dengan kamera terbaik versi DxOMark.

Posisi lima besar dihuni oleh Huawei P50 Pro (144 poin), Xiaomi Mi 11 Ultra (143 poin), Huawei Mate 40 Pro+ (139 poin), Huawei Mate 40 Pro (136 poin), dan Xiaomi Mi 10 Ultra (133 poin).

Performa kamera HP flagship. (DxOMark)
Performa kamera HP flagship. (DxOMark)

Zenfone 8 hanya menerima 54 poin di bagian zoom, yang terlihat pada modul tele dan ultra wide. Sensor utama 64 MP dari Asus Zenfone 8 melakukan pekerjaan lebih baik dibandingkan sensor 12 MP di iPhone dan Pixel dalam hal digital zoom.

Namun, Samsung Galaxy S21 (yang juga menggunakan sensor 64 MP untuk melakukan zoom in) mendapatkan skor jauh lebih tinggi dalam kategori ini (73 poin).

Asus Zenfone 8 mendapatkan pujian pada tekstur foto yang baik di sebagian besar kondisi, eksposur target yang baik di dalam ruangan, serta eksposur subjek bagus saat melakukan tele-zoom.

Perangkat turut memperoleh pujian terkait detail, stabilisasi, dan rendering warna yang bagus di sektor video. Meski begitu, kamera Asus Zenfone 8 juga memiliki kekurangan terutama pada masalah keakuratan warna di outdoor, autofokus lambat, serta noise dalam video dengan cahaya rendah.

Berita Terkait