3 Alasan Kenapa RAM Smartphone Gak Harus Besar

Random Access Memoryatau RAM merupakan hardware dalamsmartphoneyang memiliki kegunaan sebagai tempat penyimpanan data sementara.

Dinar Surya Oktarini
Sabtu, 17 Juli 2021 | 11:15 WIB
POCO M3 Pro 5G. (Xiaomi)

POCO M3 Pro 5G. (Xiaomi)

Hitekno.com - Spesifikasi merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumen dalam memilih sebuah smartphone. Salah satu spesifikasi penting yang belum dipahami kegunaannya oleh banyak orang adalah RAM

Random Access Memory atau RAM merupakan hardware dalam smartphone yang memiliki kegunaan sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM hanya berfungsi saat smartphone dalam keadaan hidup atau beroperasi, misalnya untuk  menyimpan data aplikasi yang sedang aktif digunakan. Lalu, apakah RAM ada hubungannya dengan performa smartphone?

RAM lebih besar sama dengan performa smartphone yang lebih kencang. Apakah pernyataan ini tepat? Jika pengguna mengharapkan perubahan performa yang drastis dengan RAM yang lebih besar, hal tersebut kurang tepat. Sebagai contoh, ketika ada dua smartphone dengan RAM 6GB dan 8GB, bukan berarti smartphone dengan RAM 8GB memiliki performa yang lebih kencang. Melainkan, RAM besar berguna untuk membiarkan semakin banyak aplikasi untuk tetap berjalan di background.

Baca Juga: Vaksin Pfizer Hasilkan Antibodi 10 Kali Lebih Banyak Ketimbang Sinovac

Jadi sebenarnya RAM besar bukan merupakan kebutuhan yang esensial bagi pengguna, khususnya pada kalangan entry level smartphone. Apa saja sih alasannya? Simak fakta menarik tentang RAM berikut ini.

POCO M3 Pro 5G. (Xiaomi)
POCO M3 Pro 5G. (Xiaomi)

Pilih ukuran RAM sesuai dengan kebutuhan
Setiap konsumen memiliki tendensi untuk memilih smartphone yang dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi, termasuk ukuran RAM yang besar. Tapi akan lebih baik jika ukuran RAM disesuaikan dengan penggunaan smartphone sehari-hari. Misalkan, jika Anda menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, maka RAM besar merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika penggunaan smartphone Anda tidak terlalu berat, maka tidak ada alasan untuk membeli smartphone dengan fitur berlebihan tersebut, yang pada akhirnya tidak akan digunakan atau menjadi sia-sia.

Kinerja RAM dipengaruhi oleh sistem operasi yang baik
Anggapan bahwa RAM besar merupakan jaminan pindah aplikasi menjadi lebih lancar juga menjadi kurang tepat. Faktor sistem operasi yang baik akan mendukung keefektifan kinerja RAM. Sistem operasi akan membantu Anda untuk mengatur aplikasi yang sedang berjalan, agar dapat sesuai dengan ukuran RAM yang dimiliki. Pada akhirnya jika smartphone Anda dilengkapi dengan sistem operasi yang baik, RAM akan berfungsi secara efektif.

Baca Juga: Realme C21Y Akan Tiba di Indonesia, Seperti Apa Spesifikasinya?

Era 5G adalah era cloud
Brand smartphone di Indonesia sudah mulai gencar untuk meluncurkan smartphone 5G-ready bahkan dalam kalangan entry level sekali pun. Kecepatan tinggi dan latensi rendah yang dibawa oleh teknologi 5G akan membawa pengguna smartphone ke era cloud. Salah satu keuntungan teknologi 5G adalah pengguna tidak perlu lagi mengunduh banyak aplikasi, melainkan dapat mengakses banyak aplikasi yang disimpan dalam cloud. Dengan begitu, pengguna dapat menyesuaikan ukuran RAM dengan sistem cloud yang menjadi tren di era 5G.

POCO, brand smartphone independen yang lahir dari Xiaomi, baru saja meluncurkan POCO M3 Pro 5G. The Real 5G Killer ini menawarkan produk ekstrim yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan menawarkan harga ekstrim. “Semua produk yang dibawa oleh POCO adalah jawaban dari kebutuhan POCO fans, termasuk ukuran RAM yang kami tawarkan. Kami  telah menyesuaikan spesifikasi smartphone POCO dengan kebutuhan konsumen dan tren teknologi yang sedang atau akan terjadi,” jelas Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng.

Harga dan ketersediaan POCO M3 Pro 5G

Baca Juga: Sangat Berguna, Ini 5 Fitur Keamanan Telegram yang Wajib Kamu Tahu

Setelah berhasil melakukan penjualan perdana, POCO fans sudah dapat kembali melakukan pembelian POCO M3 Pro 5G kapanpun, secara online di Lazada, Akulaku dan Po.co.id maupun offline di  Authorized Mi Store, Authorized Mi Shop dan Erafone. Mulai tanggal 20 Juli 2021, POCO M3 Pro 5G sudah tersedia di seluruh platform e-commerce. Tersedia dalam dua varian yaitu 4GB RAM + 64GB Memory, dan 6GB RAM + 128GB Memory, POCO M3 Pro 5G juga hadir dalam tiga warna menarik: POCO Yellow, Power Black, dan Cool Blue.

Tak hanya menawarkan produk terbaik, POCO juga memberikan promo tukar tambah yang bisa didapatkan di Authorized Mi Shop dengan menukarkan smartphone lama Anda, bekerjasama dengan Laku6, smartphone Anda nantinya akan dihargai sesuai dengan kondisi hasil pengecekan, lalu Anda juga akan mendapatkan benefit tambahan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain program promo tukar tambah, POCO M3 Pro 5G juga berkolaborasi dengan provider Telkomsel dan menjadi smartphone dengan bundling 5G pertama di Indonesia. Dengan kolaborasi ini, POCO fans bisa langsung menikmati layanan dan kecepatan 5G dari Telkomsel agar bisa mencoba pengalaman dunia digital yang semakin cepat dan luas.

Baca Juga: Teaser Beredar, POCO F3 GT Jadi Flagship Killer Anyar?

Harga POCO M3 Pro 5G adalah Rp2.699.000 untuk (4GB + 64GB), sedangkan Rp2.999.000 untuk (6GB + 128GB).

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak